Indonesia termasuk dalam negara unik, dimana selain keunikan budaya, sosial, serta jenis jenis makanannya, ada pula keunikan yang perlu kamu ketahui dari segi pekerjaan atau profesi yang digeluti. Pernahkah kamu melihat iklan lowongan kerja di media massa? Jika pernah pasti isinya ada berbagai macam pekerjaan, akan tetapi tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis lowongan pekerjaan yang tak akan pernah kamu temui di iklan lowongan kerja?

1. Pedel

Pernah kamu mendengar profesi pedel? Perlu kamu ketahui, pedel merupakan orang yang pekerjaannya mengatur serta mengadakan upacara pada Perguruan Tinggi.

2. Aktuaria

Aktuaria

Aktuaria via https://brilio.net

Penahkah kamu mendengar kata aktuaria? Jika belum, mungkin tebakanmu aktuaria adalah orang yang pekerjaannya membenahi akuarium, atau bahkan kamu mengira dia merupakan orang yang pintar mengubar air menjadi siap minum? Sebenarnya pekerjaan apa sih yang disebut dengan aktuaria itu? Kamu penasaran ? Jika iya, simak penjelasan berikut.

Advertisement

Menurut KBBI, Aktuaria merupakan seorang yang menguasai teori statistik disertai dengan ilmu keuangan yang hebat, dengan kedua ilmu tersebut aktuaria mampu mengimplementasikan ilmunya untuk menyelesaikan persoalan bisnis aktual. Pengertian sederhananya, aktuaria adalah ahli matematika (statistik dan keuangan) yang berhubungan dengan asuransi.

Persoalan bisnis yang digeluti aktuaria ialah persoalan yang menyangkut kegiatan analisa kejadian masa depan yang kemungkinan akan berdampak si segi finansial. Intinya, aktuaria mampu menghitung besaran hitungan klaim asuransi yang dapat diambil oleh costumer apabila terjadi masalah di masa depan.

3. Sinder

Sinder ialah orang yang pekerjaannya menjadi pengawas dalam sebuah instansi pada extrasi hasil alam. Sinder biasanya ditempatkan di ruang terbuka untuk mengawasi pekerja lain, atau bisa juga untuk mengawasi sebuah kegiatan. Instansi yang membuka lowongan kerja ini biasanya berasal dari perusahaan besar seperti perkebunan kelapa sawit, maupun perusahaan karet.

4. Dobi

Advertisement

Dobi merupakan orang yang mampu bekerja sebagai penyetrika sekaligus menjadi pencuci pakaian. Pekerjaan ini tentu sangat jarang terlihat di iklan lowongan kerja baik di website lowongan kerja maupun surat kabar. Hal ini perlu dimaklumi, karena biasanya dobi dikomandoi oleh sebuah vendor pihak ke tiga yang fungsinya untuk menjembatani antara dobi dengan perusahaan penyewa tenaga dobi.

5. Bosman

Bosman merupakan orang yang bekerja sebagai awak kapal dimana tugas utamanya yaitu memimpin awak kapal lain di bagian dek. Profesi bosman sangatlah vital dalam sebuah pelayaran, akan tetapi sudahkah kamu kenal dengan profesi ini?

Unik bukan? Bagaimana? Apakah kamu termasuk orang yang minat dalam ke lima jenis pekerjaan tadi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya