Halo readers, tak terasa bulan Ramadan akan berakhir beberapa hari lagi dan hari raya sudah di depan mata. Tapi bagaimana nih persiapan readers untuk menyambut hari kemenangan nanti? Yang pastinya harus terus semangat dan tak boleh bolong yang puasanya hehe, apalagi godaan terberat adalah jika harus mengolah makanan yang manis, segar, dan enak di tengah teriknya hari puasa. Hmm tapi kalau dijalankan dengan niat Insyaallah godaan itu tidak akan mempengaruhi iman readers kok.

Mengenai olahan makanan yang manis, segar, dan enak sudah banyak jenisnya dikenal. Tetapi penulis punya satu resep andalan yang selalu diterapkan ketika puasa dan hari raya tiba, yaitu "Puding Coklat Susu Oreo". Pembuatannya mudah, dan rasanya dijamin enak. Penulis sengaja membuat makanan penutup satu ini karena makanan ini dianggap sebagai cita rasa penutup yang sempurna, manis dan sehat. Adapun bahan-bahan dan cara membuatnya ialah sebagai berikut:

  1. Siapkan satu bungkus pudding rasa coklat susu.
  2. Siapkan satu bungkus agar-agar tak berasa dan tak berwarna (swallow).
  3. Siapkan dua sachet susu kental manis.
  4. Siapkan satu bungkus oreo rasa coklat.
  5. Siapkan satu bungkus vla siap saji.
  6. Siapkan air 6 gelas belimbing.

    1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

    Gambar beberapa bahan yang diperlukan (sumber: dok. pribadi)

    Gambar beberapa bahan yang diperlukan (sumber: dok. pribadi) via https://www.hipwee.com

    Cara membuatnya mudah,


    • pertama readers membuat adonan bagian bawah yaitu pudding putihnya. Tuang satu bungkus agar-agar swallow ke dalam panci kemudian tambahkan dua sachet susu kental manis dan air 3 gelas belimbing, kemudian dimasak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan rata. Jangan sampai terlalu menggumpal ya adonannya, kemudian tuang adonan agar panas ke dalam wadah, biarkan mendingin tetapi dengan permukaan atas yang masih agak lembek.

    • Selanjutnya tuang biscuit Oreo coklat dan susun secara rapi di atas permukaan agar putih sambil sedikit ditekan, setelah semua permukaan tertutup selanjutnya membuat adonan puding coklat.

    2. puding susu dengan oreo sebagai lapisan bawah

    Gambar adonan agar putih dan oreo (sumber: dok. pribadi)

    Gambar adonan agar putih dan oreo (sumber: dok. pribadi) via https://www.hipwee.com

    Advertisement


    • Untuk puding coklat cukup memasukkan satu bungkus puding rasa coklat susu ke dalam panci lalu ditambahkan air tigaa gelas belimbing, masak sampai mendidih di atas api kecil. Biarkan sedikit mendingin lalu tuang di atas adonan agar putih dan biscuit oreo tadi.

    3. Puding yang sudah ditambah dengan puding coklat

      Gambar puding yang sudah jadi (sumber: dok. pribadi)

    Gambar puding yang sudah jadi (sumber: dok. pribadi) via https://www.hipwee.com

    Tidak lupa adonan vlanya, cukup menambahkan air panas ke dalam adonan vla bubuk sesuai selera dan aduk secara merata.

    4. Vla yang siap saji

    Gambar vla yang sudah jadi (sumber: dok.pribadi)

    Gambar vla yang sudah jadi (sumber: dok.pribadi) via https://www.hipwee.com

    Terakhir puding dan vla semakin nikmat dimakan jika dalma keadaan dingin, biar semakin legit rasanya. Lalu percantik penampilan puding sesuai selera readers ya. Kalau penulis lebih suka menggunakan jambu air sebagai penghiasnya, supaya ada sensasi sedikit masam dan segar.

    Advertisement

    5. Penampilan akhir si manis

         Gambar puding yang siap dimakan (sumber: dok.pribadi)

    Gambar puding yang siap dimakan (sumber: dok.pribadi) via https://www.hipwee.com

    Mudah bukan readers cara membuatnya, mau sesederhana apapun itu masakan yang dibuat jika didasari rasa cinta maka akan semakin nikmat. Itu dia resep dari si manis puding coklat susu Oreo. Boleh jadi referensi readers untuk tambahan dessert hari raya nanti ya. Sekian dan terima kasih, selamat mencoba :)

    Advertisement

    Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya