6 Rest Area di Tol Trans Jawa Ini Punya Fasilitas Oke Punya. Wajib Mampir Kalau Lewat Sana!

Rest area Tol Trans Jawa

Perkembangan sarana penunjang transportasi dari tahun ke tahun semakin menunjukkan titik baiknya. Dulu, perjalanan ke luar kota atau provinsi sangat identik dengan toilet yang ‘apa adanya’ dan terkesan tidak terawat.

Sekarang, sudah banyak rest area yang memiliki fasilitas lengkap mulai dari toilet, tempat ibadah, hingga playground untuk anak-anak lho. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini tentang rest area yang memiliki fasilitas yang kece!

Advertisement

1. Rest Area KM 456

Photo by @bramastaredy on Instagram

Photo by @bramastaredy on Instagram via https://www.instagram.com

Tol yang terletak di Jalan Tol Semarang–Solo ini terbagi menjadi dua bangunan yaitu 456A dan 456B yang terhubung dengan skybridge yang sangat artistik. Dilansir dari Kompas, desain rest area ini terdiri dari lima bangunan berlanggam Joglo yang terinspirasi dari lima gunung di Pulau Jawa yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran.

Selain itu, Resta Pendopo 456 ini juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap yaitu mulai dari ruang ritel, ruang kuliner, ruang atraksi budaya, objek wisata, area terbuka hijau, serta area bermain dan edukasi. Kalian bisa beristirahat sekaligus berswafoto, lho!

Advertisement

2. Rest Area KM 360 B

Photo by @dreaddaddy on Instagram

Photo by @dreaddaddy on Instagram via https://www.instagram.com

Rest area ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari area pujasera, taman bermain, kebun binatang, kolam ikan, toilet, saran ibadah, klinik kesehatan, gerai ATM hingga tempat pengolahan sampah plastik. Wah, seperti sedang berwisata, ya?

Kalau kalian sudah kangen ke cafè, kalian bisa mengunjungi Tinari Cafè & Garden yang masih berada di kawasan rest area ini. Karena fasilitasnya yang sangat lengkap, rest area ini mendapatkan penghargaan sebagai Rest Area Terlengkap se-Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Keren, ya?

3. Rest Area KM 379 A

Advertisement
Photo by @adyanovali.official on Instagram

Photo by @adyanovali.official on Instagram via https://www.instagram.com

Masih di area Tol Semarang–Batang, tempat istirahat ini memiliki beberapa fasilitas yaitu SPBU, toilet, area kuliner, dan yang paling menyejukkan mata adalah masjidnya. Yap, masjid Sabilul Istiqomah ini memiliki arsitektur yang sangat unik karena memiliki bentuk lingkaran dan tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya.

Dinding bagian luar masjid terdapat kaligrafi yang bertuliskan lafadz Allah. Masjid ini dibangun oleh kontraktor sipil asal Jakarta yaitu PT. Tri Asri Desindotama. Kalau kalian sedang bepergian melalui Tol Trans Jawa, jangan lupa mampir, ya!

4. Rest Area KM 166

Photo by @bramastaredy on Instagram

Photo by @bramastaredy on Instagram via https://www.instagram.com

Bangunan yang menjadi pusat perhatian di tempat istirahat ini adalah Masjid Mandiri Syariah yang memiliki luas 2500 meter persegi. Masjid ini dibangun dengan susunan bata terracotta asli Majalengka lho. Kemudian, pada area pelataran masjid terdapat fasilitas ruang laktasi dan juga taman bermain untuk anak-anak.

Rest area ini termasuk golongan A, sehingga fasilitas yang disediakan juga lengkap, salah satunya area kuliner yang bernama The Plaza yang memiliki konsep seperti Resto-Café. Bagi kalian yang punya rencana untuk road trip, jangan lupa mengunjungi rest area ini, ya!

5. Rest Area KM 260 B

Photo by @bramastaredy on Instagram

Photo by @bramastaredy on Instagram via https://www.instagram.com

Bagi kalian yang sedang berada di ruas Tol Pejagan–Pemalang, kalian bisa banget nih menngunjungi rest area yang satu ini. Karena selain bisa melepas lelah sejenak, kalian juga bisa menemukan spot-spot yang menarik untuk foto lho guys. Energi kembali, stok foto pun aman terkendali.

Yang membuat rest area ini unik yaitu karena sebelumnya tempat ini merupakan gedung pabrik gula yang kemudian disulap menjadi rest area yang modern. Selain itu, terdapat beberapa peninggalan pabrik yang juga menjadi daya tarik yaitu bekas tungku dan lokomotif tua yang terdapat pada area taman.

Bangunan yang didominasi warna bata ini sangat menarik perhatian para pengunjung. Tempat istirahat ini juga dilengkapi oleh area UMKM atau area kuliner, toilet, SPBU, dan lahan parkir yang luas. Jadi, tempat istirahat ini merupakan satu paket lengkap untuk beristirahat dan memanjakan mata.

6. Rest Area KM 695

Photo by @fyulinanto on Instagram

Photo by @fyulinanto on Instagram via https://www.instagram.com

Tempat istirahat ini terkenal dengan nama Teras Melati 695 yang terdapat di ruas Tol Jombang–Mojokerto. Terdiri dari dua lantai, rest area ini memiliki arsitektur modern yang dipadukan dengan pemandangan alam dan area terbuka hijau.

Fasilitas yang ada di tempat ini tidak jauh berbeda dengan rest area lain yaitu tersedia foodcourt, toilet yang bersih, musola, dan tempat parkir yang luas. Jika kalian ingin melepas penat dan menikmati pemandangan sambil beristirahat, kalian bisa mampir ke rest area ini!

Artikel Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aquarian girl who loves read and write.

Berikan Komentar

Popular Today

CLOSE