Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Kita tidak tahu apakah tahun depan bisa bertemu dengan Ramadan lagi atau tidak. Bagi mereka yang selalu menunggu momen ini pasti tak akan menyia-nyiakan bulan yang istimewa ini. Kalau kamu bagaimana ? Yakin nggak mau berubah lebih baik di hari-hari terakhir Ramadan ?

1. Masih suka menggunjing. Lalu apa bedanya dengan bulan-bulan lain ?

Waktu luang di sekolah atau di kantor kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk berkumpul dan membicarakan suatu persoalan. Salah satunya membicarakan orang lain yang tidak hadir di sekitar mereka atau disebut dengan menggunjing.

Advertisement

Kalau Ramadan masih suka menggunjing, apa bedanya dengan bulan-bulan lain? Lagi pula apa sih untungnya menggunjing? Kan waktu luang bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan mengaji.

2. Daripada jalan-jalan menghabiskan uang, mending ngabuburit di rumah aja dengan lantunan ayat suci Al-Quran

Ngabuburit

Ngabuburit via https://i0.wp.com

Menunggu waktu berbuka enaknya sambil jalan-jalan. Padahal aktivitas kaya gitu kan justru bikin capek. Lagi pula jalanan pasti macet diisi oleh orang-orang yang juga menantikan waktu berbuka. Daripada menghabiskan uang di luar, mending di rumah aja sambil cari pahala.

3. Masih serumah dengan orang tua, tapi buka puasa nggak pernah sama orang tua

Buka puasa bersama teman

Buka puasa bersama teman via https://i0.wp.com

Di rumah, ibu sudah masak masakan teristimewa untuk kita. Tapi kita selalu sok sibuk buka puasa di luar bersama teman. Padahal, belum tentu kita bisa mendapatkan momen makan bersama keluarga di bulan lain. Jadi, jangan sia-siakan keluarga lagi ya.

4. Padahal nggak sibuk, tapi nggak mau mengisi shaf-shaf jamaah trawih

Advertisement

Sholat trawih adalah sholat sunnah di malam hari yang hanya ada di bulan Ramadan. Tapi banyak loh yang suka sok sibuk sehingga meninggalkan sholat ini. Padahal kita belum tentu bisa mendapatkan Ramadan di tahun depan. Apalagi pahala di sepuluh malam terakhir lebih banyak. Jadi, ayo isi shaf-shaf jamaah tarawih di masjid atau mushola dekat rumahmu.

5. Masih muda tapi puasanya lemah

Yang paling parah nih kalau usiamu masih muda tapi meninggalkan puasa tanpa ada alasan khusus. Orang-orang seperti ini bisa dikatakan orang yang lemah. Padahal puasa itu kan bagus buat kesehatan. Namun yang paing parah, banyak orang yang sudah tidak malu lagi menunjukkan kalau dia tidak puasa di hadapan umum.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya