Menurut para ahli, kelas merupakan ruangan yang dibatasi oleh empat dinding tempat sejumlah siswa berkumpul untuk mengikuti proses pembelajaran. Saat kita kebagian piket kelas, yang dimulai sejak dari SD, SMP, SMA, maupun SMK, jadwal itu telah ditentukan dan berlaku bagi para siswa sekali seminggu.

Sayangnya, tidak semua siswa tertarik atau malas mengerjakan tugas sesederhana ini. Sebab alasan yang ingin cepat-cepat pulang dan ada petugas kebersihan sekolah yang bekerja langsung untuk membersihkan tiap kelas. Padahal, kegiatan piket kelas seperti menyapu, membereskan meja yang berantakan, dan menghapus papan tulis, sudah menjadi tanggung jawab dini untuk menyiapkan masa depannya kelak.

Kebersihan kelas itu mempengaruhi proses pembelajaran kegiatan belajar-mengajar. Baik kelasnya kotor, maupun kelas yang bersih. Lantas, apa saja sih keuntungan kita melaksanakan piket kelas sebenarnya?

1. Menumbuhkan sikap kerja sama

Yes, kerja sama! Saling bergotong royong membersihkan satu kelas untuk bagian dan tujuannya masing-masing. Mana ada piket kelas hanya seorang diri kan ya?

2. Eh, jangan salah, ternyata piket kelas itu bisa menumbuhkan kepedulian kamu terhadap teman

The Daily Dot

The Daily Dot via https://www.dailydot.com

Pernahkah teman kamu mengalami kesulitan saat menghapus papan tulis? Disitu, kamu cobalah untuk membantu teman yang tidak bisa menghapus papan tulis. Mungkin, temanmu mengalami kesulitan itu karena tinggi badannya atau alat kebersihannya yang kurang.

3. Tidak hanya teman saja, sikap peduli kamu juga bisa ditularkan pada lingkungan kelas

Advertisement

Lingkungan kelas yang bersih merupakan cerminan dari kesiapan siswa untuk belajar besok. Ketika kamu sudah membersihkan kelas dan kelas itu menjadi bersih, pasti otomatis guru yang akan masuk besok menjadi senang dan hati kamu tidak merasa jijik lagi terhadap kotoran-kotoran kelas lagi.

Makin bersemangat lagi dong, piketnya!

4. Menambah bakat dalam kebersihan

gurumurid.com

gurumurid.com via https://gurumurid.com

Ada yang pernah menduga, enggak? Ternyata nih, ada lho orang dari yang tidak bisa menyapu, jadi bisa menyapu karena dia mengerjakan piket kelas. Benar-benar keren, kan? Jiwa kebersihannya pun bertambah satu. Walaupun sederhana, tetapi mudah untuk dilakukan sekaligus menambah minat dan bakat dalam kebersihan.

5. Yang pastinya bikin kompak!

radiorsd.pe

radiorsd.pe via http://radiorsd.pe

Advertisement

Terakhir nih manfaatnya, kompak satu sama lain. Sudah saling bagi-bagi tugas, siapa mengerjakan apa, yang penting selesai dan bersih maksimal.

Hasilnya jangan diragukan lagi. Kerja sama antar tim piket kelas, selain kompak dan bersama-sama dalam mengerjakannya, pasti akan menjadi tanggung jawab siswa sekali seminggu. So, masih malas piket kelas? Mari, kita gerakan jiwa piket kita tidak hanya di rumah saja, tapi di sekolah juga ya :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya