Sebelum Bjorka, Ini Dia 5 Sosok Peretas Asal Indonesia yang Pernah Menghebohkan Dunia

Belakangan ini Indonesia digemparkan oleh munculnya sosok Bjorka sebagai peretas handal. Ia beraksi melalui cuitan-cuitannya di Twitter yang katanya telah berhasil membocorkan database milik pemerintahan Indonesia.

SoHip, ternyata sebelum Bjorka muncul di permukaan, Indonesia telah memiliki beberapa peretas hebat yang membuat heboh masyarakat hingga kancah dunia. Wah, siapa saja mereka? Ini dia 5 sosok peretas asal Indonesia yang tak kalah hebat dari Bjorka.

Advertisement

1. Putra Aji Adhari

Photo by instagram Putra Aji Adhari @putraajiadhari_

Photo by instagram Putra Aji Adhari @putraajiadhari_ via https://instagram.com

Putra Aji Adhari asalah seorang anak muda yang telah berhasil meretas situs NASA pada tahun 2019 silam saat usianya masih berusia 15 tahun. Pemuda asal Banten ini mengaku mempelajari teknologi IT secara otodidak. Kini, Putra Aji Adhari sedang menekuni profesinya sebagai cybersecurity dan penguji penetrasi pengamanan di beberapa perusahaan, termasuk perusahaan luar negeri. Masih muda, tapi sudah berkarir sampai mancanegara, ya. Hebat.

2. Jim Geovedi

Photo by twitter Jim Geovedi @geovedi

Photo by twitter Jim Geovedi @geovedi via https://twitter.com

Sebelum Bjorka muncul, ada Jim Geovedi sempat menghebohkan dunia atas aksinya meretas dua satelit indonesia dan Cina. Ia dikenal sebagai pakar keamanan teknologi informasi yang berfokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan yang berkhusus pada sistem telekomunikasi dan satelit. Sekarang, Jim Geovedi telah menetap di London, Inggris.

Advertisement

3. Pak Made

Photo by facebook @Indonesian Hacker Community (IHC)

Photo by facebook @Indonesian Hacker Community (IHC) via https://facebook.com

Pak Made yang memiliki nama asli I Made Wiryana merupakan seorang pria asal Bali yang dikenal sebagai salah satu cyber Paspamres RI. Saat itu ia dipercaya menangani para hacker yang berusaha mengganggu situs perintahan di Era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Dia pun pernah melakukan backup server kepresidenan dalam hitungan detik setelah diserang oleh DDos (Distributed Denial of Service). 

4. Xnuxer

Photo by facebook @Indonesian Hacker Community (IHC)

Photo by facebook @Indonesian Hacker Community (IHC) via https://facebook.com

Xnuxer juga merupakan salah satu peretas hebat asal Indonesia. Xnuxer dengan nama asli Dani Firmansyah berhasil meretas sistem keamanan kpu.go.id pada 2004 lalu. Ia beraksi dengan mengubah nama 24 partai politik menjadi nama buah-buahan. Ingat, tidak?

Akibat ulahnya tersebut, Xnuxer sempat diamankan dalam bui selama beberapa bulan saja hingga akhirnya dibebaskan karena dianggap tidak ada unsur politis di dalamnya. Ia melakukan aksinya hanya untuk menguji sistem keamanan milik KPU.

Advertisement

5. HMEI7

Photo by @Setyaki Irham

Photo by @Setyaki Irham via https://unsplash.com

Sosok HMEI7 belum juga terungkap hingga detik ini, meskipun telah banyak dilakukan penyelidikan terhadap dirinya. HMEI7 sempat menghebohkan dunia karena ulahnya yang berhasil melumpuhkan lebih dari 5000 website di seluruh dunia dalam waktu dua hari. Dari kabar yang beredar, HMEI7 mulai aktif di dunia peretasan sejak tahun 2001 lalu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang freelance writer. Mencari kesempatan belajar menulis di mana saja.

CLOSE