Masa pacaran adalah masa yang indah. Banyak canda tawa yang bisa kita bagikan kepada pasangan kita. Namun bagaimana jika ternyata kita tidak sadar bahwa kita bersama orang yang salah? Baca 5 poin di bawah ini yuk agar kamu tau kapan saatnya hubungan kalian sudah tidak sehat lagi dan kapan harus putus.

1. Berteriak dan berkata kasar

Berteriak tanda hubungan tidak sehat via http://www.redio.in

Wajar sekali jika dalam berpacaran kita berbeda pendapat dengan pasangan kita. Namun jika sampai perbedaan itu menyebabkan pertengkaran yang hebat dan terjadi berulang kali, itu adalah tanda awal bahwa hubungan pacaran sudah nggak sehat. Apalagi kalau sampai berteriak dan berkata kasar. Wahh. Kamu pastinya nggak mau kan terus-terusan diteriakin dan dikata-katain? Kalau terjadi sekali masih bisa dimaklumi. Namun jika sudah terjadi berulang kali, lebih baik putus deh!

2. Berbohong

Jangan pernah bohong ya via http://www.hidayatullah.com

Berbohong kepada pasangan adalah tanda bahwa ada sesuatu yang disembunyikan

Advertisement

Jika ia terus-terusan membohongi kamu, misalnya bilang "mau main sama temen-temen" tapi ternyata malah 'dugem dan nyari selingkuhan', atau pun melakukan kebohongan-kebohongan berulang kali. Sudah saatnya hubungan diakhiri. Orang yang berbohong pasti terlihat kok dari bahasa tubuhnya. Makanya jangan pernah bohong dengan pasanganmu yaa

3. Over posesif

Pacar terlalu posesif itu merugikan loh via http://asianetindia.com

Pacar kamu sering ngecekin hape kamu untuk lihat kamu chat sama siapa saja? Sering meminta password sosial media kamu dengan alasan 'takut kamu macem-macem'? Sering melarangmu untuk berteman dengan lawan jenis? Sering melarangmu untuk ikut kegiatan yang berguna mengembangkan dirimu?

Plis deh tipe pacar begitu tuh nggak banget. Masih jadi pacar aja udah melarang ini itu nggak boleh ini itu. Hubungan dilandasi oleh rasa percaya. Jika pacarmu saja nggak percaya kamu, yakin masih mau melanjutkan hubungan?

4. Melakukan kekerasan

Say NO pada kekerasan via http://www.womansavers.com

Kamu ini berharga. Jangan biarkan orang yang bukan siapa-siapamu menyakitimu

Pacaran itu harusnya saling sayang, bukan pukul-pukulan. Ada masalah sedikit, dia meneriakimu dan memukulmu. Ada beda pendapat sedikit, dia langsung ngata-ngatain kamu dengan kata umpatan. Kamu berargumen sedikit saja justru diancam. Kekerasan nggak cuma lewat main tangan aja loh. Ancaman-ancaman yang dia ucapkan juga termasuk kekerasan. Kalau sudah sampai tahap ini, mau nggak mau hubungan kalian harus segera diakhiri. Jangan mau terus-terusan menjadi korban!

5. Berjuang sendirian

“you can’t be the only one fighting..” via http://quotesgram.com

Kadang hubungan harus berakhir saat hanya satu pihak saja yang berjuang, yang satu cuma diam

Pacaran itu kan 2 orang, kalau hanya kamu sendiri yang berusaha mati-matian sedangkan dia tidak berjuang mempertahankan hubungan ya untuk apa dipertahankan? Itu hanya akan membuang-buang waktu. Masih banyak orang yang ingin memperjuangkanmu. Dia sudah tidak "worth fighting for". Sudah malas berhubungan denganmu, mulai mengabaikan kamu, tidak mempedulikanmu, itulah tanda bahwa dia sudah tidak serius dalam menjalani hubungan. Yang begini hanya akan membuatmu capek hati saja.

Masih yakin melanjutkan hubungan yang ternyata banyak merugikanmu?