5 Solusi Ampuh yang Bisa Kamu Terapkan untuk Belajar Menyukai Ibu Mertua. Pelan-pelan Pasti Bisa!

solusi belajar menyukai ibu mertua

Kenyataan tidaklah selalu sama persis seperti apa yang kita kira. Terkadang, lebih sering kenyataan itu justru sangat berbeda dengan apa yang kita ekspektasikan. Sama halnya dengan kita dan ibu pasangan kita, yang kita sebut ibu mertua. Pada awalnya, kita berpikir bahwa dia adalah sosok yang ramah, mudah untuk diajak berbincang dan bercerita, dan bahkan dengan mudah bisa menjadi sangat dekat dengan dia. Tidak jarang bahwa ekspektasi ini ternyata salah.

Saat kita menghadapi kenyataan bahwa justru realitanya sangat berlawanan, secara tidak sadar kita menumbuhkan rasa tidak suka terhadap ibu mertua kita. Seperti misalnya, kita mulai kesal saat pasangan kita bercerita tentang ibunya atau rasa ingin mencibir ketika kita melihat postingan ibunya di social media.

Situasi seperti itu akan merugikan hubungan antara kita dan pasangan kita juga. Apabila terus menurus tidak diperbaiki, akan menyebabkan situasi yang lebih buruk lagi kedepannya, dan di masa depan. Berikut adalah solusi ampuh yang bisa dilakukan untuk belajar menyukai ibu mertuamu.

Advertisement

1. Berhenti membuat ekspektasi

Agony-aunt-Jane-O-Gorman-rude-mother-in-law-problems

Agony-aunt-Jane-O-Gorman-rude-mother-in-law-problems via http://www.express.co.uk

Ini adalah faktor utama kenapa kita bisa membenci ibu mertua. Secara tidak sadar, kita berharap dia akan menjadi sosok yang sama seperti ibu kandung kita. Realitanya, ibu mertua dan ibu kandung kita adalah 2 individual yang berbeda. Belajar untuk mengerti sikap-sikap ibu mertuamu, dan memilah mana yang positif dan negatif. Kita tidak bisa selalu berekspektasi agar sikap dia sama seperti apa yang kita ingingkan.

2. Sikap dia tidak bisa diubah

mother-daughter-relationship

mother-daughter-relationship via http://www.aconsciousrethink.com

Pahami dan hadapi kenyataan bahwa sikap ibu mertuamu tidak akan bisa diubah. Berhentilah untuk memotifasi dirimu dan pasanganmu untuk merubah sikap ibunya. Jika kita lihat lebih dalam lagi, rata-rata ibu mertua sudah berumur 40 tahun dan keatas. Untuk merubah sikap seseorang yang bahkan umurnya jauh diatas kita, sangatlah susah. Pada usia demikian, kepribadian seseorang sudah tidak berpotensi untuk diubah. Maka dari itu, terima kenyataan bahwa sikap ibu mertuamu tidak bisa berubah begitu saja. 

Advertisement

3. Maafkan segala hal buruk dalam dirinya

The-Daughter-In-Law-Is-A-Priceless-Gift

The-Daughter-In-Law-Is-A-Priceless-Gift via http://teehog.com

Terdengar tidak mudah, tapi dengan memaafkan perilaku buruk ibu mertuamu akan menjadi cara ampuh untuk tidak membenci dia. Pada situasi seperti ini, jadilah pribadi dengan hati besar dan penuh kesabaran. Ibu mertuamu jugalah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Apabila hal buruk dalam dirinya selama ini membuatmu risih dan tidak nyaman, belajar untuk memaafkan agar hatimu bersih dari kekesalan dan ketidaksukaan terhadap dia. 

4. Jujur dengan pasanganmu

Discussing-Difficult-Topics-in-Your-Marriage

Discussing-Difficult-Topics-in-Your-Marriage via http://www.marriage.com

Apabila kita sadar bahwa kita memiliki perasaan tidak suka terhadap ibu pasangan kita, sebaiknya kita perlahan memberitahu pasangan kita. Jangan hindari perasaan tersebut, atau bahkan menutupinya. Bicarakan dengan pasanganmu, apa yang membuat rasa tidak suka tersebut timbul. Cari waktu dan tempat yang cocok untuk berdiskusi mengenai perasaanmu tersebut. Bicarakan dengan lembut dan kepala dingin agar pasanganmu tidak salah paham, dan bisa mendapat solusi baik pula. 

5. Nikmati prosesnya

Good-morning-tea-drinking-woman

Good-morning-tea-drinking-woman via https://www.whatisepigenetics.com

Ketahuilah bahwa proses menyukai ibu mertuamu membutuhkan waktu. Tidak ada salahnya untuk memberi dirimu sendiri waktu juga untuk  belajar dan menerima. Langkah kecil untuk memberi dirimu waktu, bisa dengan sementara tidak menjalin pertemanan di social media agar tidak memicu perasaanmu. Sedikit jeda untuk bertemu dengan ibu mertuamu juga dapat menjadi cara dirimu memberi waktu. Dan yang paling penting, nikmati proses ini semua dengan pikiran yang lebih tenang dan hati yang ikhlas. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE