Tak Perlu Melarikan Diri apalagi Bersembunyi, Cukup Ingat Lagi 5 Hal Ini Saat Kamu sedang Dilanda Masalah Hati

saat dilanda masalah hati

Ada saat-saat di mana kamu sedang risau dengan hidupmu. Tentang banyak masalah, dimulai dari keluarga, hubungan dengan teman, cinta, maupun yang lainnya. Semuanya memenuhi benakmu hingga kamu nyaris tak bisa berpikir jernih, dan hal-hal tersebut membuatmu tertekan.

Bila sudah seperti itu, rasanya pasti ingin berlari dari segala masalah yang menghampiri. Tapi perlu kamu ingat, melarikan diri dari masalah tak akan pernah menyelesaikannya. Kamu harus menghadapi masalah itu, berani bangkit dan mencoba untuk berpikir jernih agar masalah yang kamu hadapi selesai tanpa beban yang mengganjal.

Ini dia lima hal yang perlu kamu ingat dalam menghadapi masalah yang sedang kamu alami, semoga membantu!

Advertisement

1. Sadarilah bahwa hal yang kamu takutkan belum tentu terjadi

Hal yang kamu takutkan belum tentu terjadi

Hal yang kamu takutkan belum tentu terjadi via https://www.freepik.com

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah menyadari bahwa hal yang kamu takutkan, apa pun itu, belum tentu terjadi. Bisa saja kamu sudah membayangkan hal terburuk dalam suatu masalah, padahal sebenarnya hal itu masih hanya sebatas di angan-anganmu saja. Keadaan bisa lebih baik dari apa yang kamu bayangkan, bahkan bisa jadi keadaan itu mengajarkanmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Jangan terlalu memikirkan masalahmu hingga berlarut-larut

Saat kamu dihadapkan pada suatu masalah, pasti kamu selalu memikirkannya. Berandai-andai apa yang akan terjadi, sudah takut akan hal-hal yang belum pasti, juga pemikiran negatif lainnya. Memang, terkadang berpikiran negatif ada gunanya.

Advertisement

Kamu jadi bisa memikirkan apa yang harus kamu lakukan bila pada akhirnya semuanya menjadi berantakan, Tetapi, overthinking tidak baik untuk kesehatan. Selain menambah beban pikiranmu, kondisi fisikmu juga pasti akan turun bila kamu terus-terusan memikirkan masalahmu. Tenanglah, Tuhan selalu ada untukmu di saat-saat senang maupun sulit.

3. Kamu tidak sendiri

Kamu tidak sendiri

Kamu tidak sendiri via https://www.freepik.com

Ingatlah, kamu tidak pernah sendirian. Kamu memiliki teman untuk berbagi, dengarkan saran darinya. Kamu juga boleh meminta saran dari orangtua atau orang-orang yang kamu hormati pendapatnya. Mereka tentu dengan senang hati membantumu.

4. Kamu diizinkan menangis

Menangislah

Menangislah via https://www.freepik.com

Kamu boleh menangis, kamu boleh merasakan apa pun yang kamu inginkan, kamu bebas merasakan apa pun. Kamu bebas melampiaskan emosimu, asal jangan menjadikan orang lain sebagai sasarannya. Tak ada yang salah dalam melampiaskan emosi. Menangislah, siapa tahu dengan menangis perasaanmu menjadi lebih ringan. Memang tak menyelesaikan masalah, tetapi menangis dapat merangsang produksi hormon endorfin yang membuat kamu merasa lebih baik.

Advertisement

5. Semuanya akan berlalu

Badai pasti berlalu~

Badai pasti berlalu~ via https://www.freepik.com

Masalah yang kamu hadapi saat ini, semuanya akan berlalu. Hujan petir yang mengganggu ketenanganmu pada akhirnya akan pergi, tak menetap selamanya. Kelak kamu akan melihat lagi cahaya matahari, dan di saat itulah, waktunya bagi kamu untuk bangkit kembali. Bersemangatlah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

Editor

une femme libre

CLOSE