Mengikuti tips jualan biar barang dagangan laris manis memang terkesan hanya sebuah teori. Padahal kenyataannya, banyak orang yang bisa sukses dari mengikuti tips jualan lho. Salah satunya adalah saat berjualan di bazar.

Ya, jualan di bazar memang kini tengah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan uang tambahan. Selain dapat dilakukan saat akhir pekan alias weekend, kamu juga bisa menjual barang apapun di bazar, misalnya aja baju bekas.

Selain itu, banyak juga orang yang tertarik untuk berbelanja di bazar. Alasannya pun sederhana, karena bosan dan jenuh belanja di mall. Nah, salah satu hal yang unik dari bazar juga, selain dapat menjual apapun juga bisa diikuti oleh penjual dadakan.

Pasalnya, bazar itu nggak mengikat dan cuma diadakan pada waktu-waktu tertentu aja. Karena itu, jualan di bazar bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Meski begitu, kamu juga perlu trik agar barang daganganmu laris manis dan bisa meraup banyak keuntungan dari bazar.

Apa aja itu? Ikuti lima tips sederhananya di bawah ini ya:

1. Cek lokasi dan penyelenggaranya, termasuk strategis atau nggaknya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar jualan kamu di bazar bisa laris manis dan terhindar dari risiko kerugian adalah dengan cek terlebih dahulu lokasi serta pihak penyelenggaranya.

Advertisement

Jadi, lebih baik kamu melakukan survey dulu lokasinya gimana. Semakin terpercaya lokasi, dan pihak penyelenggaranya, maka peluang kamu mendapat untung juga akan semakin besar.

2. Sesuaikan barang jualan dengan lokasi. Jangan sampai, kamu jualan barang-barang branded di lingkungan sekolahan

Setelah kamu mengetahui di mana lokasi bazar dan suasananya. Baru kamu bisa menyesuaikan dengan barang yang akan kamu jual di bazar. Nggak mungkin kan kamu menjual tas mahal tapi lokasi bazar di perkampungan yang mayoritas dari mereka tidak tahu soal merek.

Kalau tetap nekat jualan ya siap-siap aja kamu gigit jari karena nggak ada yang membeli barang dagangan kamu.

3. Yang namanya bazar ya pasti pusatnya barang murah, jangan jual mahal-mahal asal rasional!

Advertisement

Namanya jualan di bazar tentu harganya jauh lebih murah dibanding di mall dong. Karena kamu nggak perlu keluar bujet lebih buat bayar pajak dan embel-embel yang lain.

Selain itu, orang biasanya mengincar belanja di bazar karena harganya yang relatif lebih murah. Karena itu, disarankan jangan mematok harga terlalu tinggi saat jualan di bazar.

Gak masalah ambil untung sedikit yang penting barang daganganmu laku keras. Daripada ambil untung gede, tapi nggak ada yang beli. Kalau kayak gitu mah yang ada rugi, udah bayar sewa, makan dan transport tapi nggak ada pemasukan sama sekali.

4. Bikin bahan promosi yang unik dan eye catching dengan modal kertas yang di print berukuran besar atau banner

Tips jualan di bazar lainnya yang bisa bikin kamu meraup untung gede adalah dengan bikin promo semenarik mungkin yang bikin orang tertarik ingin mampir ke booth kamu.

Misalnya, promo buy 1 get 1 atau diskon up to 70 persen. Nah, kamu bisa tuh menggantung promonya di stand kamu yang besar biar banyak orang yang lihat.

5. Jadilah penjual yang aktif dan murah senyum. Ini trik sederhana tapi ampuh dan bisa dipraktikkan sepanjang masa

Agresif saat jualan ternyata juga memengaruhi barang daganganmu akan cepat ludes lho. Intinya sih, jangan hanya menunggu pelanggan datang ke stand kamu, tapi kamu harus agresif menarik orang untuk mampir ke stand jualan kamu.

Dengan begitu, peluang barang dagangan kamu akan laris manis akan lebih besar dibanding kamu pasrah menunggu pelanggan datang. Nah, itu dia lima tips jualan di bazar yang gampang banget dilakuin tapi dijamin bisa bikin kamu mendapatkan untung gede.

Selain itu, kamu juga bisa tuh woro-woro di akun sosial media kamu. Dari 500 followers kamu, bisa jadi lima sampai sepuluh orang tertarik untuk mengunjungi stand jualanmu di bazar. Good luck

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya