Serasa Lagi Liburan, Intip 6 Desain Kamar Tidur Keren Bak Hotel Berbintang!

Inspirasi Kamar Tidur Mewah

Dalam situasi pandemi kayak gini, staycation jadi kegiatan rekreasi atau liburan pilihan buat banyak orang. Tinggal selama beberapa hari di kamar hotel yang nyaman, tiduran di kasur yang empuk, sarapan gaya buffet di restoran hotel, bisa berenang, nge-gym, dan menikmati fasilitas hotel berbintang lainnya.

Rasanya lebih aman dan enggak terlalu was-was sama keadaan pandemi yang serba enggak pasti ini. Tinggal di kamar pribadi dengan kontak yang minimal sama orang lain. Lingkungan baru yang terasa beda dari kamar tidur di rumah juga bikin staycation menyenangkan buat dilakukan.

Waktu sampai rumah lagi, rasanya kamar jadi biasa banget dan ngebosenin, ya. Mungkin kalian bisa bawa pengalaman staycation ke rumah sendiri. Caranya, ya, mendekorasi kamar tidur jadi seperti di hotel berbintang.

Selama ada budget-nya, mendekorasi ulang kamar tidur buat punya suasana kamar hotel bisa dibilang cukup mudah. Ada beberapa formula yang umum dilakukan sama hotel ketika mendekorasi kamarnya.

Mulai dari jenis dan ukuran tempat tidur, bantal, sprei, furnitur pendukung, pencahayaan, sampai desain kamar mandi dalam di kamar tidur. Begitu kalian udah tahu sama trik-trik ini, kalian mungkin bakal lebih ngerti kenapa kamar hotel terasa lebih nyaman daripada kamar tidur biasa.

Dekoruma kasih enam inspirasi desain kamar tidur bernuansa kamar hotel berbintang yang bisa banget kamu terapin buat kamar tidur di rumah. Siapa tahu bisa hemat biaya staycation karena tidur di kamar sendiri udah berasa kayak tidur di kamar hotel, kan.

Advertisement

1. Cat Tembok Warna Terang, Lantai Full Karpet, Jendela Besar, dan Kamar Mandi Dalam. Definisi Tradisional Kamar Hotel Berbintang Kekinian

Sumber: Apartment Therapy

Sumber: Apartment Therapy via https://www.apartmenttherapy.com

Setiap nginep di hotel, umumnya fitur-fitur ini pasti kelihatan di kamar hotel. Cat dinding yang dibuat terang memakai warna-warna netral dan monokrom, terutama putih. Terus, jendela juga dipasang yang ukurannya besar dan menghadap ke pemandangan.

Enggak lupa vitrase dan tirai yang tebal yang bisa menghalau sebagian besar sinar matahari ke dalam kamar supaya istirahat di siang hari lebih nyaman dan nyenyak. Kebanyakan kamar hotel juga masih pakai lantai karpet supaya lebih empuk di kaki, hangat, dan elegan.

Advertisement

Kalian bisa banget bermain sama warna, tekstur, dan motif karpet. Seperti motif chevron pada foto di atas. Tentu aja dengan kamar mandi dalam yang lengkap. Tren kamar mandi hotel kekinian adalah jendela besar transparan yang dipasang di sebelah bathtub atau shower buat suasana yang lebih intim dan romantis.

2. Kamar Tidur Ala Hotel Enggak Lengkap Tanpa Kamar Mandi Ala Hotel Juga. Kamar Mandi Lengkap Buat Relaksasi Maksimal

Sumber: Hansgrohe

Sumber: Hansgrohe via https://www.hansgrohe.com

Selain kamar tidur hotel yang mewah dan nyaman, daya tarik menginap di hotel juga kamar mandinya. Apalagi kalau kamar mandinya punya bathtub. Bak mandi udah jadi furnitur wajib yang dimiliki kamar mandi hotel berbintang.

Advertisement

Desain kamar mandi pun fleksibel mengikuti desain interior kamar tidur, tapi kamar mandi ala hotel adalah kamar mandi yang punya kelengkapan-kelengkapan ini: bathtub berukuran besar buat bersantai, walk-in shower yang luas, sama wastafel dengan permukaan konter marmer.

Terus jangan lupa printilan-printilan yang semakin bikin nuansa kamar mandi hotel kentara kayak jubah mandi (bathrobe) warna putih, handuk putih tebal khas hotel, dan perlengkapan mandi yang lengkap dan beraroma wangi.

3. Area Duduk Atau Ruang Tamu Bak Presidential Suite Hotel Berbintang. Bisa Jadi Tempat Buat Bersantai dan Me-time di Kamar Tidur

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Kamar hotel bertipe suite biasanya punya ukuran yang lebih besar dari kamar tidur hotel pada umumnya. Enggak cuma punya area tempat tidur, kamar mandi dalam, dan wardrobe, kamar tipe suite juga biasanya punya area ruang tamu atau ruang keluarga sebagai area duduk. Bahkan, beberapa kamar suite juga punya dapur dan ruang makan.

Kalian bisa meniru tata ruang ini dengan menambahkan area duduk di kamar tidur di rumah. Pasang sofa dengan beberapa ukuran (sofa tiga tempat duduk, dua tempat duduk, dan single), coffee table, serta dekorasi tambahan seperti nakas, lampu meja, dan lain-lain.

Di hotel, fungsi area duduk ini biasanya untuk menerima tamu. Di rumah, kalian bisa fungsikan ini buat jadi ruang keluarga. Hadapkan ke arah meja TV supaya bisa jadi tempat buat nonton, baca buku, atau duduk-duduk santai sambil minum kopi di pagi atau sore hari.

4. Formula Pemilihan Kasur Hotel yang Selalu Dipakai. Kasur yang Tinggi dan Tebal, Sprei Warna Putih, Linen, Bantal, dan Perlengkapan Tidur Lengkap

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Buat kalian yang sering staycation pasti ngeh, kan, kalau kebanyakan tempat tidur hotel itu warnanya putih. Kalaupun ada warna tambahan, biasanya fungsinya cuma buat aksen aja yang disesuaikan sama warna-warna pada dekorasi kamar tidur hotel.

Sebenarnya, standar warna putih pada kasur dan sprei hotel supaya gampang untuk melihat noda dan kotoran ketika akan dicuci. Tapi, kasur warna putih emang kasih tampilan visual yang bersih dan nyaman.

Bukan cuma sprei yang putih, kasur hotel juga terkenal besar dan empuk. Minimal ukuran queen size untuk kenyamanan maksimal. Tingkat keempukannya juga lebih mengarah ke soft sampai medium.

Kasur hotel juga biasanya dipasangi berbagai linen mulai dari bed cover, quilt cover, dan juga bantal berbagai ukuran yang sama empuknya sama kasur.

5. Desain Interior Kamar Tidur Bernuansa Modern Tropis. Hadirkan Suasana Kamar Tidur Resort Atau Villa Berbintang yang Mewah

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Bukan cuma hotel yang berlokasi di gedung bertingkat aja, kalian juga bisa ambil inspirasi dari hotel-hotel berbintang bergaya resort atau villa dari destinasi wisata tropis kayak Bali atau Lombok. Interior design kamar hotel gaya ini biasanya adalah Modern Tropis.

Kamar tidur didominasi sama material kayu. Mulai dari rangka tempat tidur, lemari pakaian 3 pintu atau pada area walk-in-closet, kabinet, sampai aksen balok kayu pada plafon yang memperkuat nuansa tropis dari kamar tidur.

Yang enggak kalah penting, akses pintu dan jendela kaca besar yang mengarah ke taman atau kolam renang. Jadi, kalau rumah kalian punya kolam renang dan taman besar, pastikan kamar tidur ala resort punya akses langsung ke sana.

6. Tambahkan Suasana dan Karakter Artsy yang Berselera Tinggi. Elemen Dekorasi Seni di Kamar Tidur Bergaya Hotel Berbintang

Sumber: Studio McGee

Sumber: Studio McGee via https://studio-mcgee.com

Tak kalah penting dengan furnitur-furnitur utama dan desain interior lainnya, elemen seni juga jadi bagian penting dari kamar tidur bernuansa hotel. Terutama bagi hotel-hotel butik mewah kekinian, dekorasi dan karya seni kontemporer penting untuk hadir di kamar tidur.

Misalnya, lukisan di atas tempat tidur dan beberapa sudut kamar tidur lainnya. Kemudian, berbagai ornamen, patung, bahkan sampai dinding mural yang dipasang di dalam kamar tidur.

Punya kamar tidur yang desainnya seperti hotel berbintang pasti bakal selalu terasa nyaman, mewah, elegan, trendi, dan tentunya menyenangkan. Dengan budget dan strategi yang tepat, kamar tidur bak hotel berbintang bukan mimpi dan bisa diwujudkan, kok!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE