Generasi millenial kini memasuki zaman dengan kesibukan yang begitu padat. Entah sibuk dalam kebermanfaatan atau sibuk dalam kemalasan. Mendapati waktu untuk bersenggang ria dan merencanakan liburan pun susah-susah gampang. Jadi, ketika akhirnya jatah liburan, biaya, dan destinasi telah di niati dan didapati, sebaiknya jalani liburan semaksimal mungkin. Terlebih lagi jika waktu yang kamu miliki untuk sesekali liburan ini begitu terbatas dan belum tentu ada pengganti di lain hari.

Sesekali main bareng temen kerja, biar kerjamu tak lagi main-main

Terlepas dengan siapa kamu pergi, entah sendiri, entah dengan teman atau dengan kekasih hati. Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu siapkan agar rencana liburanmu terealisasi (tak harus sempurna) namun agar istimewa.

1. Gunakan tas ransel, selain lebih nyaman dikenakan saat liburan, ransel juga lebih banyak membawa muatan

Banyak ransel elegan namun tetap nyaman untuk liburan

Banyak ransel elegan namun tetap nyaman untuk liburan via https://static.pexels.com

Mengenakan tas ransel memang sudah mainstream sih, dan sebenarnya nggak wajib juga. Namun, tas ransel sudah makin kekinian. Ada banyak model unik dan branded yang layak kamu kenakan untuk menbawa barang bawaan kala liburan. Terlebih, dengan menggunakan tas ransel secara benar, beban barang bawaan akan terbagi rata di punggung saat digunakan. Ini lebih baik daripada kamu memakai tas selempang yang bebannya justru ke salah satu posisi tubuh. Asli ini bikin badan gampang pegal dan lelah. Belum lagi tas ransel itu muat banyak barang dan lebih mudah menata barang bawaan.

Advertisement


Selain itu, tas ransel dengan berbagai isinya juga bisa menjadi bantal yang begitu nyaman ketika mendadak dibutuhkan :-)


2. Kenakan topi, selain melindungi dari silau dan panas, topi juga akan memaksimalkan gayamu jadi semakin khas

Topinya nggak harus kamu pakai, bisa kok kamu pinjamkan ke dia

Topinya nggak harus kamu pakai, bisa kok kamu pinjamkan ke dia via https://static.pexels.com

Tak semua orang suka topi, tak semua orang butuh topi, namun tak ada salahnya membawa satu topi ketika kamu menapaki liburan entah kemanapun itu. Indonesia kini disebut-sebut memiliki iklim kemarau basah, di mana musim panas dan hujan pun sulit diprediksi. Namun tetap saja, saat matahari menyapa, panasnya membakar ubun-ubun.

Kamu nggak mau kan kalau rambut jadi lepek, kering, dan memerah? Dan namanya juga gejala alam, walaupun tadinya mendung, bisa saja berselang 5 menit panas kembali muncul. Namun, bukan hanya tentang melindungi dari panas matahari, topi juga bisa jadi penunjang dirimu ketika mengabadikan momen-momen indah. Terlihat beda dan kece abis di manapun kamu berada, baik outdoor ataupun indoor. Namun pastikan topi yang kamu kenakan layak pakai dengan model dan warna yang natural agar bisa cocok dengan berbagai background.

3. Maksimalkan gadget yang dibawa, jangan sampai momen indahmu terlewat begitu saja

Handphone, kamera, aksesoris, selengkap mungkin

Handphone, kamera, aksesoris, selengkap mungkin via https://static.pexels.com

Advertisement

Jika memang sudah merencanakan liburan, pastikan daya baterai dalam kondisi prima 100% guys. Bawa tongsis atau aksesoris pendukung lainnya. Jika bawa kamera DSLR/mirrorless juga sebaiknya diiringi dengan baterai ganda yaa. Baik HP atau kamera pastikan juga memiliki memori penyimpanan lebih dari cukup untuk menampung segala bidik gayamu.


Kamu tentu nggak mau kan misal sedang dapat momen sunset yang cantik, eh baterai sudah lowbat atau memori penyimpanan sudah penuh.


Bila perlu, bawa juga aksesoris pendukung, entah kacamata, topi, selendang, buku agenda, atau apapun yang (saran kami) barang tersebut mewakili dirimu. Namun pastikan juga mudah dibawa dan difoto yaah, syukur juga ada manfaatnya.

4. Bawa kaos atau pakaian lebih untuk berganti gaya, kalo ini sih selera

Beda destinasi, beda gaya trendi

Beda destinasi, beda gaya trendi via https://static.pexels.com

Terkait poin ini, sebenarnya tak ada yang salah dengan membawa pakaian berlebih. Semisal kamu belibur 1 hari di Jogja dengan mengunjungi 3 destinasi. Coba kenakan 3 kaos berbeda di masing-masing objek wisata tersebut. Bukan bermaksud pamer dengan pakaian yang berbeda-beda.

Liburan dengan menerpa jalanan di siang hari itu beresiko menimbulkan keringat dan bau badan berlebih. Ganti pakaian salah satu solusi agar kamu tetap tampil segar dan wangi. Nilai lebihnya, kamu bisa pose dengan pakaian yang berbeda di destinasi wisata berbeda. Jadi, feeds Instagrammu juga nggak cuma itu-itu saja.


Beberapa temanmu mengira, kamu tiap bulan liburan, padahal hanya sesekali saja.


5. Travel charger dan powerbank pastikan siap menemani

Senjata lainya yang wajib dibawa kala berlibur

Senjata lainya yang wajib dibawa kala berlibur via https://static.pexels.com

Ketika segala persiapan sudah lengkap dan matang, jangan lewatkan travel charger (universal) dan powerbank yaa. Karena tidak semua tempat menggunakan stop kontak konvensional. Selain itu powerbank juga berguna untuk kamu tetap siap sedia jika tak bisa mengisi daya listrik di dalam perjalanan pulang.


Namanya juga liburan, foto sana-sini, vloging tak henti, jelas baterai HP terkuras tanpa permisi.


6. Bawa peralatan mandi yang ukuran mini dan seperlunya juga yaa

Wajib bagi diri sendiri, untuk tetap mandiri, bersih, dan wangi

Wajib bagi diri sendiri, untuk tetap mandiri, bersih, dan wangi via https://static.pexels.com

Bagi kalian yang akan berlibur untuk beberapa hari, jangan mengandalkan peralatan mandi di hotel atau berpikir untuk beli saja di lokasi tujuan nantinya. Selain karena bakal boros biaya (kadang harganya lebih mahal) juga karena akan menguras waktumu berbelanja. Di hotel pun biasanya hanya sebatas pelengkap, belum tentu tubuhmu cocok menggunakannya.

Bawa saja sedari rumah, beli yang ukuran kecil. Sikat gigi, pasta gigi ukuran mini, shampoo sachet, sabun cair, body lotion mini. Tak harus semua, seperlunya saja yang penting kamu tetap terjaga, bersih, dan wangi. Kamu sedang liburan, bukan sedang kerja kantoran.


Hal ini agar sebelum liburan, selama liburan, maupun sesudahnya, kulitmu tetap sehat, badanmu bersih terawat, dan tentunya menjalani liburan penuh semangat.


7. Handuk tangan dan tissue basah, serius deh, ini juga sangat berguna pada saat liburan

Liburan itu melelahkan dan bisa jadi keringatmu bercucuran

Liburan itu melelahkan dan bisa jadi keringatmu bercucuran via https://static.pexels.com

Namanya juga liburan, apalagi jika pergi ke pantai atau mendaki gunung, tentu membendung keringat itu tak mudah. Jadi, siapkan handuk tangan. Usap peluh keringatmu hingga kering. Tissue basah non alkohol bisa jadi penyegar kulit dan penambah wangi agar bau keringat tertutupi.


Jangan sampai bikin teman, gebetan, atau kekasihmu ilfeel karena hal sepele ini ya guys.


8. Sebotol air minum dan sebungkus snack, buat jaga-jaga aja, siapa tahu jodohmu kelaparan dan kehausan

Berbagi makanan di perjalanan

Berbagi makanan di perjalanan via https://static.pexels.com

Kemanapun kakimu melangkah, pastikan di setiap perjalanan kamu berbekal makanan ringan (entah roti, biskuit, permen) dan sebotol air minum. Bukan sebatas bekal agar tidak lapar dan kehausan. Berbagi makanan di tempat baru dan di perjalanan terbukti mempererat ikatan emosional. Bahkan bisa jadi awal mula untuk berkenalan.


Seperti halnya ketika mendaki gunung, bertegur sapa kadang diawali dengan berbagi segelas kopi atau semangkuk mie instan.


Bagi golongan darah O, jangan telat makan yaa, kami kawatir jika asam lambung tiba-tiba menyapa. Bagi para wanita, jangan cemas dengan makanan ringan yang kalian santap, karena kalorinya akan segera terbakar dan lenyap.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya