Resolusi di awal tahun memang penting. Kira-kira bisa diilustrasikan seprti kita memulai hari baru, ada baiknya kita menyusun agenda apa yang akan kita kerjakan selama sehari penuh. Tapi, sadar nggak, sih? Kita seringkali cuma berwacana, tanpa gerak laksana.

Umumnya, kegagalan resolusi tahun baru punya alasan klise dan hampir sama di tiap orang. Berikut rangkuman alasan mengapa resolusimu cuma wacana saja.

 

1. Fokusmu Mudah Teralihkan, Ya?

Tetap Fokus

Tetap Fokus via http://majalahdia.net

Fokus pada satu tujuan mungkin bisa dibilang menjadi satu hal yang teramat sulit. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki banyak mimpi. Rasanya di satu hari dia harus mengerjakan banyak hal agar mimpi yang pernah dia impikan bisa cepat tercapai. Padahal ketika fokus terpecah, mencapai satu tujuan saja akan sangat sulit. Nah, untuk antisipasi pemecahan fokus, ada baiknya kamu buat skala prioritas. Urutkan saja dari mimpi apa yang paling urgen dan butuh effort paling besar.

2. Atau Mungkin Kalian Lupa dengan Resolusi Kalian Sendiri?

Jangan Lupakan

Jangan Lupakan via http://cahayahipnoterapi.com

Melupakan resolusi merupakan hal sangat fatal! Seakan kalian akan kehilangan tujuan hidup dan keseharianmu akan hambar. Ketika kita melupakan resolusi yang pernah kita buat maka kita telah melupakan sukses yang pernah kita cita citakan. Kiat utama agar kita tidak lupa dengan resolusi adalah kembali ke poin pertama, jaga fokus. Jangan mudah terdistract dengan bermacam hal di sekitar kalian.

3. Come On. Get Out of Your Comfort Zone, Bro

Zona Nyaman

Zona Nyaman via http://ydbpui.org

Kebanyakan dari kita sulit meninggalkan zona nyaman karena takut tantangan. Padahal, tidak selamanya zona nyaman itu aman, lho. Kalau mau meraih cita-cita, tentunya kita harus berani keluar dari ketakutan kita sendiri dan menantang dunia. No pain, no gain, right?

4. Optimis Cuma Sehari, Besoknya Jadi Pesimis Lagi

Parah, nih. Kamu optimis bisa meraihnya ketika merancang resolusi. Tapi, setelah hari berjalan dan kamu sadar banyak tantangan, kamu pilih untuk pelan-pelan mundur. Tantangan itu bukan untuk ditakuti, guys. Tantangan itu baik untuk dijadikan pertaruhan. Sejauhmana dirimu berkualitas untuk menghidupi mimpi-mimpimu sendiri.

5. "Kalau Mau Sukses, Ya Bergabunglah dengan Orang-Orang Sukses"

Tak dapat dipungkiri bahwa lingkungan menjadi faktor utama ketika teman-teman ingin menggapai semua resolusi yang ada. Jika lingkungan kita sehat maka kita sehat, lingkungan positif maka kita positif. Memang ada kemungkinan bahwa kita bisa bertolak belakang dengan lingkungan yang kita miliki. Namun, presentasenya sangat kecil sekali. Bagi teman-teman yang ingin bisa mengapai resolusi di tahu baru, bergaullah di lingkungan yang sesuai. Malu dong pasti kalau teman sepermainan sukses di suatu bidang sedangkan kalian cuma gigit jari?

 

Ingat. Proses tidak akan mengkhianati hasil, kok!