Si Penyendiri yang Setia, Ini 8 Kelebihan Tipe Kepribadian ISTJ

kelebihan kepribadian ISTJ

Pernah mendengar istilah ISTJ? ISTJ adalah salah satu tipe kepribadian yang didasari pada hasil tes dari Meyers-Briggs Personality Type Indicator (MBTI). Tipe ISTJ menjadi salah satu tipe kepribadian terbanyak di dunia dengan total sekitar 13% dari populasi dunia. Menjadi salah satu yang terbanyak, jadi apa sih sebenarnya kelebihan dari tipe kepribadian ISTJ ini? Berikut ini adalah 7 kelebihan yang dimiliki oleh seorang ISTJ. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Advertisement

1. ISTJ adalah singkatan dari Introversion, Sensing, Thinking, Judging

photo by Keenan Constance https://www.pexels.com

photo by Keenan Constance https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Untuk lebih jelasnya, introversion menunjukkan bahwa tipe ini lebih menyukai kesendirian untuk mengembalikan energinya sehingga tidak terlalu nyaman ketika harus dihadapkan dengan keramaian. Sensing menunjukkan bahwa, tipe ini cenderung menyukai hal-hal yang masuk akal atau logis. Thinking menunjukkan bahwa tipe ini lebih mengedepankan fakta dan logika ketika mengambil keputusan dibandingkan dengan menggunakan perasaan. Dan Judging menunjukkan bahwa tipe ini memiliki kemampuan perencanaan yang sangat baik sehingga sulit untuk menerima hal hal yang bersifat dadakan.

2. Sangat menyukai kesendirian

photo by Jure Širić https://www.pexels.com

photo by Jure Širić https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Sama seperti penjelasan sebelumnya, bahwa seorang ISTJ itu sangat suka dengan kesendirian. Dalam kesendiriannya, seorang ISTJ akan melakukan hal-hal yang membutanya bahagia, misalnya menonton drama Korea, mendengarkan musik, menulis atau bahkan memunculkan ide-ide yang membuatnya lebih produktif.

Advertisement

3. Sistematis dan menyukai sesuatu yang tertata dengan rapi

  photo by Serpstat https://www.pexels.com

photo by Serpstat https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Bukan ISTJ namanya jika mereka tidak suka dengan keteraturan. Mereka lebih suka melakukan sesuatu secara urut dan sesuai dengan rencana, daripada berkreasi dengan cara lain. Bukan hanya teratur dalam hal prinsip saja, bahkan untuk hal-hal kecil pun, seperti penataan barang barang di atas meja kerja misalnya. Mereka akan memikirkannya dengan matang. Akan sangat mengganggu bagi seorang ISTJ jika melihat banyak barang berserakan dalam ruangan.

4. Senang mengikuti aturan yang ada sehingga jarang sekali melanggarnya

photo by Joshua Miranda https://www.pexels.com

photo by Joshua Miranda https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Seorang ISTJ dapat dikatakan orang yang taat aturan. Pantang bagi seorang ISTJ untuk melanggarnya. Mereka akan memikirkan dengan matang semua kerugian apabila berani melanggar sebuah aturan yang berlaku.

5. Bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah dipilih

photo by Jacqueline Kelly https://www.pexels.com

photo by Jacqueline Kelly https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Seorang ISTJ memang terkenal dengan sifat tanggung jawabnya yang tinggi. Mereka adalah orang yang berani menanggung segala konsekuensi, terhadap apapun yang sudah mereka pilih.

Advertisement

6. Berdedikasi tinggi terhadap apapun yang sedang dilakukan

photo by Monstera https://www.pexels.com

photo by Monstera https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Seorang ISTJ akan selalu bekerja keras dan mengerahkan usaha terbaiknya untuk mendapatkan apa saja yang sudah menjadi tujuannya. Jadi tidak heran jika melihat ISTJ sebagai orang yang tidak mudah menyerah ketika melakukan sesuatu.

7. Sangat menyukai fakta dan hal-hal logis

photo by Wallace Chuck https://www.pexels.com

photo by Wallace Chuck https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Untuk seorang ISTJ, berbicara tanpa fakta adalah omong kosong belaka. Apalagi berbicara hal hal yang tidak masuk akal. ISTJ akan selalu mengandalkan logika dan berorientasi pada nalar logis ketika menyampaikan sesuatu. Mereka juga butuh bukti konkret untuk mempercayai sesuatu. Jadi jangan coba-coba mendebat ISTJ kalau bukti yang kita pegang tidak kuat atau tidak logis ya.

8. Loyal dan berprinsip

photo by Helena Lopes https://www.pexels.com

photo by Helena Lopes https://www.pexels.com via https://www.pexels.com

Nah ini nih, walaupun suka dengan kesendirian, tapi seorang ISTJ adalah orang yang setia lo. Mereka akan terus mendalami relasi dengan teman temannya maupun pasangannya, sehingga hubungan yang dibangun menjadi lebih akrab dan berkualitas. Walaupun terlihat kaku karena berprinsip pada pendiriannya, seorang ISTJ tetap menganggap bahwa hubungan dengan orang terdekat itu selalu berharga.

Jadi gimana nih setelah membaca ulasan diatas? Apakah kamu termasuk seorang ISTJ juga? Di balik sifat pendiamnya ternyata ISTJ adalah orang yang setia ya. Jadi jangan coba-coba mengkhianati seorang ISTJ ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE