Seser Kambing Murah Sadan, Serba-Serbi Kambing Ala Timur Tengah.

MAKAN ENAK TAPI TETEP SEHAT DONG...

Bagaimana rasanya menyantap hidangan berbahan dasar serba kambing? Padahal masakan bahan dasar kambing identik dengan menu masakan Idul Adha. Nah, kali ini kita akan memasak masakan menu idul adha rasa Ramadan. Kita akan pakai bahannya serba kambing lho. Mulai dari daging sampai susu kambing lho.

Pastinya masakan kita lezat. Walaupun lezat, masakan kita kali ini akan memenuhi PGS lho. Jadi masakannya sedap tetap sehat. Gimana kalau ditambah rasa "Timur Tengah"? Wah mantap juga. Gimana ya? Penasaran? Terus ikutin kita yuk.

1. GIZI SEIMBANG ATAU "4 SEHAT 5 SEMPURNA" YANG COCOK UNTUK PUASA?

Piramida Gizi Seimbang

Piramida Gizi Seimbang via http://dinkes.inhukab.go.id

Advertisement

Konsep makanan 4 sehat 5 sempurna telah dikampanyekan oleh pemerintah semenjak tahun 1995. Dimana artinya setiap makanan yang dihidangkan harus memiliki 4 sehat ( Vitamin, Karbohidrat, Protein, dan Lemak) yang terdiri dari:

1. Bahan pokok contohnya nasi, jagung, singkong dan lain-lain.

2. Lauk pauk contohnya daging, tempe, dan lain-lain.

Advertisement

3. Sayur-sayuran contohnya sayur bayam, sayur kangkung dan lain-lain.

4. Buah-buahan contohnya pisang, jeruk, dan lain-lain

Dari keempat komponen tersebut itulah yang disebut dengan"menu 4 sehat" sehingga ditambah dengan "menu 5 sempurna" yaitu makanan atau minuman yang mengandung kalsium contohnya susu dan mineral yaitu air putih.

Namun, pada konsep "4 Sehat 5 Sempurna" sudah dianggap salah kaprah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Letak kesalahannya antara lain:

1. Takaran makanan atau minuman tidak dipikirkan terlalu penting. Padahal takaran pada setiap porsi makanan atau minuman sangatlah penting. Pertama, ketika takaran makanan atau minuman terlalu sedikit maka pemenuhan gizi dalam tubuh tidak akan maksimal. Kedua, jika takaran makanan atau minuman terlalu berlebih tubuh akan sangat keras dalam memecah makanan menjadi molekul yang lebih kecil sehingga hasil pemecahan tidak akan maksimal dan tidak akan menuju bagian tubuh yang memerlukan dan menyebabkan pengendapan di berbagai organ atau jaringan tubuh. Biasanya disebut dengan "obesitas". Maka dari itu, takaran makanan dan minuman yang baik adalah "cukup" dalam artian tidak kurang dan tidak lebih.

2. Konsep hanya dalam pemenuhan Gizi Baik. Padahal jika kita hanya memikirkan dan menerapkan Gizi baik dalam Konsep 4 Sehat 5 Sempurna tanpa diikuti dengan pola hidup yang bersih, pola hidup aktif dan berolahraga dan pola berat badan yang normal.

Di bulan Ramadan, umat islam menjalankan ibadah puasa yang diikuti dengan sahur dan berbuka. Dalam kurang lebih 12 jam kita menahan makan dan minum setengan energi kita akan berkurang. Sehingga saat berbuka dan sahur usahakan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi "4 Sehat 5 Sempurna" dan menjaga pola hidup bersih, pola hidup aktif dan berolahraga dan pola berat badan yang normal. Sehingga ketika berpuasa tubuh kita akan selalu dalam keadaan prima tanpa rasa lesuh. Dan inilah yang dinamakan dengan pola "Gizi Seimbang".

Maka dari itu Sahabat Hipwee, penulis akan mengajak kalian semua untuk menikmati bulan ramadan dengan hidangan yang sedap dan sehat ala Timur Tengah. Yuk ikuti kami Sahabat Hipwee….

2. MENU BUSA (MENU BUkA puaSA)

Gambar kartun ramadan

Gambar kartun ramadan via https://www.google.co.id

Hai sahabat HIPWEE…

Kalau lagi buka puasa tuh bawaanya pengen makan itu makan ini makan ini itu. Iya kan.. Nah kali ini, Sahabat Hipwee akan memasak menu buka puasa "Serba- Serbi Kambing" ya ada daging kambing, ya juga ada susu kambing, pokoknya dari hewan kambing yah sahabat Hipwee. Walaupun masakan berbau kambing identik dengan perayaan idul adha, apa salahnya kalau menu masakan dari kambing kita masak saat bulan Ramadan? Wah, sepertinya akan membentuk suasan idul adha rasa Ramadan kan sahabat Hipwee?

Masakan kita kali ini tidak akan melencong dari menu masakan "4 Sehat 5 Sempurna"yang udah kami share di slide atas ya. Kali ini kita akan memasak:

1. KARBOHIDRAT

Karbohidrat memiliki kandungan glukosa yang baik untuk mengganti gula darah tubuh saat berpuasa kurang lebih 12 jam. Kandungan karbohidrat yang baik terdapat dalam Nasi. Makanya, kita akan membuat rasa Timur Tengah SIBUL BLADO. Apaan tuh ya? Penasaran ikuti perjalanan kami yuk…

2. PROTEIN

Protein berfungsi megganti sel-sel tubh kita yang rusak saat berpuasa. Nah, kandungan gizi ini bisa kita temui dalam satu menu masakn loh sahabat Hipwee, yaitu kita akan memasak rasa Timur Tengah KREMBING BAMES.

3. VITAMIN

Vitamin berfungsi sebagai pelancar kinerja metabolisme tubuh nih sahabat Hipwee. Nah, vitamin ini bisa ditemukan pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Nah, pada menu berbuka kali ini, kita pakai sayur-sayuran aja sahabat Hipwee. Ingat kan "Gizi Seimbang" tidak kurang dan tidak lebih. Nah, kalau sayur – sayuran biasanya diolah jadi menu masakan matang, kali ini kita akan masak lain daripada yang lain rasa Timur Tengah "FATUR BATA SEL".

4. LEMAK

Lemak berfungsi sebagai pengganti energi saat kita sedang sedang berpuasa sahabat Hipwee. Makanya, kita tidak akan merasa lesu. Nah, lemak juga jangan berlebihan agar tidak menghambat aliran darah ya Sahabat Hipwee. Makanya, kita akan memasak rasa Timur Tengah "SASI KRIUK PERGI".

5. KALSIUM dan MINERAL

Kalsium dan mineral sangat baik untuk proses pertumbuhan tulang dan pembelahan sel. Nah, kalsium dan mineral ini kita temukan pada susu dan air putih. Tapi, kalau kalu minum susu kayak gitu aja, mana mungkin kita nafsu ya? Nah, jangan khawatir, kita akan memasak olahan susu ala Timur Tengah yaitu "SAHLAB SATU SEL".

Jangan kemana-mana ya Sahabat HIPWEE, ikuti terus perjalanan kami. KATA SIAPA SEHAT HARUS NGGAK ENAK, SEHAT JUGA HARUS ENAK KAN…

3. SIBUL BLADO ( naSI keBUL BLasteran Arab-inDOnesia)

Nasi Kebuli Daging

Nasi Kebuli Daging via https://citarasaindonesia.co.id

Menu masakan yang pertama adalah SIBUL BLADO. Yang membedakan dari nasi kebuli yang satu ini dengan nasi kebuli asli Timur Tengah adalah penggunaan bumbu khas Indonesia yaitu Serai dan Daun Salam. Kelihatannya sih emang simpel ya sahabat Hipwee, tapi kalau di telaah lagi, kedua bumbu itu adalah "kunci keberhasilan"

Nasi Kebuli, masakan ini mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh lho. Bikinnya nggak susah kok sahabat Hipwee, sama seperti pembuatan nasi kuning. Cuma beda bumbunya. Yuk ikuti terus ya Sahabat Hipwee.

BAHAN:

1. 9 Siung bawang merah

2. 5 siung bawang putih

3. 7 cm kayu manis

4. 2 biji pala lalu memarkan

5. 3 buah cengkeh

9. Buah kapulaga

10. 3 buah bawang bombay

11. 5 buah cabe merah

12. 9 buah cabe rawit

13. 1 sdt merica bubuk

14. Garam dan gula pasir secukupnya

15. Air bersih secukupnya.

16. Daging kambing muda 1/2 kg atau sesuai selera

17. 2 batang serai yang dimemarkan.

18. 4 lembar daun salam

19. Satu gelas susu kambing dan santan

20. Kismis

CARA MEMBUAT:

1. Pertama, siapkan daging kambing lalu cuci bersih.

2. Kedua, potong daging kambing sesuai selera.

3. Ketiga, siapkan semua bumbu lalu haluskan.

4. Keempat, panaskan minyak secukupnya dan tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan menambahkan daun salam dan batang serai hingga wangi dengan api kecil.

5. Kelima,tuangkan susu dan santan.

6. Keenam, jika sudah mendidih masukkan daging kambing, kismis dan beras hingga menjadi nasi.

7. Ketujuh, nanak nasi selama kurang lebih 90 menit.

8. Yang terakhir, plating di atas piring yang cantik. SIBUL BLADO siap dinikmati.

TIPS MEMBUAT SIBUL BLADO:

1. Cuci daging kambing dengan parutan nanas.

2. Pakai minyak samin agar lebih wangi

SELAMAT MENCOBA SAHABAT HIPWEE

4. KREMBING BAMES (KREngsengan kaMBING BAntu MEngganti Sel rusak)

Krengsengan daging

Krengsengan daging via https://www.google.co.id

Krengsengan adalah masakan yang berbahan dasar daging kambing atau daging sapi.Masakan ini mengandung protein dan lemak yang baik bagi tubuh. Masakan ini umumnya dikenal di daerah Jombang, Jawa Timur. Namun, di Turki krengsengan juga biasa dimasak saat perayaan Islam. Mau tahu bikinnya gimana? Yuk ikuti terus..

BAHAN-BAHAN :

1. 1/2 kg daging kambing

2. 2 buah tomat merah

3. 300 ml air putih

4. Minyak goreng secukupnya

5. 4 siung bawang putih

6. 9 siung bawang merah

7. 3 buah cabe rawit

8. 4 buah cabe keriting

9. 2 buah kemiri sangarai

10. Gula pasir, garam dan lada.

11. 2 sdm petis udang

12. 2 sdm kecap manis

13. Bawang merah goreng

14. Daun bawang

CARA MEMBUAT :

1. Pertama, haluskan bawang merah mawang putih, cabe rawit, cabe merah keriting dan kemiri.

2. Kedua, panaskan minyak goreng secukupnya da tumis bumbu yang telah dihaluskan.

3. Ketiga, tambahkan tomat yang telah dipotong jadi 4 hingga layu. Matikan kompor.

4. Keempat, masukkan daging aduk sampai rata dan diamkan 15 menit.

5. Kelima, nyalakan kompor dan tambahkan gula, garam dan lada. Lalu tumis sampai berubah warna.

6. Keenam, masukkan petis dan kecap. Aduk hingga rata.

7. Terakhir, jika sudah matang, pindahkan keatas piring saji dan hidangkan dengan menaburi bawang goreng dan dun bawang.

SAHABAT HIPWEE, UNTUK JELASNYA PROSES MEMASAK, BISA SAHABAT LIHAT DI GAMBAR ATAS YA

TIPS CERDAS HIPWEE:

1. Setelah daging kambing dicuci, balur dengan air jeruk nipis dan parutan nanas.

2. Gunakan tomat merah karena rasa asamnya tidak terlalu pekat.

SELAMAT MENCOBA SAHABAT HIPWEE

5. FATUR BATA SEL ( FAThoush sayUR BAntu meTAbolisme SEL)

Fatoush Turki

Fatoush Turki via https://cantik.tempo.co

Fatoush adalah salad yang dibuat dengan sayuran segar dan roti pita panggang yang berasal dari wilayah Levantine di Timur Tengah, termasuk Lebanon dan Suriah. Nah, masakan ini mengandung kaya akan vitamin lho yang baik untuk tubuh. Buatnya simpel kok, gimana ya caranya? Yuk ikuti kami …

BAHAN-BAHAN:

1. 100 ml air perasan lemon

2. 100 ml minyak zaitun

3. 4 siung bawang putih cincang

4. Garam

5. Merica secukupnya

6. 400 gram selada iris tipis

7. 2 buah timun iris kotak

8. 400 gram tomat segar potong jadi 4 bagian.

9. 50 gram daun mint.

10. 1 buah paprika hijau potong dadu

11. 3 daun bawang, iris halus

12. 1 sdt sumac

13. 2 buah roti pita, panggang kecoklatan.

14. Keju feta

15, Wortel, potong tipis memanjang

16. Terong panggang

CARA MEMBUAT:

1. Masukkan air lemon, minyak zaitun, bawang putih, garam,sumac dan merica kedalam mankuk salad.

2. Masukkan potongan sayuran kedalam mangkok.

3. Aduk rata.

4. Sajikan

SAHABAT HIPWEE, UNTUK JELASNYA PROSES MEMASAK, BISA SAHABAT LIHAT DIGAMBAR ATAS YA

TIPS CERDAS HIPWEE:

1. Kuncinya hanya pada saus salad yang dibuat sebelum sayuran masuk kedalam mangkok .

2. Gunakan sayuran yang fresh dan masukkan dalam lemari pendingin.

6. SASI KRIUK PERGI (SAmosa SI KRIUK PEngganti eneRGI)

Samosa berasal dari India. Namun, samosa juga sangat populer di daerah Timur Tengah. Samosa sama halnya dengan martabak telur di Indonesia. Namun samosa berisi daging, sayur dan rempah-rempah khas Timur Tengah. Yuk kita buat.

BAHAN-BAHAN:

BAHAN KULIT :

1. 225 tepung terigu, ayak.

2. 1/2 sdt garam.

3. 7 sdm air hangat.

4. 100 ml minyak sayur.

BAHAN ISI :

1. 2 sdm minyak goreng.

2. 1/2 buah bawang bombay, cincang halus.

3. 2 batang serai, memarkan.

4. 5 lembar daun kunyit, iris halus.

5. 5 lembar daun jeruk purut, iris halus.

6. 500 gram daging kambing, cincang.

7. 200 ml santan .

8. 2 sdt kari bubuk.

9. 1/4 jintan bubuk.

BUMBU ISI YANG DIHALUSKAN :

1. 4 butir bawang merah.

2. 5 siung bawang putih.

3. 8 buah cabe rawit.

4. 1 cm jahe, bakar.

5. 1 sdt ketumbar, sangrai.

6. 1 buah kemiri, sangrai.

7. 1 sdt gula dan garam.

CARA MEMBUAT KULIT :

1. Campur terigu bersama garam, air hangat dan minyak. Uleni.

2. Tipiskan adonan hingga tipis. Potong 10 kali 10 cm. Sisihkan.

CARA MEMBUAT ISI :

1. Pertama, haluskan bumbu.Panaskan minyak dan tumis hingga mewangi.

2. Kedua, Masukkan bawang bombay, serai,daun kunyit, dan daun jeruk hingga mewangi.

3. Ketiga, masukkan daging cincang. Aduk hingga berubah warna.

4. Keempat, tuang santan, bubuhi kari bubuk dan jintan. Masak hingga matang dan menyusut. Lalu angkat.

CARA MENGGULUNG :

1. Pertama, ambil selembar kulit dan masukkan 2 sendok isi.

2. Kedua, gulung membentuk segitiga. Lakukan hingga selesai.

3. Ketiga,panaskan minyak goreng untuk menggoreng. Goreng samosa hingga kuning keemasan.

4. Keempat, angkat dan tiriskan.

7. SAHLAB SATU SEL (SAHLAB SAhabat TUlang dan SEL)

Sahlab kayu manis

Sahlab kayu manis via https://www.viva.co.id

Sahlab adalah hidangan pencuci mulut yang populer di Mesir, Lebanon, dan Suriah saat bulan ramadan. Sahlab semacam puding yang terbuat dari susu kambing dan ditaburi dengan kayu manis. Sahlab kaya akan kalsium yang baik untuk tulang lho. Buatnya mudah kok.

BAHAN-BAHAN :

1. 4 cangkir susu kambing.

2. 1/2 cangkir tepung maizena.

3. 1 sdt vanili.

4. Gula sesuai selera.

5. Kayu manis bubuk.

6. Sejumput garam.

CARA MEMBUAT:

1. Pertama, siapkan panci.Masukkan tepung maizena dan air putih. Larutkan.

2. Kedua, Masukkan susu kambing, gula, garam dan vanili kedalam panci.Aduk rata.

3. Ketiga, masak campuran diatas api kecil hingga matang dan mengental.

4. Keempat, tuang kedalam cangkir dan taburi dengan kayu manis bubuk. Siap dihidangkan.

SAHABAT HIPWEE, UNTUK JELASNYA PROSES MEMASAK, BISA SAHABAT LIHAT DIGAMBAR ATAS YA

TIPS CERDAS HIPWEE :

1. Mencampurkan semua bahan tidak diatas api, agar bahan tidak menggerindil.

2. Masak diatas api kecil agar tingkat kekentalan pas.

MUDAH KAN..

SELAMAT MENCOBA SAHABAT HIPWEE

8. MENU ASAS (MENU mASAkan Sahur)

Gambar kartun ramadan

Gambar kartun ramadan via https://www.google.co.id

"Tidak Berlebih Dan Tidak Kurang" kalau Sahabat Hipwee ingat, itu adalah semboyan "Gizi Seimbang". Nah, saat kita sudah berbuka dengan makanan yang berat, saat sahur, kita tidak perlu memakan makanan yang berat lagi. Lalu bagaimana gizi kita terpenuhi saat berpuasa nanti?

Tenang saja sahabat Hipwee, kami sudah menyiapkan masakan ringan namun tetap memenuhi kelima kandungan gizi yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan kalisium.

Apa aja itu ya? Tenang simpel kok. Kita akan membuat hidangan ala Timur Tengah yaitu KETUKAN RIMLI SEIMBANG. Terus ikuti kami yuk….

9. KETUKAN RIMLI SEIMBANG ( KEbab TUrki masaKAN RIngan Menyakup Lima gIzi SEIMBANG)

Kebab adalah makanan yang berbahan dasar daging kambing yang dibungkus dengan tortila. Makanan ini mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan lemak yang baik untuk tubuh dengan takaran yang baik dan seimbang. Bikinnya mudah banget. Yuk ikuti kita..

BAHAN-BAHAN :

BAHAN DAGING :

1. 50 gr daging kambing, cincang kasar.

2. 100 gr yoghurt plain original.

3. 2 siung bawang putih, haluskan.

4. 3 buah cabe merah, haluskan.

5. 1/2 sdt ketumbar bubuk.

6. 2 cm jahe, haluskan.

7. Garam halus secukupnya

BAHAN PELENGKAP:

1. Roti kebab atau bisa juga pakai tortila.

2. 25 gr bawang bombay, iris tipis.

3. 1 sdt margarin.

4. 25 gr selada hijau, potong tipis.

5. 25 gr tomat merah, cincang halus.

6. 25 gr timun segar, potong tipis.

7. Saus sambal siap saji.

8. Saus tomat siap saji.

9. Mayonais secukupnya.

CARA MEMBUAT DAGING KEBAB :

1. Pertama, cuci bersih daging kambing. Pukul-pukul daging kambing,sisihkan.

2. Kedua, haluskan bumbu. Campurkan kedalam cincangan daging kambing.

3. Ketiga, tambahkan yoghurt plain, merica dan garam. Diamkan 10 menit.

4. Keempat, panggang daging hingga matang.

CARA MEMBUAT KEBAB TURKI :

1. Pertama, siapkan pan dan olesi margarin.

2. Kedua, panggang roti kebab atau tortila tunggu sampai kecoklatan , lalu balik dan angkat.

3. Ketiga, tumis bawang bombay sampai sedikit layu, sisihkan diatas roti kebab atau tortila yang sudah dipanggang.

4. Keempat, tambahkan timun, selada hijau, tomat dengan bentuk memanjang.

5. Kelima, tambahkan saos tomat dan saos sambal sesuai selera.

6. Keenam, tindihkan lagi daging kambing bakar.

7. Ketujuh, gulung kebab memanjang.

8. Terakhir, susun diatas piring. Kebab Turki siap dihidangkan.

SAHABAT HIPWEE, UNTUK JELASNYA PROSES MEMASAK, BISA SAHABAT LIHAT DI GAMBAR ATAS YA

TIPS :

1. Gunakan sayuran segar.

2. Memanggang daging satu persatu jangan ditumpuk. Agar daging matang merata.

3. Cuci daging dengan air bersih dan lumuri dengan perasan jeruk lemon dan parutan nanas.

SELAMAT MENCOBA SAHABAT HIPWEE.

10. SALAD BUAH YOGHURT SI PENYEGAR TUBUH

Salad Buah Yoghurt

Salad Buah Yoghurt via http://resephariini.com

Salad buah terdiri dari buah-buahan yang disiram dengan saus yoghurt dan kaya akan vitamin. Vitamin sebagai zat pembangun baik untuk tubuh. Mengkonsumsi salad buah mampu menyegarkan tubuh juga lho sahabat Hipwee. Cara buatnya gampang pakek banget lho.. Yuk ikutin kita…

BAHAN-BAHAN :

1. 1 bungkus nutrijel yoghurt. Masak lalu potong dadu.

2. Nanas.

3. Semangka.

4. Mangga.

5. Melon.

6. Anggur.

7. Strowberry.

BAHAN SIRAMAN:

1. 2 sachet Mayonais maestro

2. 2 sachet Susu kental manis putih.

3. Air jeruk lemon.

4. 450 gr plain yoghurt

5. Parutan keju cheddar.

CARA MEMBUAT:

1. Pertama, campur semua bahan siraman didalam mangkok hingga tercampur rata. Sisihkan.

2. Kedua, potong bahan buah menjadi bagian yang lebih kecil.

3. Ketiga, tuang campuran siraman diatas potongan buah.

4. Terakhir, taburi keju cheddar parut. Hidangkan selagi segar.

SAHABAT HIPWEE, UNTUK JELASNYA PROSES MEMASAK, BISA SAHABAT LIHAT DIGAMBAR ATAS YA

TIPS:

1. Gunakan buah yang masih fresh dan yang telah didinginkan di dalam kulkas.

2. Tambahkan perasan air lemon untuk menambah kesegaran salad.

3. Taburi dengan sedikit gula untuk menyeimbangkan rasa.

SELAMAT MENCOBA SAHABAT HIPWEE

11. SAHLAB SATU SEL (SAHLAB SAhabat TUlang dan SEL)

Sahlab Kayu Manis

Sahlab Kayu Manis via https://www.viva.co.id

Nah sahabat Hipwee, tadi waktu kita masak Sahlab saat berbuka puasa, ternyata juga bisa kita santap lagi saat sahur lo… Rasanya makin enak karena dimasukkan dalam lemari pendingin. Sahlab ini juga akan berubah menjadi puding yang kenyal lho. Yuk resepnya sama aja kayak di atas. Coba yuk…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE