Travel is never a matter of money, but of courage - Paulo Coelho

United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland alias United Kingdom yang biasa disingkat menjadi UK. Negeri tempat lahirnya olahraga sepakbola, musik brit pop, dan bahasa resmi internasional yaitu Bahasa Inggris. Banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang jatuh cinta dengan negeri ini dan ingin sekali berkunjung ke sana namun terhalang oleh bermacam-macam hal seperti biaya yang mahal, tidak punya waktu untuk berlibur, masalah visa, keterbatasan bahasa, dan lain sebagainya.

Kalau kamu termasuk ke dalam orang-orang beruntung yang dapat berkunjung ke UK, maka kamu wajib untuk mengetahui hal-hal dibawah ini sebelum kamu berangkat kesana.

1. UK bukan hanya Inggris

Ke-4 Negara UK

Ke-4 Negara UK via https://www.slideshare.net

Kalau ada orang asing yang menyebut orang Indonesia sebagai orang Bali, mungkin kita akan sedikit tersinggung. Indonesia bukan hanya Bali, bro! Demikian pula reaksi orang UK saat kita menyebut mereka sebagai Englishman atau orang Inggris. FYI, UK terdiri dari 4 negara yaitu England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland.

Masing-masing penduduknya punya sebutan tersendiri, England – English, Scotland – Scottish, Wales – Welsh, dan N. Ireland – Irish. Orang Irish akan marah jika disebut sebagai orang English, dan juga sebaliknya. Jadi, kalau kamu tidak yakin mereka berasal darimana, cukup sebut mereka sebagai British. Dan jangan sekali-kali berkata kamu sedang berada di England saat kamu sedang berkunjung ke Edinburgh (yang berada di Scotland) atau Belfast (yang berada di N. Ireland).

2. Nama-nama yang sering salah dilafalkan

Wor-ces-what?

Wor-ces-what? via https://www.google.co.id

Advertisement

Meskipun UK adalah tempat asal muasal Bahasa Inggris, ada beberapa kata atau nama yang pelafalannya cukup membingungkan bagi mereka yang berasal dari luar UK, padahal mereka sama-sama berbahasa Inggris lho! (contohnya AS, Singapore, dan lain-lain). Kata-kata yang pelafalannya unik tersebut dikenal dengan istilah counterintuitive pronunciation. Dibawah ini adalah daftar nama dengan counterintuitive pronunciation yang sering dijumpai di UK. Apakah kamu sudah bisa melafalkan semuanya dengan benar?


  • Worcestershire – dibaca wus-ter-shwa bukan wur-ses-ter-syair

  • Leicester – dibaca les-ter bukan ley-ses-ter

  • Gloucester – dibaca glos-ter bukan glow-ses-ter

  • Greenwich – dibaca gren-ich bukan grin-witch

  • Marylebone St. – dibaca mar-li-bon bukan meri-le-bon

  • Reading – dibaca red-ing bukan read-ing

  • Thames – dibaca temz bukan theims

  • Edinburgh – dibaca edin-brah bukan edin-burkh

  • Magdalen College – dibaca maud-lin bukan mag-da-lin

  • Leominster – dibaca lem-ster bukan leo-min-ster

  • Fowey – dibaca foy bukan fou-ey

Masih banyak lagi nama lainnya, namun nama-nama diataslah yang lazim ditemui saat kamu berada di UK. Oh ya satu lagi, berdasarkan pengalaman pribadi teman penulis yang sering salah ucap, kata Quay itu dibaca kiy, bukan kwey, lho!

3. Tempat wisata gratis yang tidak boleh kamu lewatkan

The British Museum

The British Museum via https://www.visitlondon.com

Advertisement

UK merupakan salah satu tujuan wisata termahal di dunia, tapi tidak berarti kamu harus menghabiskan banyak uang saat berkunjung kesana. Banyak tempat menarik di UK, terutama di kota London, yang tidak memungut bayaran apapun dari pengunjungnya alias gratis. Kalau kamu ingin menghemat ongkos perjalananmu, catat nama-nama tempat berikut ini yang dapat kamu kunjungi secara cuma-cuma.


  • The British Museum, London - Tempat wisata gratis yang paling banyak dikunjungi di kota London. Mengandung mumi dan benda bersejarah lainnya yang dapat kamu cek sebelum berkunjung di www.britishmuseum.org.

  • The Royal Academy of Music, London – Cocok bagi mereka yang ingin menonton konser musik gratis. Pertunjukan setiap Senin – Sabtu malam hari + ekstra di Sabtu siang. Lihat jadwalnya terlebih dahulu di www.ram.ac.uk.

  • National Football Museum, Manchester – Kalau kamu suka sepakbola, maka museum yang satu ini wajib kamu kunjungi. Berisikan benda-benda sejarah dunia persepakbolaan seperti bola pertandingan final Piala Dunia 1966, dan lain-lain.

  • Imperial War Museum North, Manchester – Satu lagi dari Manchester, museum yang populer di kalangan anak-anak ini memuat artefak peninggalan Perang Dunia I.

  • International Slavery Museum, Liverpool - Kamu dapat mempelajari sejarah perbudakan Trans-Atlantik disini. Cukup menarik untuk sebuah wisata gratis.

  • The Winter Garden, Sheffield – Salah satu wisata gratis populer yang paling banyak dikunjungi di seantero UK, Winter Garden menampilkan lebih dari 2500 macam tumbuhan dari berbagai penjuru dunia.

  • Holy Island of Lindisfarne, Northumberland – Pulau ini memiliki jalur setapak yang lenyap ditelan ombak saat sedang air pasang sehingga kamu hanya dapat menyeberang saat air sedang surut. Kamu dapat mengecek jadwal pasang-surut airnya di www.lindisfarne.org.uk.

  • The Potter Trail, Edinburgh – Tur gratis ini wajib masuk ke dalam bucketlist semua Potterhead dari seluruh dunia. Cek laman www.pottertrail.com untuk info lebih lanjut.

  • BFI Mediatheque, Manchester – Terletak di Manchester's Central Library, kamu dapat menyaksikan ribuan film yang diputar setiap hari secara cuma-cuma. Cocok untuk para penikmat film.

  • Maiden's Castle, Dorset – Kastil terbesar di UK yang didirikan pada Jaman Besi ini dapat kamu kunjungi secara cuma-cuma untuk melihat arsitektur kastil kuno.

Masih banyak lagi sebenarnya tempat wisata gratis di UK, namun karena keterbatasan huruf, penulis hanya memasukkan sebagian yang populer saja.

4. Tempat wisata mahal yang perlu dihindari

Sebaliknya, di UK juga banyak terdapat tempat-tempat wisata dengan entrance fee yang dapat membuatmu merasa rugi membayar mahal untuk sesuatu yang tidak sepadan. Sebaiknya kamu berhati-hati dan menyiapkan dana yang cukup ketika mengunjungi tempat-tempat berikut ini.


  • Madame Tussauds, London – Museum yang menampilkan patung lilin dari figur-figur terkenal seluruh dunia ini memang menarik untuk dikunjungi dan Instagrammable banget. Namun, tiket masuk seharga 35-42 pound (sekitar 650-800 ribu rupiah) per orang untuk sesuatu yang begitu ramai, sesak, dan penuh dengan antrian mungkin perlu dipertimbangkan.

  • Harrods, London – Tempat ini dikenal oleh para turis sebagai pusat perbelanjaan paling mewah di UK. Namun, orang UK sendiri menghindari berbelanja di Harrods karena harganya yang terlalu mahal. Kamu boleh mengunjungi Harrods untuk berfoto dan sebagainya, tetapi sebaiknya urungkan niat untuk berbelanja di sini (kecuali jika dompetmu cukup tebal untuk itu).

  • London Sightseeing Bus Tour – Berkeliling kota London diatas bus tingkat dengan atap terbuka memang menyenangkan, namun membayar 32 pound per kepala atau 80 pound per keluarga rasanya agak terlalu mahal. Selain itu, kamu harus berlomba dengan turis lain untuk mendapatkan tempat di tingkat atas (yang selalu penuh) dan jalanan di kota London umumnya terlalu berisik sehingga kamu tidak dapat mendengar penjelasan apapun dari si tour guide.

  • Gordon Ramsay's Restaurant - Restoran yang dikelola chef ternama Gordon Ramsay ini mungkin menarik terutama bagi para penggemar acara Hell's Kitchen, namun kamu perlu merogoh kocekmu lebih dalam untuk dapat menikmati makanan yang overpriced dan overhyped ini.

Selain itu, tempat-tempat terkenal seperti Westminster Abbey, Tower Bridge, Tower of London, London's Eye, dan lain-lain sebenarnya wajib dikunjungi jika kamu pertama kali ke UK. Namun, harga yang cukup mahal dan antrian yang selalu panjang akan menyulitkan bagi kamu yang bepergian dengan waktu yang relatif singkat dan dana yang terbatas. Kalau kamu berkeras ingin pergi ke tempat-tempat tersebut, silakan baca poin di bawah ini terlebih dahulu supaya tidak over-budget.

5. Manfaatkan Sightseeing Pass sebaik mungkin

Untuk lebih menghemat biaya perjalananmu, kamu dapat membeli tourist pass atau sightseeing pass untuk mengunjungi beberapa tempat terkenal sekaligus dengan harga diskon. Aturlah rencana perjalananmu sedemikian rupa sehingga kamu cukup membeli pass-pass tertentu yang meliputi seluruh tempat tujuanmu.

Kamu dapat melihat bermacam-macam pass yang ditawarkan di www.visitbritainshop.com/world/sightseeing-passes untuk pass yang berlaku di seantero UK atau www.londonpass.com untuk pass yang berlaku di kota London saja.

6. Visitor Oyster Card dapat mempermudah hidupmu

Visitor Oyster Card

Visitor Oyster Card via https://tfl.gov.uk

Selain itu, jika kamu berencana untuk berkeliling London menggunakan transportasi publik, sebaiknya kamu menggunakan Visitor Oyster Card yang dapat digunakan di semua moda transportasi publik kota London seperti the Tube (sebutan populer untuk jalur kereta bawah tanah kota London), bus, tram, dan lain-lain. Praktis, ringkas, dan mempermudah hidupmu karena dapat digunakan untuk menghindari antrian. Selain itu, kartu ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan promo-promo menarik di berbagai macam lokasi seperti toko, restoran, galeri, dan lain sebagainya.

Penggunaan Oyster Card cukup mudah, sama seperti e-toll atau busway, kamu cukup menempelkan (tap) kartunya pada mesin reader yang tersedia di halte atau stasiun. Untuk bus dan tram, kamu cukup tap-in sekali saja pada saat naik dan tidak perlu tap-out saat turun, namun untuk the Tube, kereta, dan bus sungai, jangan lupa untuk tap-out Oyster Card-mu pada saat turun atau kamu akan dikenakan tarif maksimum.

7. Budayakan antri

Antrian tertib di UK

Antrian tertib di UK via http://www.independent.co.uk

Satu hal yang harus kamu ingat saat berkunjung ke UK adalah, jangan sekali-kali menyerobot antrian atau kamu akan mendapat tatapan marah hingga cibiran dari semua orang disekitarmu. Orang UK sangat menghargai budaya antri melebihi negara-negara barat pada umumnya. Bagi mereka, queue-jumping atau menyerobot antrian adalah dosa besar yang tak termaafkan.

Perilaku tersebut bukan disebabkan karena orang UK senang mengantri, tetapi karena mereka menyadari bahwa memotong antrian merupakan bentuk perampasan hak orang lain sekaligus menunjukkan keegoisan dan sikap tidak tahu malu dari pelakunya. Sebuah sikap yang patut dicontoh oleh kita di Indonesia. Jadi, setergesa-gesa apapun atau sepenting apapun kamu, biasakanlah untuk ikut antrian.

8. Berdirilah di sebelah kanan eskalator

Escalator Etiquette

Escalator Etiquette via http://www.blissweb.com

Etiket tidak tertulis dalam menggunakan eskalator yang baik umumnya adalah "berdiri di sebelah kiri, dan berjalan di sebelah kanan". Namun, di UK, yang berlaku adalah kebalikannya. Di sana, orang diharapkan untuk berdiri di sebelah kanan, sehingga jalur eskalator sebelah kiri menjadi kosong sehingga dapat digunakan mereka yang berjalan. Hal ini sering sekali dilupakan oleh turis-turis terutama dari daerah Asia Tenggara, yang terbiasa menggunakan kedua belah sisi eskalator untuk berdiri sehingga menghalangi mereka yang sedang tergesa-gesa.

9. Queen's Guard juga manusia

Iseng yang berlebihan

Iseng yang berlebihan via https://www.dailyrecord.co.uk

Para prajurit berseragam merah dengan topi bulu beruang berwarna hitam yang khas merupakan salah satu ikon kota London yang paling terkenal. Salah satu atraksi menarik yang bisa kita saksikan di Buckingham Palace adalah momen pergantian penjaga yang dapat kamu lihat jadwalnya di sini. Saat sedang berjaga, para Queen's Guard ini diharuskan berdiam diri seperti patung dan tidak diperkenankan menunjukkan reaksi apapun.

Namun, banyak turis yang berusaha memancing reaksi mereka dan bertindak kelewatan dengan mempermainkan para penjaga ini. Mereka lupa bahwa para penjaga ini adalah prajurit profesional yang sudah terlatih. Oleh karena itu, janganlah iseng dan perlakukanlah mereka selayaknya manusia biasa kalau kamu tidak ingin peristiwa pada foto diatas menimpa dirimu.

