7 Hobi yang Nggak Cuma Menyenangkan, tapi Juga Meningkatkan Kecerdasan

hobi menyenangkan dan menambah kecerdasan

Melakukan hobi atau kegiatan yang disenangi adalah hal yang menyenangkan. Selain menyenangkan melakukan hobi juga dapat menjadi hiburan dan pelepas penat setelah melakukan rutinitas harian yang terkadang membuat kita stres. Hobi juga bisa menjadi tempat kita mengsekspresikan diri dan juga bisa mendatangkan keuntungan jika hobi dimanfaatkan sebagai ladang usaha.

Selain menyenangkan dan berbagai manfaat lainya, ternyata ada lho hobi-hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan. Penasaran? Mari simak ulasan berikut.

Advertisement

1. Membaca

Membaca buku

Membaca buku via http://www.pexels.com

Hobi yang satu ini merupakan hobi sejuta umat, karena ketika mengisi kolom biodata yang menanyakan hobi, kebanyakan orang akan menuliskan membaca sebagai hobinya. Entah hobinya memang membaca atau bukan. Hahaha, namun bukan itu yang akan kita bahas sekarang ya.

Selain menyenangkan dan dapat menghilangkan stres, membaca juga dapat meningkatkan kecerdasan lho! Saat membaca, kamu dapat melatih daya ingat dan imajinasimu mengenai hal apa yang kamu baca. Selain itu kamu juga bisa menambah pengetahuanmu dan juga kosa katamu.

Nggak harus membaca buku-buku pengetahuan seperti ensiklopedi, membaca novel atau komik pun kamu juga bisa menambah pengetahuanmu tentang berbagai hal.

2. Bermain alat musik

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Bermain alat musik juga salah satu hobi yang menyenangkan. Dengan bermain musik kamu bisa melepas rasa penat dan juga mengekspresikan perasaanmu. Selain itu, ternyata bermain musik juga bisa meningkatkan kecerdasanmu.

Saat bermain musik, kamu dapat melatih fokus dan daya ingatmu dari nada-nada yang kamu mainkan. Bermain musik juga melatih koordinasi gerak dan motorik halus kamu. Selain itu, kamu juga bisa meraup keuntungan jika hobi yang satu ini kamu salurkan dan jadikan sebagai ladang usaha.

Advertisement

3. Memasak

Memasak di rumah

Memasak di rumah via http://www.pexels.com

Hobi yang satu ini identik dengan kaum perempuan, namun bukan berarti tak ada dari kaum laki-laki yang menyukai hobi yang satu ini. Selain menyenangkan dan dapat memanjakan lidah dengan menikmati hasil masakan yang dibuat, punya hobi memasak juga dapat meningkatkan kecerdasan kamu lho.

Lah kok bisa? Dengan mencoba memasak berbagai resep baru, kamu dapat melatih kreativitasmu dalam berkreasi menciptakan sebuah makanan. Selain itu, memasak juga dapat melatih ketepatan dan mengambil keputusan yang tepat. Jika kamu memiliki hobi yang satu ini dan tertarik menyalurkannya sebagai ladang usaha, kamu bisa meraup keuntungan yang cukup besar.

4. Belajar bahasa asing

belajar bahasa asing

belajar bahasa asing via http://www.google.com

Tak hanya bahasa ibu dan bahasa Indonesia saja yang perlu dikuasai, bahasa asing asing seperti bahasa Inggris juga perlu dikuasai agar memudahkan kita berkomunikasi dengan orang dari luar negeri. Belajar bahasa asing bisa kamu jadikan hobi yang menyenangkan, selain itu hobi yang satu ini juga dapat meningakatkan kecerdasanmu. Dengan belajar bahasa asing selain dapat menambah kemampuan kamu dalam berbahasa, juga dapat menambah kosa kata dan tata gramatikal, dan juga konsentrasi serta daya ingatmu.

Kamu juga dapat menambah wawasanmu dengan juga mempelajari serta kebudayaan asing yang dapat mengubah cara pandangmu terhadap dunia. Agar mudah mempelajari  dan menguasai suatu bahasa asing dengan mudah, kamu bisa memulainya dengan mempelajari dan mempraktekkan percakapan sehari-hari serta menghafalkan kosa kata sederhana yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari hari.

5. Menggambar

Menggambar merupakan salah satu hobi yang banyak disukai oleh banyak orang. Saat kamu merasa bosan, menggambar dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan rasa bosanmu, kamu juga bisa menyalurkan perasaanmu melalui gambar yang kamu buat. Selain seru dan menyenangkan, ternyata menggambar dapat meningkatkan kecerdasanmu. Tak heran banyak komikus, seniman dan animator memiliki intelegensi yang tinggi.

Menggambar dapat melatih imajinasi, kreativitas dan juga konsentasimu. Jika kamu terus melatih hobi menggambarmu dan menyalurkannya sebagai sebuah usaha, kamu dapat meraup keuntungan yang banyak. Selain menggunakan media konvensional seperti kertas dan alat-alat menggambar lainnya seperti pensil, pena dan spidol kamu juga dapat menggunakan media digital.

6. Menulis

Menulis merupakan salah satu hobi yang banyak digemari banyak orang. Kamu dapat mencurahkan perasaanmu melalui tulisan yang kamu buat. Selain itu ternyata hobi yang satu ini bisa menambah kecerdasan kamu juga. Dengan menulis, kamu dapat melatih daya pikir, imajinasi serta melatih konsentrasimu. Tak heran banyak penulis yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi.

Kamu juga dapat meraup keuntungan yang cukup banyak dengan menjadikan hobi yang satu ini sebagai ladang usaha. Kamu bisa menulis cerita pengalamanmu, kisah perjalanan mu, dan pengetahuan yang kamu miliki dan membagikannya ke orang lain.

7. Bermain permainan asah otak

Photo by Engin Akyurt from Pexels

Photo by Engin Akyurt from Pexels via https://www.pexels.com

Bermain permainan yang mengasah otak seperti menyusun lego, bermain puzzle, bermain catur, mengisi teka teki silang, dan berbagai permainan lainnya, selain seru dan dapat meredakan stres, hobi yang satu ini tentunya juga dapat meningkatkan kecerdasan. Dengan bermain permainan yang menuntut kreativitasmu seperti menyusun lego, kamu juga dapat melatih konsentrasi dan kesabaranmu dalam menyusun balok-balok lego menjadi suatu bentuk yang kamu inginkan.

Dengan bermain permainan yang menuntut daya pikir dan konsentrasimu seperti catur dan puzzle, kamu juga dapat melatih problem solving dan cara pandangmu dalam melihat suatu masalah. Dengan mengisi teka teki silang, kamu dapat melatih daya ingatmu, kemampuan berpikir dan menambah pengetahuan dan kosa katamu.

Itulah dia beberapa hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan. Tertarik untuk menjadikannya sebagai hobi baru?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE