5 Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Sifat INFJ, Tipe Kepribadian Terlangka!

INFJ, tipe kepribadian terlangka di MBTI

Kamu tahu tipe apa kepribadianmu menurut MBTI? MBTI atau Myers Briggs Type Indicator adalah sebuah psikotes untuk mencari tahu seperti apa kepribadianmu sebenarnya. Menurut MBTI, terdapat 16 kepribadian yang ada di dunia, yaitu:

ESTJ, ENTJ, ESFJ, ENFJ, ESTP, ENTP, ESFP, ENFP, INFP, ISFP, INTP, ISTP, INFJ, ISFJ, INTJ dan ISTJ. 

E adalah Extroverted, S adalah Sensing, T adalah Thinking, J adalah Judging, I adalah Introverted, N adalah Intuitive, F adalah feeling dan P adalah Perceiving. 

Berikut ini adalah sifat-sifat INFJ, tipe kepribadian terlangka di antara 16 tipe MBTI lainnya.

Advertisement

1. Tidak suka berisik dan benci keramaian

Menjauhi Keramaian

Menjauhi Keramaian via https://unsplash.com

INFJ, mungkin karena sifat introvert-nya, tidak menyukai keramaian dan suasana berisik. Orang-orang dengan tipe INFJ bisa sangat terganggu bila keadaan di sekitarnya sangat berisik, ia bahkan bisa marah hanya karena mendengar suara berisik.

Keramaian pun mengganggunya, makanya jarang sekali orang-orang dengan tipe INFJ bepergian keluar rumah. Duduk sambil membaca buku di rumah adalah aktivitas kesukaannya. 

Advertisement

2. Sensitif

Orang-orang INFJ adalah orang-orang yang sensitif. Mereka mudah sekali merasakan emosi dari orang lain. Empati yang dimiliki orang-orang INFJ sangat tinggi hingga mereka sering menjadi tempat curhat yang baik untuk orang lain. Mereka juga mudah menangis bila mendengar hal sedih. 

3. Suka memerhatikan hal detail

Memerhatikan hal detail

Memerhatikan hal detail via https://unsplash.com

Orang-orang dengan kepribadian INFJ suka memerhatikan hal-hal kecil. Mereka sering menulis hal-hal yang mereka rasa penting sampai detail-detailnya, bahkan mereka juga suka merencanakan sesuatu dari jauh-jauh hari.

Mereka adalah orang yang sangat terencana dan terperinci.

Advertisement

4. Introvert dengan hati extrovert

Berhati ekstrovert

Berhati ekstrovert via https://unsplash.com

Orang-orang dengan tipe INFJ adalah orang-orang introvert dengan hati extrovert. Mereka memang tertutup, tetapi hatinya terbuka untuk orang lain. Mereka dapat menerima dengan mudah pembicaraan orang lain, juga merasakan apa yang mereka rasakan. 

5. Perbedaan sifat di depan orang yang berbeda

Analitis di depan para perasa

Analitis di depan para perasa via https://unsplash.com

Bukannya munafik, tetapi INFJ memperlakukan orang berbeda-beda. Di depan para pemikir, INFJ terlalu perasa. Sementara di depan para perasa, INFJ terlalu analitis. Hal tersebut yang terkadang membuat INFJ jadi kesulitan sendiri untuk menangani perasaannya.

Nah, bagaimana, sudah mengerti tentang hati seorang INFJ? Alangkah indahnya bila kita memahami orang lain dengan baik demi kebersamaan. Karena kebersamaan itu indah, benar, kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

CLOSE