10. Soccer? Apa itu?

Football vs Football

Football vs Football via https://sports.gunaxin.com

UK dikenal tempat asal muasal olahraga sepakbola. Di sana, orang menyebut olahraga ini dengan sebutan football. Bagi kita yang mempelajari American English, tentu terbiasa dengan istilah soccer untuk menyebut olahraga sepak bola, sementara football digunakan untuk menyebut olahraga American football yang mirip rugby. Orang-orang British tidak mengakui perbendaharaan kata soccer, jadi jika kamu ingin berbincang masalah sepakbola di UK, gunakanlah kata yang tepat yaitu football.

11. Makanan khas UK yang wajib kamu cicipi

Agar pengalamanmu berjalan-jalan di UK lebih komplit, pastikan kamu mencicipi makanan-makanan khas berikut ini:


  • Full English Breakfast – Menu sarapan terlengkap di dunia yang berisi telur mata sapi, sosis, kacang, jamur, roti bakar, kentang hash brown, sosis darah atau black pudding , tomat panggang, dan bacon. Kalau kamu belum mencoba yang satu ini, maka boleh dibilang kamu belum pergi ke UK.

  • Fish & Chips – Penganan satu ini dapat disebut sebagai gorengan-nya orang UK. Tersedia dalam berbagai macam bentuk dan pilihan mulai dari menu fancy di restoran mahal hingga jajanan di kios pinggir jalan.

  • Sunday Roast Dinner – Makanan yang secara tradisi dihidangkan setiap hari Minggu ini bertemakan daging panggang, dan terdiri dari daging sapi dengan saus horseradish dan Yorkshire pudding, daging domba dengan saus mint, daging ayam dengan saus roti atau redcurrant jelly, dan daging babi dengan saus apel. Dihidangkan dengan kentang bakar dan aneka sayuran.

  • Haggis – Sejenis sosis khas Skotlandia yang terbuat dari jeroan domba dengan rasa yang unik dan khas. Bagi kita yang terbiasa menyantap jeroan, hidangan ini amat lezat dan patut untuk dicoba.

  • Beef Wellington – Hidangan klasik ini terbuat dari fillet steak yang dibungkus dengan puff pastry yang renyah.

  • Bangers and Mash – Kombinasi kentang dan sosis ini identik dengan makanan khas UK dan negara-negara persemakmurannya.

  • Pork Pie – Makanan ringan berupa kue pai berisi daging babi ini merupakan sebuah kelezatan tersendiri yang harus dicoba. Tersedia juga isi pai yang lain seperti steak & kidney.

Bagi kamu yang Muslim, pastikan halal atau tidaknya makanan tersebut sebelum kamu memesan atau memasuki sebuah restoran. Saat ini, UK memiliki populasi umat Muslim yang cukup besar, sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam mencari makanan khas UK yang halal. Kalau kamu makan di tempat umum seperti McDonalds, jangan lupa untuk merapikan sendiri sampah dan nampan bekas makananmu.

12. Berbasa-basi ala Inggris

Orang-orang Inggris pada umumnya ramah-ramah terhadap turis. Mereka juga senang sekali berbincang dan melakukan obrolan ringan dengan orang asing, terutama ketika topiknya adalah mengenai cuaca. Tanyakan sesuatu mengenai cuaca kepada orang Inggris dan ia akan menemanimu mengobrol selama berjam-jam. Jadi, kalau kamu tersesat, tidak perlu takut untuk bertanya kepada siapapun dan jika ada orang mengajakmu ngobrol di bus, kereta, atau tempat umum lainnya, jangan takut karena hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah disana.

Namun, topik yang perlu kamu hindari adalah topik mengenai politik (kecuali kamu yakin memiliki pandangan politik yang sama dengan lawan bicaramu), agama, kehidupan pribadi, dan klub sepakbola favorit, karena bisa saja ternyata kalian mendukung klub yang berbeda dan merupakan rival abadi seperti MU – Liverpool. Meski demikian, kamu dapat membicarakan topik tentang sepakbola yang lebih umum seperti Piala Dunia, pencetak skor terbanyak, Liga Inggris, dan lain sebagainya.

13. Inggris dan Sarkasme

Sarcastic Brits

Sarcastic Brits via http://www.dailymail.co.uk

Hal lain yang perlu kamu ketahui mengenai orang-orang di UK adalah sarkasme yang begitu kental. Orang British merupakan pengguna majas sarkasme dan ironi nomor satu di dunia dan hal ini sering membuat para turis bertanya-tanya apakah mereka sedang bercanda atau tidak. Contohnya ketika kereta yang mereka tumpangi datang terlambat, komentar yang biasanya dilontarkan adalah "I really love it when the train is not on time" atau "Can't it be more late? I have all day to wait".

Perlu diingat bahwa mereka sebenarnya sedang bercanda dan tidak bersungguh-sungguh. Kalau seseorang yang berasal dari UK sering menggunakan majas sarkasme terhadapmu, itu artinya dia sudah menganggapmu sebagai teman dekatnya.

14. Bawa ID mu setiap saat

Banyak tempat di UK yang melakukan pengecekan identitas atau ID terhadap pelanggannya. Contohnya ketika kamu berbelanja menggunakan kartu kredit, ada beberapa tempat yang mengharuskan kamu memperlihatkan kartu identitasmu yang sah. Atau jika wajahmu terlihat seperti dibawah umur 25 dan kamu hendak membeli barang seperti rokok atau alkohol, pegawai toko akan menanyakan IDmu. Selain itu, pengecekan ID juga biasanya dilakukan saat kamu akan memasuki tempat seperti pub, bar, dan nightclub.

Oleh karena itu, disarankan untuk selalu membawa kartu identitas yang menunjukkan foto dirimu seperti SIM atau KTP. Paspor juga dapat digunakan, tetapi tidak disarankan untuk dibawa kemana-mana karena jika hilang, mengurusnya akan jauh lebih sulit dibandingkan kehilangan SIM atau KTP.

15. Jangan lupakan UK VAT Refund saat berbelanja

Hemat pangkal kaya

Hemat pangkal kaya via http://google.co.id

Kalau kamu hendak berbelanja di UK, jangan lupa bahwa UK memiliki skema tax refund untuk barang-barang yang dikenakan VAT (Value Added Tax alias PPN) dan dibeli untuk dibawa pulang ke negara yang berada di luar Uni-Eropa. Kamu dapat menghemat sekitar 20% melalui Tax Refund ini. Hanya toko yang mengikuti VAT Refund Scheme yang menyediakan layanan ini, jadi pastikan dahulu apakah toko tersebut termasuk ke dalam program VAT Refund atau tidak saat kamu berbelanja. Selanjutnya, caranya adalah ikuti petunjuk dibawah ini:


  1. Minta form VAT 407 kepada kasir toko. Jika toko tersebut mengikuti program VAT Refund Scheme dan tahu bahwa kamu adalah turis dari luar Uni-Eropa, biasanya mereka akan memberikannya tanpa diminta.

  2. Isi form tersebut dan perlihatkan bukti (contohnya paspor) bahwa kamu berasal dari luar Uni-Eropa dan berhak mengikuti program VAT refund tersebut.

  3. Pegawai toko kemudian akan menjelaskan cara toko tersebut memberikan refund (via kartu kredit atau tunai) dan apa saja yang harus kamu siapkan.

  4. Simpan semua berkas, nota, dan bukti-bukti pembayaran tersebut. Penting – terutama jika kamu akan mengunjungi negara Uni-Eropa lain setelah dari UK.

  5. Perlihatkan semua berkas tersebut kepada petugas bea cukai di konter VAT Refund di airport sebelum kamu pulang. Petugas akan memeriksa dan memberikan cap pada berkasmu.

  6. Petugas kadang akan menanyakan barang belanjaanmu untuk diperiksa apakah sesuai dengan berkas dan nota atau tidak, jadi sebaiknya kamu melakukan ini sebelum cek-in sehingga kamu dapat memperlihatkannya.

  7. Proses ini dapat memakan waktu, sehingga kamu sebaiknya mengatur kedatanganmu di airport lebih awal dari seharusnya.

  8. Setelah kamu mendapatkan cap dari petugas, kamu dapat mengunjungi konter pencairan refund yang biasanya terletak tidak jauh dari konter bea cukai.

Beberapa toko menawarkan layanan untuk mengurus VAT Refund sehingga kamu tidak perlu pusing melakukan langkah-langkah diatas. Sebagai gantinya, kamu akan dikenakan tambahan biaya yang akan dikurangi dari jumlah refund yang kamu terima. Selain itu, kamu juga harus mengecek apakah barang yang hendak kamu beli termasuk ke dalam kriteria VAT Refund Scheme atau tidak. Cari tahu lebih lanjut mengenai barang-barang yang tidak termasuk ke dalam program tersebut di sini.

Nah, setelah mengetahui semua hal di atas, sekarang kamu sudah lebih siap untuk pergi ke UK dan menikmati liburanmu dengan lebih menyenangkan! #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya