Pada saat remaja pasti kamu selalu punya sebuah harapan, untuk menjadi orang yang mapan serta berkeinginan untuk bekerja di tempat yang membuat kamu merasa nyaman.  Namun seiring berjalannya waktu, kamupun tersadar. Bahwa untuk mewujudkan harapan yang sedemikian itu, belum tentu mudah. Karena ada beberapa tahapan yang harus dilewati, dengan menerapkan hal – hal tertentu.

Meskipun begitu, bukan tak mungkin jikalau kamu terus berusaha dan berdo'a. Selama harapan yang kamu perjuangkan itu benar, dan bisa membuatmu menjadi lebih baik lagi kedepannya. Karena suatu saat nanti juga akan terwujud, walaupun membutuhkan waktu sedikit agak lama dari perkiraanmu. Tentunya melalui beberapa hal di bawah ini, akan membantu kamu menjadi lebih dekat dengan harapanmu itu.

1. Kesabaran

Photo by bruce mars

Photo by bruce mars via https://unsplash.com

Saat berada dalam masa proses perjuanganmu meraih harapan. Kamu butuh kesabaran ekstra untuk menikmati masamu berproses tersebut. Apabila kamu tidak mempunyai kesabaran, pasti kamu sudah mundur dan menyerah pada saat masa berproses. Tentunya, kamu tak ingin berhenti ditengah jalan sebelum harapanmu terwujud.

Advertisement

Dan tunggulah dengan sabar, karena harapanmu juga akan terwujud meski bukan saat ini. Poin plusnya kamu akan bertambah bijak, jika menerapkan hal ini dalam hidup kamu.

 

2. Konsisten

Photo by Lgh_9

Photo by Lgh_9 via https://unsplash.com

Terus lakukan atau kerjakan hal yang kamu harapkan secara konsisten, meskipun hasilnya masih belum dapat kamu rasakan. Mungkin sebagian dari kamu, ada yang tahu dan mengerti tentang feedback dari penerapan hal ini. Karena banyak sekali feedback yang akan kamu terima, dari orang-orang di sekitarmu.

Advertisement

Namun, jikalau kamu masih merasa kesulitan untuk menerapkan hal ini. Maka, kamu bisa mulai untuk konsisten dari kegiatan yang paling mudah atau kamu sukai terlebih dahulu. Nantinya, kamu juga akan terbiasa dengan sendirinya.

3. Disiplin

Photo by christina morillo

Photo by christina morillo via https://unsplash.com

Selalu tepat waktu saat janjian bertemu dengan seseorang, ialah contoh dari disiplin terhadap diri dan waktu. Apalagi seseorang terkadang menilaimu lewat hal ini. Beruntunglah, jika kamu sudah menerapkan hal ini sedari remaja hingga saat ini. Karena hal ini akan menjadi nilai plus dimanapun kamu berada.

Apabila kamu malah menerapkan hal yang sebaliknya atau malas terhadap harapanmu sendiri. Maka bisa dipastikan, harapanmu akan #bertepuksebelahtangan. Atau bisa dibilang akan sulit untuk terwujud.

 

4. Bertanggung jawab

Photo by rawpixel

Photo by rawpixel via https://unsplash.com

Pada saat masa berproses, pastinya akan ada berbagai masalah serta rintangan yang datang silih berganti. Tentunya, kamu harus bertanggung jawab untuk menghadapinya. Bukan untuk memilih menghindari masalah dan rintangan tersebut. Apabila kamu masih merasa kesulitan untuk mengahadapinya, cobalah meminta bantuan ataupun saran dari orang terdekatmu.

Tentunya, mereka akan dengan senang hati membantumu mengatasi masalah tersebut. Karena mereka pun berharap, agar di suatu saat nanti kamu bisa mewujudkan harapanmu sedari remaja.

 

5. Kerja keras

Photo by pixabay

Photo by pixabay via https://unsplash.com

Kerja kerasmu pasti akan membuahkan hasil, di suatu saat nanti. Ingatlah selalu terhadap apa yang kamu harapkan sedari remaja, untuk terus bekerja keras. Seperti kata pepatah lama, yang terbilang tentang “usaha takkan menghianati hasil”.

Namun, jika kamu memilih menerapkan hal yang sebaliknya. Maka jangan heran, bila hasil yang kamu harapkan akan mustahil, untuk dapat terwujud di suatu saat nanti.

 

 

6. Berdoa

Photo by daniel xavier

Photo by daniel xavier via https://unsplash.com

Satu hal yang tak kalah penting kamu terapkan ialah berdo'a, agar segala upayamu saat ini dapat membuahkan hasil yang maksimal. Dengan berdo'a, tentunya kamu juga akan dipermudah dalam, menghadapi berbagai masalah dan rintangan yang datang silih berganti. Serta membuatmu lebih tenang, dalam menikmati masa proses perjuanganmu tersebut.

Tentunya dengan menerapkan hal ini, harapanmu tidak hanya #bertepuksebelahtangan karena tak menutup kemungkinan,  bahwa semesta juga akan ikut mendukungmu. Selama hal yang kamu harapkan itu baik dan benar, untuk kamu perjuangkan.

 

Nah tadi itu, ialah beberapa hal yang harus selalu kamu terapkan dalam proses perjuanganmu. Atau barangkali kamu sudah menerapkan beberapa hal seperti diatas saat ini. Maka bisa dipastikan harapanmu tidak hanya #bertepuksebelahtangan. Yang berarti hanya tinggal menunggu waktu saja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya