Kamu penggemar anime? Tentu tau donk kumpulan anime zaman sekarang yang dapat di download dengan mudah di HP Android km? Tapi jangan ngecap kamu sebagai otaku dulu sebelum tau sejarah Anime!

Tahukah kamu bahwa anime merupakan sebuah karya seni atau komoditi komersial animasi dari Jepang yang sudah sangat sukses di dunia hiburan?. Grafiknya sangat menarik, alur ceritanya unik, dan karakteristik dari tokoh – tokohnya mampu menarik perhatian masyarakat dunia. Bahkan sering kali karakter anime tuh sosok yang sangat kocak, disamping itu pasti ada peran yang pinter, ada peran yang bodoh, ada peran pahlawannya.

Kata anime itu sendiri tampil dari serapan bahasa Inggris yaitu Animation dibaca A-ni-me, bukan a-nim. Istilah ini mulai digunakan pada tahun 1970-an.

Perkembangan Anime :

Sejarah karya animasi Jepang ini diawali dengan adanya First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913, yang kemudian diikuti anime-anime berdurasi pendek, berikut daftar anime zaman dulu :

1. Mokuzo Genkanban no Maki

Mokuzo Genkanban no Maki via http://www.ragamseni.com

Anime ini pertama kali dibuat oleh Oten Shimokawa pada tahun 1917. Mukuzo Genkanban no Maki artinya Kisah Seorang Petugas Mukuzo Imokawa. Film ini diberi gelar The First
tapi bagus ya, negara lain pada sibuk Perang Dunia, Jepang sibuk mencari hal baru. Keren… Walau durasi film ini hanya 8 Menit, tapi pembuatannya mencapai 6 bulan lho. Tapi bagus kok saat zamannya, kisah dalam ceritanya pun belum menunjukkan suatu permasalahan, masih berbau hal-hal sepele seperti keseharian saja. Tapi acungkan jempol yu untuk Jepang.

2. Namakura Gatana

Namakura Gatana via http://www.ragamseni.com

Namakura Gatana bila diartikan Pedang yang Tumpul. Merupakan Animasi karya Seitaro Kitayama dibuat pada tahun 1918. Film komedi yang berdurasi 2 menit ini menceritakan tentang kisah seorang samurai yang membeli sebuah pedang, namun ternyata pedang tumpul. Hal itu membuat ia selalu kalah ketika menghadapi lawan yang lemah. Sampai akhirnya ia mencoba untuk menguji pedang tersebut kepada orang yang sedang lewat, namun ia malah mendapatkan perlawanan hingga membuat dirinya K.O dalam 1 tendangan. Awalnya anime ini disebutkan sebagai anime pertama dalam sejarah animasi Jepang, Namun dari hasil penelitian, ternyata gelar The First berpindah tangan kepada Film Mokuzo Genkanban no Maki.

3. Urashima Tarō

Advertisement

Urashima Tarō via http://www.ragamseni.com

Karya kedua dari Seitaro Kitayama dibuat pada tahun 1918, merupakan cerita rakyat yang terkenal di Jepang yaitu cerita tentang seorang nelayan dengan sang putri. Cerita ini berawal ketika Taro hendak memancing, namun yang didapat bukan ikan melainkan Penyu, mengingat bahwa Penyu dapat hidup 10.000 tahun, akhirnya Taro melepaskannya kembali ke lautan. Setelah beberapa hari ada seorang wanita mendayung perahu sendiri, dan ternyata wanita itu seorang Putri, Putri itu berterima kasih pada Taro telah menyelamatkan Penyu tersebut, sebagai tanda terima kasih Putri mengajak Taro untuk ke Istana Laut. Taropun mau dan tak lama kemudian di bawa ke Istana Laut, namun setelah 3 tahun, Taro merindukan kampung halamannya, terutama orang tuanya. Dan ia pun memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya, Sang Putri memberi hadiah perpisahan untuk Taro, setelah perjalanan pulang Taro bingung kampung halamannya sudah tiada, dan mengetahui bahwa orang tuanya sudah meninggal. Taro sangat sedih, lalu membuka hadiah dari Sang Putri, setelah dibuka ternyata isinya perhiasan.

4. Saru Kani Kassen

Saru Kani Kassen via http://www.ragamseni.com

Film ini digarap oleh Seitaro kitayama pada tahun 1918. Film ini bertemakan tentang Karma dimana seekor monyet yang licik menipu seekor kepiting lalu membunuhnya. Anak-anak kepiting tersebut tidak bisa menerima perlakuan sang monyet hingga mereka merencanakan untuk melakukan balas dendam atas kematian induknya. Atas bantuan dari kastanye, lesung, tawon dan kotoran sapi, anak-anak kepiting tersebut berhasil membalaskan dendamnya hingga si monyet terbunuh. Seram ya.

5. Chikara to Onna no Yo no Naka

Chikara to Onna no Yo no Naka yang artinya The World of Power and Women yang dibuat pada tahun 1933. merupakan sebuah film animasi pendek hasil karya Kenzō Masaoka. Film ini merupakan film animasi pertama jepang yang menggunakan suara. Namun sangat disayangkan, tidak ada cetakan yang tersedia sehingga dianggap film yang hilang.

Anime Periode Perang dunia Kedua :

5. Kumo to Chūrippu

Kumo to Chūrippu via http://www.ragamseni.com

Kumo to Chūrippu artinya Laba-laba dan Tulip. Dibuat pada tahun 1943, merupakan film animasi pendek hasil karya Kenzō Masaoka. Film ini menceritakan tentang seekor laba-laba yang berusaha untuk memikat kumbang kecil ke dalam sarangnya. Ketika kumbang tersebut berhasil melarikan diri dan bersembunyi di tulip, datanglah sebuah badai yang menghantam laba-laba tersebut. Sementara itu kumbang tetap aman di tempat persembunyiannya.

2. Momotarō : Umi no Shinpei

Film animasi pertama dari Jepang yang berdurasikan sekitar 74 menit. Film ini disutradarai oleh Mistuyo Seo dan dibuat pada tahun 1945, dia diperintahkan untuk membuat film propaganda Perang Dunia II oleh Departemen angkatan laut Jepang. Dan alhasil, filmpun dibuat dengan latar cerita di Sulawesi, film ini menceritakan Liberation of Asia.

Periode Toei Animation dan Mushi Productions

Didirikan pada tahun 1948 dan menghasilkan film animasi dengan fitur berwarna pertama pada tahun 1958. Film anime seperti berikut :

6. The Tale of the White Serpent

The Tale of the White Serpent via http://www.ragamseni.com

The Tale of the White Serpant dibuat pada tanggal 22 Oktober 1958 dengan durasi 78 menit, anime ini merupakan anime berwarna yang pertama dari Jepang dan di produserkan oleh Hiroshi Ōkawa, disutradarai oleh Taiji Yabushita dan Kazuhiko Okabe. Film ini merupakan cerita rakyat China. Mungkin kamu pernah mendengar salah satu film serial china di tahun 1990 yang berjudul The Legend of The White Snake, sekarang dibuat lagi dengan versi terbaru yaitu The Sorcerer and The White Snake. Kedua film tersebut merupakan versi modern dari film zaman dulu. Kerennya lagi, film ini menjadi salah satu anime dari Jepang yang dirilis di Amerika saat itu.

7. The Great Adventure of Horus : Prince of The Sun

The Great Adventure of Horus : Prince of The Sun via http://www.ragamseni.com

Film ini disutradai Isao Takahata, diproduseri oleh Hiroshi Okawa dan dibuat pada tahun 1968. Film anime ini menceritakan tentang kisah seorang anak bernama Horus yang diburu oleh kawanan serigala berbulu perak, ditengah perlariannya Horus menemukan sebuah pedang matahari. Singkat cerita ketika ayahnya meninggal, Horus memutuskan untuk meninggalkan rumahnya untuk menemui beberapa orang yang diamanahkan oleh ayahnya. Setelah itu, Horus memulai petualangan besarnya melawan Grunwald dan sekutunya yang ingin menguasai dunia.

Awal kepopuleran Anime

8. Astro Boy

Tahun 1963 merupakan era kesuksesan pertama dalam dunia animasi. Salah satu film yang mengawali kesuksesan tersebut ialah film animasi bernama Tetsuwan Atom, lebih kita kenal dengan nama Astro boy. Film ini disutradarai oleh Ozamu Tezuka yang dikatakan juga sebagai “God Of Manga”. Astro boy menceritakan tentang kisah seorang robot dengan fisik anak-anak yang berusia 13 tahun dan hidup berdampingan dengan manusia di Metro City. Karena ketenarannya, Astro Boy dirilis ulang pada tahun 2009.

9. Memasuki era 1970

Memasuki era 1970 via http://www.ragamseni.com

Di era ini dunia anime sudah memasuki tingkat kompetensi yang mulai ketat, sehingga terjadinya pengurangan pegawai di Toei Animation dan terjadinya peralihan animator-animator ke studio lain seperti A Pro dan Telecom Animation. Selain itu, Mushi Productions pun gulung tikar yang kemudian bangkit kembali 4 tahun setelahnya. Para pekerja ex-Mushi pun mencoba untuk mendirikan perusahaan baru seperti Madhouse Production dan Sunrise.

Namun biarpun dengan kondisi seperti itu, pada era 1970-an masih terdapat film anime yang populer salah satunya adalah Lupin Sansei (Lupin III) yang menceritakan tentang humor-humor dewasa.

Memasuki Era 1980

Disinilah mulai ada anime yang cukup populer hingga tahun 2000. Siapakah dia? Yup, siapa lagi kalau bukan Dragon Ball.

10. Dragon Ball

Dragon Ball via http://www.ragamseni.com

Dragon Ball yang artinya bola naga dibuat oleh Akira Toriyama di tahun 1984. Anime yang bisa terbilang tua dan bertahan lama ini menceritakan tentang kisah seorang bocah bernama Goku. Singkat cerita Goku tinggal sendiri disuatu pegunungan, sampai suatu hari Goku bertemu dengan seorang wanita bernama Bulma, disinilah kisahnya dimulai. Bulma yang pada saat itu sedang mengumpulkan bola kristal menarik minat Goku. Karena konon katanya bola kristal itu akan mengeluarkan seekor naga bila terkumpul menjadi 7 butir, disetiap bola terdapat pola bintang dengan jumlah berbeda-beda. Seru bukan?

Namun pada tahun 1980’an tidak hanya anime Dragon Ball saja yang membludak, adapun anime berjudul The Super Dimension Fortress Macross yang diciptakan pada tahun 1982, Nausicaa of the Valley of the Wind pada tahun 1984, Mobile Suuit Zeta Gundam tahun 1985 dan Kiki’s Delivery Service pada tahun 1989. Mulai banyak ya?

11. Era 1990-an

Sailor Moon via http://www.ragamseni.com

Era ini merupakan era yang menggemberikan khususnya untuk penggemar anime di indonesia. Anime-anime seperti Saint Seiya, Sailor Moon, Magic Girls, Dragon Ball, Detective Conan dan masih banyak anime-anime lainnya yang ditayangkan di stasiun TV Indonesia. Bagusnya, film anime dapat respon positif bagi penikmatnya

Memasuki tahun 1995, muncullah sebuah Anime yang disutradarai oleh Hideaki Anno yang bernama Neon Genesis Evangelion. Anime ini terbilang sukses karena mampu meraih income hingga $10 juta lebih, nilai yang fantastik. Hal ini membuat beberapa perusahaan lain berlomba-lomba untuk memproduksi anime- anime bergenre Mecha/Giant robot.

Periode 2000-an Hingga Sekarang

Sudah banyak Anime yang telah dibuat pada era 2000’an. Berikut judul-judul anime mulai dari tahun 2000 hingga sekarang :

> Mobile Suit Gundam SEED

> Eureka Seven

> Code Geass : lelouch of the Rebellion

> Mobile Suit Gundam

> Macross Frontier

> Code Geass : Lelouch of Rebellion R2

> Fullmetal Alchemist

> Rozan Maiden

> Aria The Animation

> Shakugan no Shana

> Pani Poni Dash!

> Death Note

> Mushishi

> Sola

> The Melancholy of Haruhi Suzumiya

> Lucky Star

> Toradora!

> K-On!

> Bakemonogatari

> Fairy Tail

Masih banyak lagi anime-anime seru di zaman itu bahkan sampai sekarang. Kamu sendiri sudah punya anime favorite?