Dari kecil kita diajarkan untuk sayang pada orang tua, guru, sesama teman, sesama manusia tapi jarang terdengar ajaran untuk mencintai diri sendiri. Akibatnya kita sering berada dalam posisi defisit cinta, pengeluaran banyak tapi persediaan cintanya kurang.

Jadinya hidup tidak seimbang dan tidak harmonis. Seringkali juga kita merasa cinta yang kita terima tidak sebanding dengan cinta yang kita berikan kepada pasangan atau orang terdekakat. Jika saat ini pada posisi tersebut 5 langkah ini bisa dicoba untuk mendapatkan kebahagiaan seimbang~

1. Membuat "Self Discovery Form" untuk lebih mengenal diri sendiri

Banyak dari kita yang hidup secara autopilot. Bangun pagi, sarapan, bekerja / kuliah, pulang kemudian tidur. Repeat untuk keesokan harinya. Banyak permasalahan yang terkait dengan mental atau psikis sengaja kita abaikan dan akhirnya menumpuk. Hal tersebut bisa merupakan salah satu pemicu kita tidak mendapatkan kebahagian seimbang. "Self Discovery Form " bisa dibuat dengan berbagai pertanyaan misalnya :

  1. masalah yang ingin kamu selesaikan dalam hidupmu
  2. kenapa dan bagaimana permasalahan-permasalahan ini memengaruhi hidupmu
  3. Sudah berapa lama hal ini menjadi masalah dalam hidupmu?
  4. Jelaskan langkah yang sudah kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah ini
  5. Apakah kamu bersedia untuk menyelesaikan masalah ini?
Advertisement

Dengan membuat dan menjawab dengan jujur self discovery form kita akan bisa lebih dekat mengenal permasalahan kita dan menemukan solusi secara perlahan sehingga hidup dengan kebahagian seimbang tercapai.

2. Belajar mengolah emosi pada diri sendiri

path to self love

path to self love via https://www.google.com

Standart kehidupan yang dibentuk oleh lingkungan sekitar menjadikan kita tidak pernah puas dengan apapun pencapaian hidup kita. Rasa marah , kecewa dan putus asa sudah menjadi asupan batin kita sehari-hari dan dampaknya tanpa disadari emosi dalam diri sulit terkontrol. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantumu menuju keseimbangan emosi:

  1. Hadapi berbagai perasaan negatif. Memproses dan melepaskan perasaan negative sangatlah penting. Kenali emosi negatif, rasakan dan lepaskan
  2. Kenali emosi dan sensasi fisik apa yang timbul dari pikiranmu
  3. Tanyakan pada dirimu sendiri apakah pikiran tersebut benar; apakah hal tersebut adalah fakta atau opini, pengalaman, persepsi dan sudut pandangmu?
  4. Lakukan meditasi

3. Self-care atau merawat diri

Advertisement

Dengan merawat diri sendiri, kamu sudah menginvestasikan waktu untukmu dan orang lain disekitarmu. Salah satu hal batasan yang terpenting adalah batasan dengan dirimu sendiri, tentang bagaimana kamu merawat diri, serta berapa banyak waktu, energi dan kemampuan untuk yang kamu dedikasikan untuk melakukannya. Contoh hal-hal yang bisa dilakukan untuk self-care adala

A."Me Time"

" Me Time" adalah waktu yang kamu sediakan seminggu sekali selama 1-3 jam untuk melakukan sesuatu oleh dirimu sendiri, dengan dirimu sendiri dan untuk dirimu sendiri. Apabila kamu ingin mempunyai hubungan yang harmonis dengan orang lain, kamu perlu mendedikasikan waktu dan perhatian yang cukup bagi hubungan tersebut. Sama halnya ketika kita berbicara tentang hubungan dengan dirimu sendiri. Bagaimana kamu bisa mempunyai hubungan yang baik dengan dirimu sendiri tanpa mendedikasikan apapun?

B. Date Night with Self

Latihan ini bertujuan untuk membangun harga, kepercayaan dan persepsi diri. Rencanakanlah kencan dengan dirimu sendiri. Aktivitas ini bisa dilakukan dalam waktu satu jam atau satu hari penuh, bisa dilakukan di siang atau malam hari, bisa memerlukan biaya atau gratis. Pergi dan lakukan sesuatu sendirian saja. Rencanakan aktivitas ini selayaknya merencanakan kencan impianmu. Contohnya: pergi makan malam di restauran dan nonton bioskop untuk menonton film favoritmu

4. Gratitude Exercise atau membuat catatan hal yang kita syukuri setiap hari

Praktek bersyukur bisa dilakukan dengan mencoba menemukan sesuatu hal walaupun kecil dan sederhana yang patut disyukuri, rasakan kebenarannya didalam hati dan tuliskan di daftar hal yang kamu syukuri.

Latihan ini sangat sederhana. Coba berpikir dengan menanyakan dirimu sendiri apakah hal yang kamu syukuri di semua bidang kehidupan seperti: kesehatan, hubungan percintaan, keluarga, karir, keuangan, perkembangan diri, dan kehidupan batin. Tulislah daftar hal yang kamu syukuri dan mulai catat atau rekam pada ponsel kamu setiap hari.

5. Komitmen untuk self-love

hold hands

hold hands via https://www.google.com

Komitmen adalah hal yang menjadi kunci bagaimana kita bisa meraih kehidupan dan kebahagiaan seimbang. jika kita sudah tahu akar masalah yang membuat kita sulit untuk mencapai kehidupan yang seimbang maka kita akan berusaha untuk berkomitmen untuk bisa berdamai dengan diri kita sendiri untuk mencintai diri kita terlebih dahulu.

Bahagia adalah pilihan, tidaklah mungkin untuk menjadi orang yang menyedihkan apabila kita selalu berdamai dengan diri kita dan bersyukur. Bahagia adalah pilihan dan tersedia untukmu mewujudkannya sekarang.

Self-love bukan selfish atau egois, ketika hati kita sudah penuh cinta, kita tidak perlu meminta orang lain untuk mengisi, yang akan kita lakukan adalah membagi cinta. Jadi setiap hari ingatlah utk sayang dan cinta pada diri sendiri. Selamat mencoba Dear 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya