Mulai dari kota, panorama alam, sampai orang-orangnya akan membuat kamu auto-bahagia!

Kalau ditanya mau kemana kalau travelling ke UK, pasti kebanyakan dari kita bakal jawab destinasi-destinasi yang ada di London. Padahal layaknya Indonesia, United Kingdom tuh beragam banget dan punya pesona sendiri, contohnya bagian North East England (Timur Laut Inggris).

Bagian negara Inggris yang mencakup daerah Northumberland, Tyne and Wear, dan County Durham ini menyajikan PAKET LENGKAP TUJUAN TRAVELLING KAMU (Kukasih bold dan capslock untuk memastikan kamu harus ke sana). Nggak percaya? Pengalaman penulis tinggal selama tiga belas bulan disana bakal meyakinkan kamu kalau hashtag #AyoKeUK jangan cuma muter-muter di ibukota saja. Nih simak baik-baik ya penjelasan PAKET LENGKAPNYA!

1. Kota yang super menawan

Newcastle upon Tyne

Newcastle upon Tyne via http://northern-horizons.co.uk

Cukup tiga jam naik kereta dari London, kamu akan disambut dengan tujuh jembatan megah yang berdiri tegak di atas sungai Tyne yang menandakan kamu sudah sampai di Newcastle Upon Tyne. Mengawali petualangan Timur Laut Inggris kamu sebaiknya dimulai di kota ini. Bukan hanya karena kotanya memiliki bangunan-bangunan cantik dan bersejarah, namun juga karena mudahnya akses transportasi menuju daerah lainnya.


Pergi ke Quayside untuk menikmati pesona sungai Tyne dan sekitarnya bisa menjadi awal yang sempurna saat kamu menginjakkan di kota pecinta sepakbola ini.


Advertisement

Apalagi kalau kamu datang di hari Minggu, kamu bisa berputar-putar di pasar tumpah yang berjejer sepanjang sisi sungai. Mulai dari pakaian sampai makanan khas Inggris dapat kamu temukan di sini, bahkan ada lho kios masakan Indonesia yang rutin hadir! Tur kota kamu dapat lanjutkan dengan mengunjungi museum unik layaknya Discovery Museum dengan ragam hiburan atraktifnya, kemudian disusul dengan Eldon Square dan City Centre untuk menikmati pusat kota khas Britania Raya sampai berfoto dengan landmark yang anti-mainstream seperti Grey's Monument atau Angel of The North.

Selain Newcastle, masih banyak kota lain yang bisa dijelajahi seperti Sunderland atau Durham. Sebaiknya Durham menjadi another top city list yang harus kamu kunjungi karena suasanya kotanya yang indah dan damai. Apalagi kalau kalian adalah fans berat Harry Potter, Durham Castle dan Durham Cathedral wajib kalian kunjungi karena dua tempat itu digunakan Daniel Radcliffe dan lainnya untuk syuting lho!

2. Pantai yang unik

Ketika kamu biasanya bersiap untuk memakai baju minim untuk pergi ke pantai, lakukanlah hal sebaliknya untuk menikmati tepi laut Tynemouth. Jaket tebal dan baju berlapis kalian butuhkan untuk menghadapi angin pantai yang cukup menantang. Dari Newcastle, kamu hanya cukup membeli tiket metro dan voila! Kurang dari sejam di dalam kereta kalian akan sampai di tempat yang sudah menawarkan suasana berbeda.

Advertisement


Tak hanya pantai yang indah yang menjadi objek utama saat di Tynemouth, kastil dan kotanya juga sangatlah memanjakan mata. Datanglah ke Tynemouth Castle and Priory untuk melihat sisa sejarah Inggris dengan nilai estetika yang luar biasa.


Apabila lapar sudah menyerang, tak ada yang akan mengalahkan fish and chips di sini. Segarnya ikan yang tak tertandingi dengan resep tradisional asli Inggris, membuat semua F&C yang pernah kamu coba di berbagai restoran menjadi tak ada apa-apanya. Selain Tynemouth, Whitley Bay bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi apabila ingin mendapatkan sensasi unik pantai Inggris utara dengan angin yang dapat menerbangkan topimu dalam sekali hembusan.

3. Panoramanya bakal membuat takjub!

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via http://www.facebook.com

Tak akan cukup jari tangan dan kaki sepertinya untuk menjumlahkan pesona alam yang ada di daerah Timur Laut Inggris. Mulai dari taman nasional Northumberland, sensasi pulau terpencil di Holy Island, desa-desa indah seperti Hexham, sampai gabungan pesona alam dan landmark terkenal layaknya Alnwick Castle yang dipakai juga syuting berbagai film blockbuster.

Jaminan dapat melihat bintang malam bertaburan yang indah, domba-domba berkeliaran dan berbagai atraksi alami yang disuguhkan harusnya membuat kamu tak ragu lagi untuk mengeksplor berbagai daerah ini saat melancong ke Inggris. Percaya deh!

4. Orang-orangnya ramah Lho

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via http://www.facebook.com


"Northerners are more likely to give visitors a warm welcome than people in London and the south east, according to a new survey." – Telegraph


Sudah bukan mitos lagi kalau orang di bagian Utara Inggris jauh lebih ramah di Selatan. Kamu bakal ngerasain deh sehabis travelling beberapa hari di London kemudian berwisata ke Durham atau Newcastle upon Tyne, kualitas dan kuantitas keramahan yang ditunjukkan oleh pelayan restoran bahkan orang asing jauh berbeda. Apalagi saat kamu mampir ke desa kecil, keramahan orang Utara akan makin terasa.

Pengalaman penulis saat menginap di desa kecil bernama Wooler benar-benar tak terlupakan. Kami dijamu di motel sederhana dengan sangat ramah dan tak jarang juga kami melempar senyum dan sapa saat bertatap mata dengan orang asing di jalan. Walau istri saya berhijab, cara mereka memperlakukan kami tak ada bedanya dengan turis lainnya (kecuali anak-anak kecil di kios es krim yang mencuri pandang ke istri saya karena penasaran hehe). Pokoknya Auto-Bahagia!

5. Acara-acaranya super keren!

The Great North Run

The Great North Run via http://revitalise.org.uk

Tahukah kamu kalau half marathon terbesar di dunia diadakan tiap tahunnya di Newcastle? Atau Festival Balon Udara di Durham? Hmm, pernah merasakan festival musik di pulau terpencil seperti Lindisfarne Festival? Kalau kamu pintar-pintar memilih tanggal liburan, kamu bisa merasakan special event seperti itu dan bahkan banyak lagi yang lainnya. Beberapa kali dalam setahun kamu bahkan bisa melihat parade dengan beragam tema melintasi jalan-jalan kota. Maka sekarang cocokkan tanggal cutimu dan #AyoKeUK

Gimana? London tentu bisa jadi pilihan utamamu saat sampai, tapi satu atau dua hari cukuplah berwisata di ibukota. Setelah itu, packing barangmu dan bersiaplah melanjutkan perjalanan mu untuk menikmati Timur Laut Inggris!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya