Sebelum Mantap Menikah, Pahami Dulu 8 Hal Ini ya

pemahaman sebelum menikah

Menikah memiliki arti dalam kamus  ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama. Namun, tidak semudah itu meyakinkan diri bahwa ia cocok dengan diri Kita. Kita perlu memiliki pengetahuan tentang calon pasangan yang sekiranya membuat Kita merasa bahwa dia adalah orang yang cocok membersamai sampai diakhir cerita hidup.

Berikut 8 hal yang harus diketahui dengan pasangan sebelum menikah:

Advertisement

1. Komunikasi

Photo by unsplash.com/ramche

Photo by unsplash.com/ramche via http://unsplash.com

Sejatinya komunikasi sangat penting dimiliki oleh pasangan, tanpa adanya komunikasi, hubungan akan rentan untuk rapuh. Komunikasi yang lancar dengan calon pasangan hidup, membuat Kita merasa nyaman. Begitupun sebaliknya, komunikasi yang tidak baik membuat kita akan merasa kehilangan.

Oleh karena itu komunikasi memiliki peranan penting dalalam sebuah hubungan, sesibuk apapun usahakan memberi kabar walau hanya dengan satu baris kata.

Advertisement

2. Fleksibilitas

Photo by unsplash.com/pablomerchanm

Photo by unsplash.com/pablomerchanm via http://unsplash.com

Sebagai calon pasangan hidup, Kita harusnya tahu apakah pasangan mudah beradaptasi terhadap kebiasaan dan Cara hidup yang Kita miliki. Jangan sampai pasangan tidak bisa beradaptasi dengan pola & kebiasaan hidup Kita dan Kita tak bisa menerimanya lalu timbulah pertengkaran yang membuat hubungan menjadi renggang.

Fleksibilitas antar pasangan membuat diri merasa nyaman, apapun yang Kita pikirkan bisa didiskusikan bersama pasangan karena pemikiran dia yang bisa terbuka, dengan begitu kita akan memiliki kedekatan lebih padanya.

3. Kedekatan

Photo by unsplash.com/alisaanton

Photo by unsplash.com/alisaanton via http://unsplash.com

Kedekatan emosi antar pasangan Juga menentukan keberhasilan berumah tangga, seyogyanya Kita sudah harus menyeimbangkan emosi antar pasangan. Kita sudah harus mengetahui bagaimana emosi ketika dia marah, bahagia, kecewa dan senang. Agar, dikemudian hari Kita bisa langsung peka terhadap kondisi emosionalnya ketika menghadapi suatu masalah.

Advertisement

4. Kecocokan kepribadian

Photo by unsplash.com/evertonvila

Photo by unsplash.com/evertonvila via http://unsplash.com

Kita semua tahu bahwa pribadi orang satu dengan yang lainnya pastilah berbeda, begitupun Kita dan pasangan sudah pastilah berbeda. Oleh karena itu sebelum ke jenjang berikutnya Kita harus tahu bagaimana kepribadian dia? Bisakah Kita menerima kepribadiannya?

Jika sudah mengetahuinya dan menerima kepribadiannya, kita sudah bisa lanjut ke jenjang berikutnya.

5. Penyelesaian masalah

Photo by unsplash.com/karlahrnndz

Photo by unsplash.com/karlahrnndz via http://unsplash.com

Sebuah masalah yang datang ke kehidupan kita haruslah diselesaikan agar tidak membesar. Pasangan yang baik adalah pasangan yang menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, bukan menghindar atau malah membesarkan-besarkan suatu masalah. 

Jadi, lihatlah bagaimana dia menyelesaikan masalah.

6. Finansial

Photo by unsplash.com/micheile

Photo by unsplash.com/micheile via http://unsplash.com

Sebelum ke jenjang berikutnya, Kita harus paham kondisi keuangan Kita. Agar ketika menjalin rumah tangga dan kesulitan keuangan menghadang, kita akan mandiri menghadapinya.

Kita Juga boleh menanyakan bagaimana kemandirian finansial pasangan, jangan sampai  pasangan kita memiliki banyak hutang dimana-mana, karena akan sangat mengganggu stabilitas keuangan didalam rumah tangga nanti. 

7. Agama

Photo by unsplash.com/rumanamin

Photo by unsplash.com/rumanamin via http://unsplash.com

Sebagai calon Imam/makmum Kita. lihat bagaimana ia dengan agama yang ia peluk, ketaatannya dan kewajibanya dalam menjalankan agama. Karena dengan begitu Kita akan bisa melihat bagaimana dia akan beragama dalam kehidupan.

Konsekuensi dalam memiliki pasangan yang tidak memegang agamanya secara cukup dapat terjadi dikemudian hari, begitupun sebaliknya.

8. Restu Orang Tua

Photo by unsplash.com/art_maltsev

Photo by unsplash.com/art_maltsev via http://unsplash.com

Restu orang tua merupakan Hal penting yang harus dimiliki ketika ingin menikah. Karena dari orang tua yang baik, berkah itu akan muncul kepada anak-anaknya. Jangan sampai ketika kita menikah, restu orang tua tidak Kita dapat.

Karena menikah itu menyatukan dua keluarga, bukan hanya dua kepala. Kita tidak ingin kan menjadi orang yang tidak diinginkan dalam keluarga pasangan? Karena rasanya sangat tidak nyaman.

 

 

8 hal diatas bisa diterapkan sebelum Kita menikah. Yang terpenting selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam memilih pasangan, dan dimudahkan ketika ingin menikah. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE