Saat menjadi mahasiswa semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kebutuhan akan tempat tinggal. Nge-kost menjadi pilihan para mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggalnya. Dalam memilih tempat nge-kost pun tidak bisa sembarangan, jika asal pilih kost dan ternyata tidak sesuai dengan harapan, hal itu malah membuat sobat merasa tidak nyaman untuk belajar.

Untuk para sobat yang sedang mencari kost, berikut ini Babang mau kasih tips jitu memilih kost idaman. Apa saja sih? Cekidot

1. Cari informasi daerah kost sekitar kampusmu

Saturday plan a trip

Saturday plan a trip via https://tookapic.com

Ini nih sobat hal pertama yang harus dilakukan saat mencari kost, sobat harus mencari tau daerah mana saja yang biasa menjadi kawasan kost di sekitar kampus. Boleh dengan googling di internet atau pun menanyakannya ke kenalan sobat. Sekedar pengetahuan, untuk kawasan kost yang berbeda biasanya memiliki ciri khas masing-masing, contohnya, di kawasan A terkenal dengan kost-kostan yang mempunyai harga mahal, tetapi memiliki fasilitas kost yang lengkap, dekat dengan kampus dan juga fasilitas umum lainnya.

Advertisement

Sementara di kawasan B terkenal dengan kost-kostan yang mempunyai harga murah dengan fasilitas kost lengkap, tetapi jauh dari kampus dan fasilitas umum.

2. Kenali Kebutuhanmu

Kebutuhanmu

Kebutuhanmu via https://www.chcs.org

Sebagai mahasiswa yang tinggal jauh dari keluarga, tentu saja kebutuhan sobat akan jauh berbeda dengan masa saat bersekolah, sobat bakal dituntut untuk hidup mandiri. Mencari makan sendiri, mencuci sendiri, bahkan jika sakit kita pun dituntut untuk pergi berobat sendiri. Selain itu sebagai mahasiswa, sobat akan sering banget yang namanya mengerjakan tugas, baik tulis maupun mengetik.

Advertisement

Oleh karena itu, untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan tersebut, sobat harus mencari tempat kost yang dekat dengan tempat makan, laundry, klinik atau rumah sakit, warnet, dan fotocopy, pokoknya pastikan fasilitas umum di sekitar kost itu bisa membantu sobat dalam memenuhi kebutuhan.

3. Fasilitas Kost

Peter Pan

Peter Pan via https://tookapic.com

Fasilitas menjadi faktor yang sangat crucial dalam menentukan nyaman atau tidaknya sobat di kost tersebut. Mulai dari luas kamar, kebersihan, keamanan, dan tersedianya listrik menjadi poin penting yang harus sobat perhatikan, pastikan poin-poin tersebut sesuai dengan keinginan sobat.

Untuk fasilitas tambahan mungkin sobat yang ingin membawa kendaraan juga harus memperhatikan ketersediaan lahan parkir. Selain itu, disarankan sobat memilih kost-kostan yang mempunyai fasilitas WIFI, karena dengan adanya wifi sobat bisa menghemat budget pengeluaran untuk membeli kuota.

Tidak hanya fasilitas material, sobat juga harus memperhatikan suasana sekitar kost apakah sepi atau ramai, lalu tinggal sesuaikan dengan kepribadian yang sobat miliki.

4. Sesuaikan Budget dan Terus Mencari

Nah ini sobat, tentu saja sobat harus bisa menyesuaikan budget sobat dengan kost-kostan yang akan dipilih sobat nantinya. Saya sarankan, jangan cepat tergiur dengan kost-kostan yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga mahal, jika fasilitas yang ditawarkan tidak begitu penting, cari kost-kostan lain yang lebih murah dengan fasilitas yang benar-benar kita butuhkan.

5. Jangan terlalu lama untuk menentukan tempat kost

menentukan

menentukan via https://www.pexels.com

Biasanya sangking keasyikan mencari tempat kost, sobat lupa untuk segera menentukan tempat kost, kalau sudah begini bisa-bisa sobat kehabisan tempat kost duluan karena kost yang sebelumnya tersedia sudah diambil terlebih dahulu sama orang lain. Jadi jangan terlalu lama ya sobat buat menentukan tempat kostnya.

Nah Itu dia beberapa tips yang bisa membantu sobat dalam menemukan kost-kostan idaman, semoga bisa membantu sobat-sobat yang sedang mencari kost yaa… SEE YOU.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya