Semua orang itu punya bakat nulis sejak kecil, tanpa disadari memang.. karena sebagian dari kita lebih sibuk untuk mengurusi hobi lain yang lebih menarik. Seperti pada umumnya anak cowok yang memilih bermain mobil-mobilan dan merakitnya, atau anak cewek yang lebih senang mengganti baju-baju barbienya dengan yang lebih kece. Tapiii di sisi lain, saat sedang serius dimeja belajar, mereka seakan lupa dengan kesenangannya masing-masing, dan larut dengan lembaran-lembaran kertas yang mereka coret, mereka gambar, dan mereka tulis apa saja.

Yapp.. semua dari kita sebenarnya bisa menulis, tapi mungkin belum ketemu aja kemana arah tulisannya. Entah itu fiksi, cerpen, puisi, atau mungkin kumpulan artikel-artikel menarik seperti yang ada di Hipwee. Tapi percaya deh, kita semua ini punya bakat nulis lhoo, tinggal gali-gali potensi ajaa.

1. Menulis Saat Sekolah.

senang banget pas ada PR mengarang via http://www.nyoozee.com

Masih ingat nggak saat guru bahasa kasih PR mengarang indah hingga tiga halaman bukumu saat usai liburan sekolah. Secara tidak langsung kamu sedang fokus dengan ide-ide yang ada di pikirannmu untuk memulai cerita apa dan dikasih judul apa. Kamu punya bakat menulis novel tuh kalo kamu tekuni.

2. Menulis Diary.

curahan hatimu bisa jadi karya via http://www.rosediana.net

Saat ABG pernah dong nulis diary tiap malam, apalagi liat gebetan punya pacar baru dan menggalau deh malam harinya. Hehehe, tanpa sadar kamu sedang menekuni arah tulisanmu kepada sebuah novel teenlit atau cerpen-cerpen cinta yang ada di majalah-majalah. Ayoo, gali lagi.

3. Menulis Skripsi.

Advertisement

fase kritis / sibuk tingkat dewa via http://dicari-saja.blogspot.co.id

Buat yang udah melewati fase kritis ini, alias fase dimana menjadi kurus dan nggak terawat, muka berminyak, sepatu kucel, dan tas paling berat, berarti kamu sudah layak untuk menjadi penulis karangan ilmiah. Eit.. eit.. ini cuma yang buat skripsinya mati-matian bikin sendiri yaa, bukan dibikinin orang lain trus bayar 3 juta.. hihiii…

4. Menulis To Do List.

belajar bikin judul menarik biar semangatt via http://suksesmenjadino1.blogspot.co.id

Saat jadwal mulai padat, nggak ada salahnya bikin to do list buat alarm pengingat kalau janji meeting sudah padat, jangan ditambah lagi dengan ngopi-ngopi sambil ngegosip yang cuma buang-buang waktumu. Biar lebih semangat walau jadwal padat, bumbui dengan cerita-cerita unik dibawahnya. Hmmm.. sepertinya kamu berbakat menjadi layouter atau copywriter nih.

5. Menulis Pekerjaan Di Kantor.

walau jadul, tapi banyak manfaatnya via http://www.bintang.com

Enggak saat sekolah, saat kuliah, sekarang udah masuk dunia kerja kamu masih aja berkutat dengan tulisan-tulisan. Coba deh kamu nikmati anugerah ini, dan jadilah penulis sejati dengan berbagi pengalaman-pengalamanmu ini.

6. Menulis Status Di Sosmed.

yang ini sering kan?? via photo via http://www.popsugar.com

Kalo diantara 1 sampai 5 tidak ada jiwamu sebagai penulis, mungkin yang satu ini membuat kamu berkata “oh iya..”. siapa sih yang nggak pernah nulis status di akun sosial media miliknya, seminim-minimnya kamu pernah dong nulis sesuatu terus di komenin banyak temanmu, dan kamu juga balas komen mereka hingga timbulah percakapan seru hingga lupa waktu. Kenapa nggak coba bikin cerpen aja sih.

Intinya, bakat itu tidak akan ada jika tidak digali. Yuk coba-coba dulu di Hipwee, tulisanmu berkesempatan dibaca lebih dari ribuan orang lho, itu udah lebih dari cukup dan membuat bangga.