Summerhill School, sekolah alternatif yang didirikan pada tahun 1921, sekolah ini menjadi model yang berpengaruh untuk pendidikan progresif dan demokratis di seluruh dunia. Summerhill bukan hanya tentang pendidikan, ini juga merupakan cara pengasuhan yang berbeda yang menghilangkan sebagian besar gesekan dan banyak masalah yang dialami keluarga modern.

1. Summerhill School, Sekolah Bebas dari Inggris

Peserta Didik Summerhiil School Kini

Peserta Didik Summerhiil School Kini via http://www.summerhillschool.co.uk

Summerhill adalah sekolah modern yang didirikan oleh Alexander Sutherland Neill pada tahun 1921 di Kota Leiston, Suffolk, sekitar 160 km dari London. Siswa yang sekolah di summerhill adalah anak-anak berusia lima tahun sampai dua belas tahun. Anak-anak dikelompokkan menurut usia dengan satu orang wali asrama untuk setiap kelompok. Anak yang berusia muda tinggal di gedung, sedangkan yang berusia lebih tua tinggal di pondok. Mereka dibiarkan bebas, tidak diawasi dan tidak ditunggui. Hingga kini sekolah summerhill masih berdiri dan melayani pendidikan bagi anak – anak.

Summerhill muncul saat hak-hak individu kurang dihormati. Munculnya tindak kekerasan kepada anak dalam rumah tangga melatarbelakangi lahirnya Summerhill School. Melalui kebebasannya sendiri, Summerhill telah berjuang memberikan hak kepada anak untuk memutuskan sendiri. Sekolah harus menunjukkan bahwa anak-anak dapat belajar menjadi percaya diri, toleran dan penuh perhatian ketika mereka diberi ruang untuk menjadi diri mereka sendiri.

Advertisement

Kebebasan penting di Summerhill adalah hak untuk bermain. Semua pelajaran bersifat opsional. Tidak ada tekanan untuk menyesuaikan diri dengan ide-ide dewasa untuk tumbuh dewasa, meskipun komunitas itu sendiri tetapi tetap memiliki etika dan moral yang baik. Penindasan, vandalisme, atau perilaku anti-sosial lainnya ditangani langsung oleh pihak yang dipilih secara khusus.

2. Penggerak Gerakan Humanistik dan Founder Summerhill School, A.S Neill

Alexander Sutherland Neill, Summerhill School Founder

Alexander Sutherland Neill, Summerhill School Founder via https://npg.org.uk

A.S Neill, seorang penulis asal Skotlandia, lahir di Forfar, Angus pada 17 Oktober 1883. Beliau berpendapat bahwa seseorang dari generasinya tidak hanya bisa menyeberang antar generasi, tetapi juga bisa menjadi pemimpin dalam pendekatan paling modern untuk anak-anak dan masa kecil, luar biasa. Beliau merupakan putra George Neill, kepala sekolah (atau 'dominie') di sekolah Kingsmuir yang terletak sekitar dua mil di luar kota.

Ibu Neill, Mary, merupakan seorang guru yang sudah profesional. Neill merasa bahwa ayahnya tidak peduli padanya dan memperlakukannya dengan kasar, sementara ibunya menginginkan Neill untuk menjadi orang yang hebat dan terlalu peduli dengan kehormatan. Sementara itu, Neill dikenal sebagai anak yang tidak pandai disbanding saudara – saudaranya.

Advertisement

Akhirnya setelah lulus sekolah dasar, Neill tidak diperbolehkan untuk melanjutkan studi ke Sekolah Menengah di Forfar Academy. Akhirnya, Neill memutuskan untuk bekerja menjadi seorang pegawai di Edinburgh pada usianya yang ke empat belas tahun. Pekerjaannya tidak berjalan lama, dan Neill kembali kepada ayahnya untuk menjadi seorang asisten master di sekolah Kingskettle, Fife (1903-06) dan Newport Public Sekolah, juga di Fife (1906-08). Dia memasuki Universitas Edinburgh pada tahun 1908 sebagai mahasiswa yang terlibat dalam jurnalisme universitas, termasuk setahun sebagai editor majalah universitas. Setelah lulus pada tahun 1912, Neill meraih gelar M.A. dalam Bahasa dan Sastra Inggris, ia berharap untuk memiliki karir di bidang jurnalisme dan untuk waktu bekerja di penerbitan, pertama di Edinburgh dan kemudian untuk sebuah majalah seni di London.

