Teknik sipil merupakan ilmu yang sangat luas. Banyak universitas baik negeri maupun swasta yang membuka pragram studi ini. Intinya, teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang menunjang kemajuan peradaban manusia dengan tujuan lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, berupa insfrastruktur, gedung, dan sebagainya.

Lucunya, ada aja orang yang masih menganggap teknik sipil ini adalah ilmu yang dipelajari untuk menyiapkan kita bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, jadi lurah, camat, dsb. Hmm.. ada sih memang lulusan teknik sipil yang seperti itu. Tapi bukan itu yang kita pelajari di teknik sipil, sob!

Contoh hasil karya dari penerapan ilmu teknik sipil adalah gedung, jembatan, bendungan, dermaga, jalan raya, dan masih banyak lagi. Jadi bukan belajar gimana caranya jadi camat, lurah, dll. Biasanya memang yang jadi pertanyaan calon mahasiswa, apa aja sih yang dipelajari di teknik sipil? apa iya kita langsung belajar membangun gedung, jembatan, dan bangunan lainnya?

Nah, sebenarnya, ada 5 cabang ilmu di teknik sipil, begini penjelasannya

1. Struktur

konstruksi baja

konstruksi baja via http://www.kreasindojaya.com

Hampir di setiap infrastruktur atau bangunan perlu ilmu struktur. Cabang ini mempelajari tentang analisis pengaruh faktor dari luar dan dalam berupa gaya-gaya yang bekerja, kemudian perubahan bentuk yang bakal terjadi pada bangunannya. Kita juga belajar memilih bahan yang tepat berdasarkan karakteristik dan sifat-sifat bahannya. Cabang ini perlu pemahaman dan ketelitian dalam berhitung. Bisa dibayangkan seandainya kita salah perhitungan dalam merencanakan, konstruksi dapat boros atau lebih buruknya ambruk.

2. Geoteknik

Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat tanah dan batuan. Tanah yang digunakan untuk dasar dari suatu bangunan memiliki karakteristik apakah mampu atau tidak menahan beban bangunan. Terjadinya penurunan tanah dan longsor adalah hal-hal yang juga kita pelajari di cabang ilmu geoteknik ini.

3. Hidrologi

bendungan

bendungan via http://turez.id

Advertisement

Merupakan ilmu yang mempelajari tentang air, meliputi jenis aliran, debit air, kebutuhan air maupun cara mengalirkan airnya serta curah hujan. Kalian juga akan mengenal yang namanya Daerah Aliran Sungai (DAS), yaitu daerah yang dibatasi oleh punggung bukit atau gunung yang mana air hujan mengalir ke sungai besar kemudian mengalir ke sungai-sungai kecil. DAS dan curah hujan akan banyak digunakan di cabang ilmu hidrologi terutama untuk merencanakan bangunan air, seperti bendung dan bendungan.

4. Transportasi

perlintasan kereta

perlintasan kereta via http://www.tilik.id

Transportasi adalah upaya/cara untuk memindahkan barang/orang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan nyaman dan aman serta efektif dan efisien yang membutuhkan sarana dan prasarana. Menganalisis volume kendaraan, supply-demand, membuat rekayasa lampu lalu lintas dan rambu-rambu lainnya di jalan, merencanakan dan membuat perkerasan jalan, dan masih banyak lagi

5. Manajemen Konstruksi

manajemen konstruksi

manajemen konstruksi via http://pendidikanbarana.blogspot.com

Cabang ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan dan melaksanakan proyek supaya efektif dan efisien. Menghitung rencana anggaran biaya, menyusun jadwal pekerjaan, menghitung kebutuhan pekerja, material dan peralatan hingga memikirkan teknis pekerjaannya di lapangan merupakan hal-hal yang termasuk dalam manajemen konstruksi. Selain itu, rekayasa ekonomi juga masih dalam lingkup cabang ilmu ini. Butuh pengalaman untuk benar-benar bisa menguasai cabang ilmu ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya