Di era digital seperti sekarang ini, sudah pasti teknologi menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh pada kehidupan kita sebagai manusia. Bagaimana tidak? Kini, mayoritas orang punya smartphone, punya akses internet yang mudah, dan tentunya karena tuntutan zaman orang mau tidak mau harus melek teknologi. Berbicara soal teknologi, salah satu yang paling berkembang adalah bidang ekonomi dengan pertumbuhan bisnis online-nya yang kian marak di masyarakat, di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Indonesia sendiri bahkan disebut sebagai sexy market, ibaratnya dunianya para investor, karena potensialnya pasar indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar, termasuk pengguna internet yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Melihat fakta di atas saja sudah bisa dibayangkan, betapa potensinya jika kita membangun bisnis online sendiri. Namun, kalau bicara soal bisnis, pasti banyak orang yang masih merasa ragu, apalagi bisnis online yang tentu marketing-nya sulit, manajemennya lebih ribet dan lain lagi.

Untuk meyakinkanmu bahwa bisnis online itu penting dan wajib kamu coba, di sini saya akan memberikan beberapa alasan kenapa sih, kok bisa begitu? Kenapa harus bisnis online? Berikut ini ulasannya.

1. Di Internet, Kita Bisa Mendapatkan Beragam Ide Usaha Potensial

Tak seperti bisnis offline, di mana tugas kita adalah mengamati aktivitas pasar produk apa yang sedang laku dan lain lain yang tentu terbatas, di Internet kita bisa menemukan berbagai macam ide bisnis usaha, terutama dengan mengandalkan mesin pencari google. Tak jarang banyak orang yang sukses dengan bisnis online-nya padahal produknya sama sekali tak terpikirkan. Siapa sangka produk A yang tidak ada di bisnis offline justru laku di online? Maka dari itu, gali ide bisnis dari online, lalu jalankan secara online juga.

2. Mudahnya Bikin Website Toko Online yang Super Instan Sekalipun

website toko online mudah dibuat via http://google.com

Bicara toko online, pasti erat kaitannya dengan sebuah website, kan? Ya, website bisa dibilang nyawa dari bisnis online itu sendiri. Bisa saja kita berbisnis online tanpa website, namun peranan website sangat penting, terutama untuk membangun branding dan kini kamu pun sudah sangat diberi kemudahan akan hal ini. Kamu bisa membuat website toko online bahkan dengan instan. Banyak sekali jasa pembuatan website toko online yang murah, jadi tunggu apalagi? Selain website, kamu bisa juga menambah branding kamu dengan membuat fanspage sosial media.

3. Semakin Lengketnya Orang dengan Sosial Media, Membuat Bisnis Online Kian Potensial.

maraknya pengguna sosmed via http://hipwee.com

Advertisement

Saya yakin semua orang setuju, semua orang pasti punya sosial media! Terutama mereka pengguna smartphone, dari mulai anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua sekarang ini, sudah sangat lengket dengan sosial media. bahkan tak jarang, banyak orang yang menggunakan lebih dari 1 aplikasi sosial media dan aktif setiap hari. Hal ini membuat bisnis online kian potensial, kamu bisa memasarkan produk-produk kamu ke pengguna sosial media. Jangkauannya pun sangat luas, mengingat sosial media tentu mencakup semua orang. So, ini adalah peluang emas untuk kamu yang ingin punya bisnis sendiri.

4. Bisnis Online Murah, Tidak Perlu Modal Untuk Beli Tanah, Sewa Kios dan Tak Harus Punya Banyak Karyawan.

minimnya modal bisnis online via http://google.com

Memang kalau berbicara bisnis, tentu tidak ada yang namanya murah. Yang namanya bisnis, sudah pasti mahal, tapi jika disuruh membandingkan soal bisnis online dan offline? Tentu saja bisnis online jauh lebih murah. Tahu sendiri kan, kalau harga tanah dari tahun ke tahun makin mahal, apalagi kalau harus sewa kios dan punya banyak karyawan. Dengan bisnis online, lapak bisa pakai website dan aplikasi sosial media, untuk karyawan kita bisa personal dulu. Jika sudah berkembang, baru rekrut satu per satu karyawan dan jumlahnya juga sangat sedikit dibanding kita membuat toko offline.

5. Tak Perlu Punya Produk, Bisa Reseller atau Dropshipper Untuk Bisnis Online!

tak perlu punya produk sendiri via http://www.blogcips.web.id

Ini yang hebat dari bisnis online, kita sebagai seller atau penjual tidak perlu lagi repot-repot stok produk, kita bisa menjadi reseller atau dropship barang atau produk orang lain, dan memasarkannya sendiri, sehingga sudah pasti bisnis online jauh lebih praktis dan bisa dijalankan siapapun juga dengan modal yang sangat minim.

Advertisement

Tapi jika kamu ingin benar-benar serius di bisnis online, tentu lebih baik stok produk sendiri, namun untuk kamu yang masih pemula, saya rasa cara ini sangat efektif sekaligus untuk pembelajaran untuk kedepannya.

Oke itu adalah beberapa alasan kenapa harus bisnis online mulai dari sekarang, tunggu apalagi? Terlepas dari hal diatas, semua hal tidak ada yang mudah, begitupun dengan bisnis online, semua butuh proses, terutama untuk membangun branding dan menjaring pelanggan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya