Dark chocolate yang belum diolah termasuk panganan yang jarang dikonsumsi oleh orang awam. Terang saja, rasanya yang sedikit pahit membuat orang-orang emoh untuk mencicipinya secara langsung. Kebanyakan orang pun memanfaatkan dark chocolate sebagai campuran pada adonan dessert seperti kue dan pudding.

Ternyata, dibalik rasa pahitnya, cokelat varian ini justru lebih bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh dibanding dengan cokelat jenis lain. Rambut yang berkilau, kulit lembut hingga terhindar dari resiko stroke adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika rutin mengonsumsi dark chocolate.

Dirangkum dari beberapa sumber, ini lho keampuhan dark chocolate bagi tubuh.

1. Bikin Kulit Cantik

Perawatan dengan Cokelat via https://beauty-zone.info

Khusus buat kamu yang mendambakan kulit mulus nan bersinar, mengonsumsi dark chocolate secara rutin bisa jadi cara ampuh yang layak untuk ditempuh. Kamu juga bisa menggunakan dark chocolate sebagai masker wajah.

Senyawa baik yang ada pada cokelat jenis ini akan menutrisi kulit hingga terasa lebih lembut, segar dan terhindar dari warna kulit yang tidak merata. Selain itu, kandungan antioksidan pada dark chocolate mampu menangkal radikal bebas dan sinar UV. Seperti yang kita tahu, sinar UV merupakan pemicu utama kanker kulit yang menyeramkan itu. Ih, jangan sampai!

2. Rambut Indah Bukan Cuma Mimpi

Advertisement

Nggak peduli panjang atau pendek, rambut indah bisa didefinisikan dengan sehat. Meski dengan rambut pendek atau cepak sekalipun, asal tidak berketombe, pasti kamu tampil menawan. Begitupun sebaliknya, rambut sebahu, lurus, hitam, tebal tapi sering rontok? Duh, jangan sampai!

Nah untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, kamu bisa banget nih menggunakan dark chocolate untuk hair mask secara rutin. Nggak perlu repot ke salon, kamu bisa menggunakan masker dark chocolate ini sendiri di rumah. Cukup larutkan beberapa batang cokelat dengan sedikit air hangat. Kemudian, oleskan pada rambut dan diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Kalau ingin yang lebih praktis lagi, kamu hanya perlu ganti cemilanmu pakai cokelat ini, Girls!

Nutrisi yang terkandung pada dark chocolate ternyata ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Jika sirkulasi darah pada kulit kepala sudah lancar, maka resiko kerontokan dan kerusakan rambut pun bisa menurun. Selain itu, nutrisi dalam cokelat ini juga bisa membuat rambut lebih berkilau dan mengembang.

3. Sehat Karena Cokelat? Pastinya!

Berbagai manfaat kesehatan yang ditimbulkan sebagai akibat dari mengonsumsi dark chocolate antara lain: terhindar dari penyakit liver, diabetes, kolesterol, anemia hingga resiko stroke. Selain itu, cokelat juga berfungsi meningkatkan mood, sebagai alternative sumber protein dan karbohidrat.

Dark chocolate mengandung banyak jenis antioksidan. Flavonoid merupakan salah satu dari sekian banyak antioksidan dalam cokelat jenis ini. Senyawa flavonoid inilah yang berperan untuk menangkal radikal bebas, pemicu berbagai penyakit seperti liver, diabetes, stroke hingga kanker.

4. Cocok Untuk Diet

Pudding Alpukat Cokelat, yummy… via http://www.yummymummyclub.ca

Dark chocolate mengandung senyawa yang baik untuk tubuh. Protein, karbohidrat, mineral hingga vitamin terkandung dalam secuil cokelat jenis ini.

Nah, karena kandungan gizinya yang beragam, dark chocolate ini pas banget kan buat kamu yang lain on diet, Girls? 😉

5. Menyehatkan Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Mengonsumsi Dark Chocolate via http://thestir.cafemom.com

Sebuah penellitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi dark chocolate selama mengandung cenderung tidak mudah stres. Sementara itu, bayi yang dikandung pun lebih sering tersenyum saat lahir ke dunia. Wah, besar juga ya pengaruhnya, hehe.

Yuk, coba mulai sekarang.