Biar di Rumah Aja Makin Asyik, Cobain Kuy 5 Resep Makanan Mancanegara Ini. Gampang lho Bikinnya!

resep makanan mancanegara

Sudah lebih dari dua minggu masyarakat Indonesia dianjurkan oleh pemerintah untuk melakukan karantina mandiri atau self-quarantine ditengah pandemi Corona yang melanda sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia. Kebijakan self-quarantine diterapkan untuk menekan penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan manusia tersebut. Berbagai kegiatan, seperti bekerja, belajar, dan beribadah dianjurkan untuk dilakukan di rumah.

Mengingat pandemi Corona masih belum mereda, masa self-quarantine dimungkinkan berlangsung hingga beberapa minggu bahkan beberapa bulan kedepan. Selama dua minggu ini, kamu udah ngapain aja nih? Jangan-jangan masih pada bingung atau justru sudah kebingungan mau melakukan aktivitas apa lagi untuk menghilangkan kejenuhan di rumah.

Salah satu kegiatan produktif untuk mengusir kebosanan di rumah adalah memasak. Mungkin kamu sudah melakukan kegiatan yang satu ini, tapi sudah coba belum memasak makanan dari luar negeri dengan bahan yang sederhana dan mudah dicari? Kamu bisa lho nyobain makanan dari berbagai belahan dunia hanya dengan bahan yang simpel. Mini market dekat rumah kamu atau tukang belanja keliling kompleks jual kok bahan-bahannya. Berikut ini 5 rekomendasi makanan mancanegara yang bisa kamu coba di rumah, pastinya anti-ribet!

Advertisement

1. Okonomiyaki

Hidangan ini berasal dari negeri matahari terbit alias Jepang. Okonomiyaki secara harfiah berasal dari kata okonomi yang berarti ‘apapun yang kamu suka’ dan yaki yang berarti ‘dipanggang’. Dikutip dari National Geographic, terdapat dua jenis gaya memasak Okonomiyaki, yaitu gaya Osaka dengan bahan-bahan yang dicampur menjadi satu atau gaya Hiroshima yang dibuat berlapis. Makanan ini popular di Jepang, terutama di Hiroshima tepat setelah Perang Dunia II karena krisis bahan makanan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Tepung terigu
  2. Telur
  3. Kubis
  4. Daun bawang (garnish)
  5. Wortel/ jagung/ sayuran lain yang kamu suka dan punya
  6. Daging/ bahan makanan laut (udang, cumi, dll)
  7. Garam
  8. Mayonise dan saus sambal (garnish)
  9. Saus Okonomiyaki (opsi)
  10. Minyak goreng

Cara memasak yang lebih mudah dipraktikkan di rumah, yaitu Okonomiyaki versi Osaka. Kamu tinggal mencampurkan semua bahan-bahan (kecuali garnish, saus okonomiyaki, dan minyak goreng). Lalu, dipanggang diatas teflon dengan minyak goreng secukupnya. Sudah deh! Gimana? Tertarik untuk coba masak?

2. Brigadeiro

Ini merupakan hidangan penutup asal negeri Tango alias Brazil yang berbahan dasar cokelat. Hidangan berbentuk seperti bola ini umumnya disajikan dengan porsi satu gigitan. Sama seperti okonomiyaki, brigadeiro popular tepat setelah Perang Dunia II. Dikutip dari berbagai sumber, hidangan brigadeiro muncul ketika Brigadier Eduardo Gomes melakukan kampanye pemilihsan calon presiden Brazil pada masa itu. Unik banget ya? Bahan-bahannya ga susah loh. Kamu hanya perlu menyiapkan

Advertisement
  1. Susu kental manis putih
  2. Cokelat bubuk/ susu cokelat bubuk (pengganti)
  3. Butter/ margarin (pengganti)
  4. Air secukupnya
  5. Meses/ keju (pengganti/ varian lain)

Cara memasaknya mudah kok. Kamu cuma perlu panaskan butter/ margarin, susu kental manis, cokelat bubuk, dan air secukupnya diatas panci. Setelah mendidih, tuang adonan pada wadah yang lebar dan diamkan disuhu ruangan hingga bertekstur seperti dodol atau jenang. Setelah itu, langsung dibentuk bola-bola deh adonannya yang kemudian dilapisi meses atau keju agar terlihat cantik. Perlu diingat ya guys, brigadeiro merupakan hidangan yang disajikan dingin. Jadi, setelah dibentuk, langsung masukkan lemari pendingin agar lebih nikmat saat dimakan.

3. Nalesniki (pancake kentang)

Nalesniki merupakan hidangan yang cukup populer di Middle-East Europe, seperti Polandia, Ceko, Slovakia, dan sekitarnya. Sebenarnya, nalesniki merupakan terjemahan dari pancake dalam bahasa Polandia. Yang membuat pancake ini berbeda adalah ditambahkannya kentang dalam adonan. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti

  1. Kentang (diparut)
  2. Tepung terigu
  3. Bawang putih
  4. Telur
  5. Garam dan lada hitam
  6. Air
  7. Wortel/ bawang bombay/ sayuran lain (opsi)
  8. Minyak goreng

Adonan dibuat dengan mencampurkan semua bahan. Lalu, goreng adonan diatas penggorengan dengan minyak yang panas. Setelah berwarna kecokelatan, tiriskan dan sajikan deh. Mirip goreng bakwan kan?

4. French Toast

Bosen tiap makan roti tawar cuma ditambah margarin dan selai aja? Cobain mengolah roti tawar cara orang Perancis yuk! Yup, namanya French Toast. Hidangan ini populer di Eropa, khususnya Perancis. FYI, French toast sudah ada sejak Kekaisaran Romawi loh. Lama juga ya…. Bahan yang kamu perlukan untuk membuat hidangan ini, yaitu

  1. Susu cair putih
  2. Telur
  3. Ekstrak vanila (opsi, tapi dianjurkan karena ini yang jadi ciri khas French toast)/ cokelat bubuk (pengganti)
  4. Bubuk kayu manis
  5. Garam secukupnya
  6. Butter/ margarin

Adonan dibuat dengan mencampurkan susu cair putih, telur dan ekstrak vanila/ cokelat bubuk. Kemudian celupkan roti kedalam adonan tersebut. Lalu panggang dengan diberi butter atau margarin agar frying pan tidak lengket. Simpel banget kan? Kalian bisa tambahkan buah, madu, gula bubuk, atau whipped cream sebagai garnish. Tentunya kalau kamu punya ya!

5. Sandwich

Sandwich merupakan makanan yang asal usulnya cukup unik loh. Istilah sandwich berasal dari nama seorang aristokrat Inggris abad ke-18 bernama John Montagu, 4th Earl of Sandwich, yang sangat gemar bermain kartu. Beliau tidak ingin waktu makannya menyita waktu bermain kartunya sehingga memilih untuk memakan daging yang dijepit dengan dua potong roti agar tidak mengotori tangan sekaligus praktis.

Seiring perkembangannya waktu, hidangan sandwich memiliki berbagai variasi. Tidak hanya roti dan daging saja, melainkan ditambah sayuran pula. Berikut adalah bahan yang diperlukan untuk membuat sandwich

  1. Roti tawar
  2. Daging potong tipis
  3. Selada (opsi)
  4. Timun (opsi)
  5. Keju (opsi)
  6. Tomat (opsi)
  7. Bawang bombai (opsi)
  8. Butter/ margarin

Kamu hanya perlu memanggang daging hingga matang dan roti hingga sedikit kecokelatan diatas teflon yang sudah diberi butter/ margarin. Setelah itu, susun semua sayuran, daging, dan keju diantara dua buah roti. Sandwich pun siap untuk disantap!

Itu dia 5 rekomendasi makanan mancanegara yang bahannya mudah dicari dan gampang masaknya. Dari 5 makanan diatas, favorit kamu yang mana nih? FYI, kalian bisa cari lebih lengkap tutorial memasaknya di Youtube ataupun media sosial lainnya. Kalau ada bahan yang sulit dicari, ga usah maksa buat cari ya…. Seadanya aja! Semoga artikel ini bisa jadi sumber inspirasi memasak kamu ditengah pandemi Corona. Jangan lupa coba masak ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE