Jogja, mendengar nama Kota yang satu ini, pasti pikiran kalian langsung terpikir dengan kuliner khas nya kan? Apalagi kalau bukan "Gudeg". Gudeg memang menjadi salah satu kuliner terbaik di Indonesia bahkan sudah mendunia, hal inilah mengapa banyak orang yang tahu Yogyakarta hanya dari mendengar nama gudegnya saja. Selain kulinernya, Yogyakarta juga seringkali menjadi destinasi para wisatawan asing dari luar kota maupun luar negeri, hal ini tentu menjadi pertanyaan, mengapa Jogja?. Karena seperti yang kita tahu bahwa mungkin sebagian besar orang akan berpikir Bali merupakan tempat wisata idaman semua orang, nyatanya sampai sekarang, Jogja juga masih sangat eksis dalam menjaring banyak sekali wisatawan asing.

Dan di artikel ini, saya akan memberikan beberapa alasan kenapa jogja atau Yogyakarta menjadi tujuan favorit atau destinasi tempat wisata para wisatawan dari berbagai belahan dunia khususnya di Indonesia.

1. Transportasi ke Jogja sangatlah mudah, sehingga banyak orang yang tak ragu untuk berkunjung ke Yogyakarta

mudah dan banyaknya pilihan transportasi di yogyakarta via http://hipwee.com

Satu hal yang membuat suatu kota jarang disinggahi adalah karena transportasinya yang sulit dan memakan banyak biaya dan waktu, namun hal ini tidak terjadi pada salah satu kota ikon Indonesia yang disebut sebagai Daerah Istimewa yakni Yogyakarta, untuk menuju kota gudeg yang satu ini, anda akan sangat mudah dalam hal pemilihan transportasi, anda bisa naik pesawat bandara AdiSucipto, bisa melalui 2 stasiun kereta Api yakni Stasiun Tugu dan Lempuyangan dimana kedua stasiun ini memang menjadi salah satu pintu gerbang para wisatawan yang masuk ke Yogyakarta khususnya mereka yang datang dari Kota kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan seluruh kota di Pulau Jawa.

Selain itu banyak juga transportasi pariwisata yang melayani tour di Yogyakarta, sehingga bagi anda yang berada di lokasi jauh dari luar pulau pun sesampainya di Jogja tidak akan kebingungan, dan akses jalan ke Yogyakarta juga terbilang mudah sekali.

2. Terdapat banyak lokasi wisata yang menarik, mulai dari pantainya yang eksotis dan lain-lain

indahnya wisata alam jogja yang begitu eksotis via http://www.jogjaspace.com

Advertisement

Sudah pasti kedatangan para wisatawan untuk menikmati wisata yang ada bukan? Ini juga menjadi salah satu daya tarik kota yogkarta tersendiri dimana kota Jogja memang memiliki banyak sekali wisata menarik mulai dari Museum, taman, pantai, gunung dan masih banyak lagi wisata yang menarik.

3. Adanya Candi Borboudur yang merupakan salah satu Keajaiban Dunia

sunrise borobudur yang mengagumkan via https://www.pegipegi.com

Inilah yang paling terkenal dari Yogyakarta selain gudegnya, yakni Candi Borobudur, Candi Borobudur dinobatkan sebagai salah satu kejaiban dunia yang tentu membuat banyak orang yang penasaran akan seperti apa bangunan candi yang ada di Yogyakarta terutama bagi wisatawan dari luar negeri yang haus akan spot-spot tempat wisata yang menarik. Borboudur bukan hanya sekedar candi, borobudur memiliki cerita sejarah yang sangat menarik untuk diketahui serta terdapat nuansa alam yang sangat luar biasa salah satunya adalah Sunrise di Candi Borobudur seperti gambar dibawah ini:

4. Terdapat Malioboro, sebuah tempat yang sangat menjadi perhatian banyak orang

malioboro area via https://id.wikipedia.org

Yogjakarta memang kaya sekali akan pesonanya yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya, selain kulinernya yang super lezat serta wisatanya yang eksotis, Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu kota suvenir atau oleh-oleh, anda bisa mendapatkan banyak ragam souvenir maupun oleh oleh di kota ini, tepatnya di Malioboro, ini merupakan pasar perbelanjaan modern yang berdekatan dengan pedagang kaki lima, harga barang-barang di malioboro bisa dibilang sangat terjangkau, cocok untuk anda yang suka mengoleksi banyak souvenir atau cendera mata untuk dijadikan kenang-kenangan.

5. Banyak terdapat bangunan sejarah, sehingga menjadi kota yang paling banyak dikunjungi oleh para siswa sekolah

bangunan sejarah yogyakarta via https://commons.wikimedia.org

Satu lagi yang membuat Yogjakarta menjadi salah satu tujuan faforit wisatawan adalah di Yogyakarta terdapat beragam bangunan sejarah yang kaya akan nilai mulai dari Candi, keraton, museum dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat banyak siswa sekolah yang menjadikan kota Jogja sebagai salah satu tujuan wisata sambil belajar sejarah, yang tentu memancing penasaran para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta.

Tunggu apalagi, yuk tuliskan Yogyakarta sebagai destinasi di agenda liburanmu.