Step-by-Step Ini Bisa Kamu Lakukan dalam Memulai Usaha untuk Menghasilkan Cuan!

Sedikit tips buat menghasilkan cuan sendiri, nih!

Pasti bosen banget ya melakukan aktivitas dari rumah terus. Nggak ada kegiatan lain selain kuliah daring, work from home, dan mengerjakan pekerjaan rumah. Pernah nggak sih kalian yang masih sekolah atau di perguruan tinggi kepikiran buat menghasilkan cuan sendiri?

Yaaa itung-itung untuk pemasukan pribadi buat jajan cilok atau beli seblak, hehe. Yuk bahas kiat-kiat apa saja yang harus dilakukan secara konsisten biar memperlancar pemasukan usaha~

Advertisement

1. Tentukan jenis usaha apa yang akan ditekuni

Photo by Liputan6

Photo by Liputan6 via https://www.liputan6.com

Step pertama yakni lakukan research akan berjualan apa serta tentukan target pasar. Meskipun berencana untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan seperti aksesoris, keperluan alat tulis, ataupun snack jajanan rumahan, tetap saja menentukan target pasar adalah hal yang harus dilakukan. Jika sudah yakin untuk memulai suatu bisnis, maka mari menuju ke tahap kedua!

2. Mulai mencari Supplier atau Cara untuk Mendapatkan Barang

Ini adalah step yang penting, ya!

Advertisement

Bisa jadi usaha kalian sangat sukses dan lancar kedepannya, jadi guna memenuhi permintaan pelanggan, jangan sampai kalian kehabisan barang jualan. Ya, bisa juga sih memberlakukan sistem PO (Pre-order) dimana kalian mengorderkan pesanan pembeli jika sudah deal, jadi engga nyetok barang di rumah. 

Semua kembali lagi ke prefernsi kalian lebih suka yang mana. Tapi, alangkah baiknya untuk melakukan sistem PO di awal usaha, guna menghindari pembatalan orderan secara sepihak. 

Yang penting sih, cari supplier dulu ya! Biar engga bingung nyari barangnya.

Advertisement

3. Mulai branding

Photo by Nata Property

Photo by Nata Property via http://www.nataproperty.com

Langkah selanjutnya adalah melakukan branding produk atau promosi jualan dengan memanfaatkan media sosial. Karena di zaman sekarang, hampir semua orang memiliki akses untuk online, jangan melewatkan kesempatan ini ya!

Manfaatkan berbagai platform media sosial dengan semaksimal mungkin. Kalian juga bisa langsung terjun ke marketplace juga, lho! Hanya saja, jangan mudah putus asa dalam prosesnya, karena sebagai pendatang baru yang mencoba menggaet customer di marketplace bukanlah perkara yang mudah. Keep going!

4. Promosi melalui teman-teman dan kerabat

Photo by Preemptivelove

Photo by Preemptivelove via https://preemptivelove.org

Gunakan peluang ini, ya! Disaat berkumpul dengan teman maupun kerabat, usahakan untuk membuka pembicaraan mengenai usaha yang baru kalian jalankan. Dengan harapan mereka bisa membantu menglarisi dan juga menyebarkan informasi usaha kalian. Biasanya cara ini yang paling efektif, promosi mulut ke mulut, tanpa biaya namun hasilnya lumayan juga. Karena itu, jaga hubungan baik dengan teman-teman, biar usaha kalian juga bisa terbantu oleh mereka 😀

5. Selalu update aktivitas jualan secara berkala

Photo by Gossipgenie

Photo by Gossipgenie via https://gossipgenie.com

Langkah ini biasanya yang menjadikan patokan seseorang jadi berbelanja atau tidak. Update mengenai stock produk, testimoni pelanggan, bukti pengiriman barang, dan sejenisnya terbukti menjadi penentu jadi atau tidaknya seseorang dalam melakukan transaksi.

Dibanding dengan akun jualan yang jarang melakukan update mengenai stock, maka akun jualan yang lebih aktif akan lebih banyak dilirik oleh calon pembeli.

Aktivitas yang diunggah juga tidak melulu harus mengenai produk jualan kok. Bisa saja diselingi dengan konten quotes, atau konten rekomendasi tempat liburan, makanan ringan yang cocok untuk teman ngemil, film atau drama korea dan lain sebagainya. Yang penting akun jualan aktif dan perhatikan feeds agar selalu terlihat menarik.

6. Promosi, promosi, dan promosi! Diskon atau adakan giveaway

Photo by Rafflespress

Photo by Rafflespress via https://rafflepress.com

Nah, pengadaan Giveaway juga lumayan berpengaruh untuk menaikkan jumlah traffic akun jualan kalian, loh. Sesekali buatlah giveaway untuk merayakan jumlah followers yang menjadi target kalian, mungkin 1000 atau 2000 atau 10.000 tergantung goals. Bisa juga untuk memperingati satu tahun berdirinya usaha kalian atau tujuan-tujuan lainnya.

Untuk hadiah giveaway, tidak perlu yang besar-besar asalkan kalian masih merasa mampu meng-cover dana yang dikeluarkan untuk giveaway diambil dari keutungan usaha. Jangan sampai hanya untuk membuat giveaway sampai rela merogoh kocek pribadi! Yang penting capai keuntungan dulu baru giveaway deh 😀

7. DAN YANG TERPENTING: NIAT, BERDOA, DAN SENANTIASA BERUSAHA!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels

Dalam kesungguhan prosesnya, tidak semua hal berjalan mulus sesuai kehendak kita. Jadi, jangan pasrah jika di tengah jalan tiba-tiba datang hambatan, cobaan, maupun ujian. Mengeluh itu wajar, manusiawi sekali. Yang penting, selalu bangkit setiap tersandung adalah kunci! 

Jangan lupa selalu berdoa yang terbaik dan juga selalu berikap optimis dalam menjalani semua proses usaha!

Tetap semangat dan jangan lupa berbahagia 🙂 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

less is more,

CLOSE