Waktu adalah sahabat serta musuh terbesar dalam hidup kita; bagaimana cara kita "menjinakkannya" atau bagaimana ia "menjinakkan" kita. Generasi muda adalah mangsa terbesar bagi monster waktu karena ia memperdaya indahnya sebuah kesenangan sehingga mampu menutup mata; melupakan prioritas utama dalam hidup; hingga akhirnya tersadarkan bahwa kita tak lagi "muda" untuk raih mimpi-mimpi.

Generasi muda adalah petarung hebat yang harus ditempa dengan cara yang hebat pula. Berani bermimpi merupakan langkah awal untuk menciptakan mimpi itu menjadi nyata melawan pergumulan waktu.

1. Gambar mimpimu

Cobalah gambar mimpi-mimpi yang telah kau bayangkan kemudian resapi benarkah engkau ingin mewujudkannya? Bagaimana konsekuensi yang akan engkau hadapi kelak? Semua itu sebuah keharusan namun jurus utama yang perlu dilakukan adalah manajemen waktu.

Bagaimana engkau akan melakukan langkah-langkah kecil itu untuk mencapai sebuah langkah besar? Sebuah hal yang wajar ketika melihat seseorang menjadi orang sukses timbul rasa "cemburu"; bagaimana bisa apapun yang dilakukan terus berhasil seperti tangannya mengandung dewi keberuntungan? Namun, pernahkah terpikirkan bagaimana ia melewatinya; bahkan pernah bertanya berapa jam ia menghabiskan untuk tidurnya atau bagaimana mempertahankan konsistensi waktu yang telah terjadwal dengan baik?

Kita generasi muda adalah manusia imaginasi tanpa batas, yang masih memiliki kekuatan maksimal serta waktu yang masih bersahabat dengan kita. Mulai dari sekarang mengatur waktu sebaik mungkin, tentukan prioritas, list apapun yang akan kita kerjakan dan jangan lupa evaluasi dari list yang kita kerjakan sudah maksimal atau masih membutuhkan perbaikan.

2. Tentukan prioritasmu

Advertisement

Bekerja? Belajar? Usaha? Menikah? Keluarga? Mana hal yang harus diutamakan?

Coba dipikirkan dengan seksama mana yang harus diutamakan. Semua harus diutamakan karena semua andil dalam hidup kita. Satu hal yang harus diingat semua hal itu adalah ibadah. Jadi siapapun yang bersungguh-sungguh dia yang mendapatkannya, Allah telah menjamin itu semua.

Semua hal itu adalah lingkaran hidup. Hal utama yang menjadi tolak ukur adalah dari mana kita memulainya dan berlaku sebaik-baiknya pada hal tersebut. Ingat! Semuanya berdampak pada kehidupan kita. Ketika kita mulai memilih langkah awal, jadikan itu sebagai prioritas.

Bagaimana dengan hal lainnya? Jika sudah mampu mengendalikan suatu prioritas, silakan ambil prioritas lainnya. Apapun pilihan yang kita ambil, lakukanlah dengan sungguh-sungguh karena proses tidak pernah membohongi hasil.

3. Nikmati pilihanmu

Bersungguh-sungguhlah dalam pilihan, jatuh cintalah pada sesuatu yang telah dipilih; baik itu belajar, bekerja, keluarga maupun menikah.

Gunakanlah seutuhnya jiwa di dalamnya maka rasa lelah akan mudah hilang dengan keberhasilan yang luar biasa. Terbarkan manfaat dari hasil yang kita dapatkan. Bukankah itu merupakan penghargaan yang terbaik buat diri, ketika kita menjadi salah satu alasannya tersenyum seseorang?

Apapun yang telah kita lakukan, tularkan manfaat dan berilah pertolongan pada yang lainnya. Percayalah, hal itu justru berbalik pada kita dan kemudahan-kemudahan lainnya akan datang pada kita. Jangan pernah lakukan sesuatu kerena paksaan karena hal itu hanya menyiksa hati, membuang waktu dan memperburuk keadaan; diri akan jauh dari kebahagiaan.

4. Ukir senyummu

smile motivation via https://www.google.com.tw

Proses adalah kombinasi suatu perlakuan, rasa, sebab akibat terbentuknya suatu kejadian atau hal yang diinginkan ataupun tidak. Pepatah lama mengatakan, "Apa yang engkau tanam itulah yang akan engkau tuai kelak." Jadi apapun hal yang terjadi pada kita hari ini ada hukum sebab akibatnya untuk kita mencapai kelevel lebih tinggi atau sebaliknya; untuk kita menjadi bersyukur atau sebaliknya mawas diri.

Tersenyumlah! Apapun yang akan dihadapi pasti ada jalan keluarnya karena Allah menjaminnya. So, tersenyumlah apapun yang terjadi hari ini karena hari ini milikmu. Tersenyum dapat mengubah segalanya. Ketika kita tersenyum orang lainpun akan tersenyum pada kita secara spontan. Cukup menyejukkan buat penghibur hari-hari kita, bukan?

Tersenyumlah untuk waktu yang diberikan kepada kita, tersenyumlah untuk orang-orang terbaik sekitar yang diberikan untuk kita, tersenyumlah untuk proses pendewasaan yang diberikan pada kita dan sekali lagi tersenyumlah untuk diri kita sendiri untuk sebuah pencapaian yang kita dapatkan; bersyukur untuk udara yang masih bisa kita hirup saat ini.

5. Lakukan inginmu

Apapun jurus ampuh yang telah diajarkan, jika tidak diaplikasikan, hasilnya adalah nol besar.

Inti dari semua jurus adalah melakukannya, melakukannya, melakukannya. Ingat! Konsistensi akan menghasilkan buah yang luar biasa. Apapun mimpi yang digambarkan, apapun yang menjadi prioritas, apapun yang menjadi pilihan semua itu tak akan menjadi nyata "jika kau tak melakukan inginmu".

Tunggu apalagi? Lakukan inginmu karena kita tidak tahu batas waktu yang diberikan pada kita. Hmm, mungkin bisa juga kalian tambahkan dengan sedekah agar amal ibadahmu menjadi lebih berkah 🙂

Semangat generasi muda adalah semangat yang seharusnya membara. Yakinlah bahwa kita bisa karena kita mau.