Kemudian pada 1921, Neill bersama temannya yang berasal dari Austria dan Jerman membuat sekolah internasional di Sonntagberg, pegunungan di Austria bagian bawah. Akan tetapi, kemudian Neill memindahkan sekolahnya ke Inggris di sebuah rumah di atas bukit (hill) di Lyme Regis. Neill memberi nama sekolahnya Summerhill, sebuah nama yang tetap dia pertahankan hingga sekolahnya pindah lagi ke Leiston, Suffolk, Inggris.

Dia menciptakan sebuah komunitas di mana anak-anak dapat bebas dari pengawasan dan kekerasan orang dewasa. Sekolah Summerhill buatannya menjadi terkenal di dunia melalui tulisan dan ceramah Neill, buku-bukunya masih dibaca di seluruh dunia. Pada akhir 60-an, kesuksesan Neill di Summerhill akhirnya diakui dan dia dianugerahi gelar kehormatan dari universitas Newcastle, Exeter, dan Essex. Dia juga diakui dalam 12 pria dan wanita terbaik yang telah mempengaruhi sekolah Inggris selama milenium terakhir oleh Times Educational Supplement

3. Tujuan dibentuknya Summerhill School

Berkumpul dan Berdiskusi

Berkumpul dan Berdiskusi via http://www.summerhillschool.co.uk

Seperti sudah banyak diketahui bahwa Summerhill merupakan sekolah alternatif yang membebaskan, mengandung makna bahwa penyelenggaraan pendidikannya berpedoman pada proses pembelajaran dalam kelas yang menjadikan ruangan kelas itu sebagai dialog kritis dan transformatif.

"Saat saya dan istri pertama saya mulai mendirikan sekolah ini, kami hanya punya satu ide pokok : membuat sekolah ini cocok dengan anak-anak, bukannya membuat anak-anak cocok dengan sekolah."

-A.S Neill

Dengan demikian, A.S Neill membuat Sekolah Summerhill dengan tujuan sebagai berikut :

1) Untuk memberikan pilihan dan peluang yang memungkinkan anak-anak untuk berkembang dengan langkah mereka sendiri dan untuk mengikuti kepentingan mereka sendiri. Summerhill tidak bertujuan untuk menghasilkan jenis-jenis orang muda tertentu, dengan keterampilan atau pengetahuan spesifik yang dinilai, tetapi bertujuan untuk menyediakan lingkungan di mana anak-anak dapat menentukan siapa mereka dan apa yang mereka inginkan.

2) Untuk memungkinkan anak-anak untuk bebas dari penilaian wajib atau dikenakan, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan tujuan mereka sendiri dan rasa pencapaian. Anak-anak harus bebas dari tekanan untuk menyesuaikan diri dengan standar keberhasilan buatan berdasarkan teori utama membesarkan anak dan prestasi akademik.

3) Untuk memungkinkan anak-anak sepenuhnya bebas bermain sebanyak yang mereka suka. Permainan kreatif dan imajinatif adalah bagian penting dari masa kecil dan perkembangan. Permainan spontan dan alami tidak boleh diremehkan atau dialihkan oleh orang dewasa menjadi "pengalaman belajar" untuk anak-anak. Mainkan milik anak itu.

4) Untuk memungkinkan anak-anak mengalami berbagai perasaan bebas dari penilaian dan intervensi orang dewasa. Kebebasan untuk membuat keputusan selalu melibatkan risiko dan membutuhkan kemungkinan hasil negatif. Tampaknya konsekuensi negatif seperti kebosanan, stres, kemarahan, kekecewaan dan kegagalan adalah bagian penting dari perkembangan individu.

5) Untuk memungkinkan anak-anak untuk tinggal di komunitas yang mendukung mereka dan bahwa mereka bertanggung jawab untuk; di mana mereka memiliki kebebasan untuk menjadi diri mereka sendiri, dan memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan masyarakat, melalui proses demokrasi. Semua individu menciptakan nilai-nilai mereka sendiri berdasarkan komunitas di mana mereka tinggal. Summerhill adalah komunitas yang bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Masalah dibahas dan diselesaikan melalui keterbukaan, demokrasi dan aksi sosial. Semua anggota komunitas, dewasa dan anak-anak, tanpa memandang usia, adalah sama dalam hal proses ini.

4. Cara Belajar yang Unik Membebaskan Peserta Didik Memilih Sesuai Minat

Pembelajaran Memasak oleh Murid Summerhill School

Pembelajaran Memasak oleh Murid Summerhill School via https://summerhillschool.co.uk

Dalam Summerhill, para siswanya setiap hari memutuskan bagaimana mereka akan menggunakan waktunya. Mereka dapat bermain dengan teman–teman, kemudian mereka juga dapat saling berdiskusi untuk menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi dan berpikir kritis, mereka dapat dengan sendiri membaca atau melamun, dan mereka dapat memilih untuk menghadiri pelajaran. Setiap harinya anak-anak bebas untuk memilih mana yang akan mereka lakukan. Hal tersebut menjadi pengalaman pribadi bagi anak – anak Summerhill untuk mengambil tanggung jawab penuh.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun memiliki pengajar dan ruang kelas sendiri dengan ruang multi-aktivitas. Di Kelas 1 (usia 5-9), guru dapat memberikan jadwal untuk seminggu, atau mengatur kegiatan dalam menanggapi kebutuhan dan keinginan anak-anak. Kelas 2 (usia 10-12) memiliki daftar di awal semester. Jadwal ini berupa mata pelajaran dan kegiatan atau proyek. Ruang Kelas 1 dan 2 dirancang secara komprehensif untuk memungkinkan anak-anak terlibat dalam aktivitas.

Rentang mata pelajaran formal yang ditawarkan meliputi:

  • Sains – Biologi, Fisika, Kimia
  • Matematika
  • Bahasa Inggris (Bahasa dan Sastra)
  • Jerman, Spanyol, Jepang, Cina
  • Pekerjaan kayu
  • Seni
  • Drama
  • Sejarah
  • Geografi
  • Teknologi musik, pekerjaan DJ, Sesi Studio
  • Teknologi Informasi
  • Vocal Music

Rentang proyek Kelas 2 yang ditawarkan atau disarankan oleh siswa termasuk:

  • Berkebun
  • Studi Bug
  • Whitewings (konstruksi pesawat)
  • The Game of Diplomacy
  • Pelajaran dan Pertunjukan Sulap
  • Psikologi untuk Anak
  • Kecakapan Berpikir dan Permainan
  • Mosaik
  • Fotografi dan Photoshop
  • Jalan-jalan sore
  • Plasticene
  • Pelajaran Game Strategi Komputer
  • Menulis dan membuat video
  • Membuat Putar Radio
  • Catur
  • Macrame
  • Warhammer

5. Kurikulum Khusus yang Dibentuk dalam Summerhill School

Bebas Bersepeda di Hutan

Bebas Bersepeda di Hutan via https://summerhillschool.co.uk

Summerhill bertujuan untuk menyediakan kurikulum yang luas dan seimbang termasuk mata pelajaran inti; Matematika, Bahasa Inggris, Sastra, Sains, TIK, MFL, Seni, Musik dan Sejarah hingga tingkat Pendidikan Menengah.

Setiap guru mempertahankan garis besar kurikulum, yang mereka ulas dan perbarui setiap tahun.

Garis besar kurikulum menjelaskan semua yang tersedia di bidang subjek itu, baik untuk kelas non-ujian dan ujian. Rincian skema pekerjaan yang digunakan diberikan serta metode perencanaan lainnya. Ketidakpatuhan di Summerhill menentukan bahwa garis besar kurikulum harus bersifat fleksibel, mempertimbangkan pola kehadiran dan memungkinkan akses ke kurikulum untuk semua peserta didik, memungkinkan Summerhill untuk memberikan pendidikan yang dipesan lebih dahulu.

Kurikulum nasional tidak digunakan pada setiap tahap di Summerhill. Ini sangat penting untuk menghapus harapan yang berkaitan dengan usia dan menjunjung tinggi filosofi sekolah yang memungkinkan anak-anak untuk berkembang dengan langkah mereka sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya