#AyoKeUK

Britania Raya atau yang umumnya lebih dikenal dengan sebutan United Kingdom merupakan sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat laut benua eropa yang kini telah menjadi salah satu primadona bagi para pecinta trevelers di seluruh dunia. Pulau dengan nama resmi “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland” ini memiliki daya tarik tersendiri baik dari aspek historis, kultural maupun pesona alamnya.

Bahkan siapa sangka aktris cantik seperti Emma Watson juga berdarah Inggris? Pada akhirnya berbagai aspek tersebut telah mendorong banyak kalangan untuk berkunjung dengan kepentingan yang beraneka ragam, seperti untuk tujuan pekerjaan, pendidikan, bahkan hanya sekadar untuk tujuan wisata pada saat libur panjang.

1. Kerajaan di Kepulauan Britania Raya

Peta Kerajaan United Kingdom

Peta Kerajaan United Kingdom via http://republika.co.id

Terdapat empat negara kecil di dalam kepulauan Britania Raya yaitu: England yang beribu kota di London, Scotland yang beribu kota di Edinburgh, Wales yang beribu kota di Cardiff, dan Nothern Ireland yang beribu kota di Belfast. Sedangkan Republic of Ireland tidak termasuk kedalam gabungan ini sehingga kita tidak bisa masuk kedalamnya hanya dengan menggunakan visa Inggris.

Britania Raya yang kita kenal sebenarnya merujuk kepada pulau besarnya Inggris yang terdiri dari kerajaan England, Kerajaan Scotland dan Principality of Wales. Kadangkala banyak orang yang menyebut Britain hanya untuk mempersingkat, walaupun menurut sejarahnya, nama “Britania” ini digunakan untuk menyebut England dan Wales saja. Sementara itu, United Kingdom adalah Great Britain ditambah Nothern Ireland.

2. Konteks Historis Britania Raya

Negara-negara

Negara-negara via http://wikipedia.org

Advertisement

Dari konteks historisnya, Britania Raya memiliki sejarah kolonialisme yang cukup panjang dan salah satu yang paling berpengaruh di dunia. Tercatat ada 58 negara yang merupakan negara jajahan Inggris dan juga menjadi negara federasi, misalnya seperti Malaysia, Australia, India, dan masih banyak lagi. Uniknya, jika negara jajahannya disatukan, maka luasnya akan sama dengan luas permukaan bulan.

Selain itu, bahasa Inggris merupakan bahasa yang menjadi penutur terbanyak di dunia dan telah menjadi bahasa resmi perserikatan bangsa-bangsa. Sehingga tidak mengherankan jika Britania Raya memang sangat tepat untuk dijadikan tujuan wisata atau keperluan lainnya, karena kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan penduduk setempat dengan menggunakan bahasa Inggris.

3. Windsor Castle, Istana Tertua dan Terbesar di Dunia

Windsor Castle in UK

Windsor Castle in UK via http://europeantris.org

Kerajaan Britania Raya dipimpin oleh seorang Ratu yaitu Ratu Elizabeth II. Beliau memiliki Putra mahkota bernama Pangeran Charles. Mungkin beberapa dari kita telah mengikuti perkembangan media berita mengenai keluarga kerajaan ini, termasuk tentang anak-anak Pangeran William dan Kate.

Advertisement

Ratu Elizabeth II saat ini tinggal di sebuah kastil bernama windsor Castle dimana bangunan ini merupakan istana tertua dan terbesar di dunia yang sampai saat ini masih dihuni oleh keluarga kerajaan. Bangunan istana tersebut memiliki struktur dan desain yang sangat kental dengan budaya ala eropa sehingga kita dapat merasakan sensasi yang berbeda ala kebudayaan barat.

4. Bangunan Khas Eropa yang Menarik Hati

Kota London, UK

Kota London, UK via http://asthesparrowflies.com

Dilihat dari konteks kulturalnya, Britania Raya memiliki daya tarik tersendiri dari pola dan bentuk bangunannya. Bangunan khas eropa dapat ditemukan dengan mudah hampir diseluruh wilayah kerajaan dalam bentuk dan pola yang unik nan indah. ketika kita berada di sana, itu akan terasa seperti sedang berada di negeri dongeng.

Britania Raya merupakan surga bagi setiap orang yang memiliki ketertarikan pada budaya barat terutama pada bangunan khas eropa yang memiliki konteks historis yang panjang. Misalnya saja di kota London yang menyimpan 4 situs warisan Dunia yang terkenal, yaitu Istana Wesrminster, Menara London, Maritim Greenwich, dan Kew Botanical Gardens.

5. Landmark dan Eksotisnya yang Terkenal di UK

Big Ben in UK

Big Ben in UK via http://merdeka.com

Di Kota London, terdapat sebuah landmark yang paling terkenal di seluruh dunia yaitu sebuah menara jam raksasa yang dikenal dengan nama Big Ben. Sebenarnya, Big Ben ini mengacu pada lonceng yang terdapat pada menara jam tersebut. Dalam sejarahnya, sebenarnya menara ini secara resmi bernama Elizabeth Tower, yang diberikan usai perayaan Diamond Jubilee, sejak 60 tahun tahta Ratu Inggris pada tahun 2012 lalu.

Hingga saat ini, Big Ben telah menjadi salah satu tujuan utama bagi para travelers diseluruh dunia karena lokasinya yang strategis di jantung Kota London dan juga memiliki panorama yang cukup romantis terutama bagi travelers yang memiliki pasangan.

6. Merasakan Sensasi "Tea Time" ala UK

Tea Time in UK

Tea Time in UK via http://bbc.com

Jika kita berkunjung ke Britania Raya dalam jangka waktu yang cukup lama, kita akan menyaksikan kebiasaan unik masyarakat sekitar terutama penduduk lokal asli yang melakukan aktivitas minum teh pada sore hari. Di sana, minum teh merupakan bagian dari kebudayaan penduduk lokal, di mana mereka akan meluangkan waktu untuk minum teh sekali dalam sehari yang dikenal dengan istilah Tea Time. Britania Raya memang cenderung lebih menyukai teh dibanding kopi, bahkan jumlah konsumsi teh mereka paling banyak jika dibandingkan dengan warga negara lainnya.

7. Green City, Bentuk Kenyaman di UK

Ruang Terbuka Hijau di UK

Ruang Terbuka Hijau di UK via http://treeconomics.co.uk

Jika dilihat dari sisi alamnya, keindahan Britania Raya tidak kalah dengan negara-negara pariwisata alam terkenal di dunia. Karena bentuk negaranya yang kepulauan, Britania Raya memiliki berbagai panorama alam yang amat cantik dan menawan. Letaknya yang berada di lepas pantai barat laut benua eropa menjadikan negara ini sangat dipengaruhi oleh iklim laut. Walaupun secara umum negara ini memiliki 4 musim, namun iklim di Britania Raya lebih bersahabat dibanding negara-negara eropa lainnya terutama bagi penduduk asia dan afrika.

Musim panas di sana bisa mencapai suhu diatas 30 derajat. Begitupun saat musim dingin tiba, suhunya tidaklah terlalu dingin. Selain itu, Britania Raya juga memiliki tata ruang kota dan ruang terbuka hijau yang cukup banyak sehingga sangat nyaman untuk di jadikan tempat tinggal. Walaupun pada beberapa pusat kota industri asap hasil industri cukup terasa, namun penataan ruang dan gaya bangunan khas Britania menjadi penyeimbang sehingga tetap menjadi daya tarik yang tiada duanya.

8. Panorama Alam yang Menawan dari UK

Thames River

Thames River via http://wallpapers.ae

Britania Raya juga terkenal dengan kemajuan di bidang transportasinya. Kereta bawah tanahnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Selain itu, terdapat Sungai Thames yang melintasi kota London dimana disepanjang sungai terdapat lebih dari 200 jembatan dan 20 terowongan yang keindahannya dapat kita rasakan dengan menggunakan transportasi sungai seperti perahu.

Pengaturan saluran air yang baik dan kesadaran masyarakat Britania yang tinggi terhadap lingkungan ditunjang dengan teknologi tranportasi paling mutakhir menjadikan negara ini sangat patut dikunjungi. Bahkan lembaga-lembaga penilaian dibidang lingkungan hidup menjadikan beberapa wilayah di Britania raya menjadi the best of green city in the world.

Layaknya sebuah pulau dari negeri dongeng, kita akan mendapatkan all in one di pulau ini. keunikan dalam memicu daya tarik dari konteks historis, kultural dan panorama alam yang dimiliki Britania Raya telah menjadi alasan yang kuat bagi para travelers dengan berbagai kepentingan untuk menempatkan pulau ini sebagai list kunjungan utama mereka. Si cantik dari lepas pantai barat laut benua eropa, sangat patut dijuluki untuk Britania Raya. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya