Sosok Ayah dan Suami Milenial, Suami Harapan Istri dalam Banyak Hal

Sudah jelas nikahnya berdua, bikin anaknya berdua, masa pas ngerawat cuma istri sendirian?

Menjadi suami masa kini atau biasa disebut dengan “suami milenial” merupakan sebuah tantangan baru. Ilmu parenting juga terus berkembang selaras dengan kebutuhan untuk menciptakan generasi-generasi yang tangguh, berkarakter dan modern. Mungkin sudah saatnya kita membuang jauh-jauh paradigma yang mengatakan bahwa menjadi suami itu cukup bekerja memenuhi kebutuhan nafkah anak dan istri saja.

Eitss… siapa bilang aktivitas suami hanya bekerja dan bekerja? Suami zaman now tidak sama dengan suami jaman dulu yang aktivitasnya hanya seputar mencari nafkah untuk anak dan istri, tetapi lebih dari itu, suami zaman now dianjurkan untuk bisa membantu istri dalam hal merawat dan mendidik anak. Zaman sekarang istri aja udah banyak yang bekerja membantu suami dalam hal keuangan, masa’ suami nggak bisa membantu dalam hal rumah tangga?

Bukan hal yang aneh ya guys, kalau merawat anak adalah tugas berdua. Sudah jelas nikahnya berdua, bikin anaknya berdua, masa pas ngerawat cuma istri sendirian? Hehehe. Padahal banyak lho hal-hal yang bisa dilakukan oleh suami milenial. Yuk, kita lihat apa saja contohnya.

Advertisement

1. Bantu istri ganti popok anak asli deh bikin istri seneng banget. Mulai sekarang buang jauh-jauh kata jijik ya!

www.romper.com

www.romper.com via https://www.romper.com

Membantu membersihkan kotoran anak bisa ayah lakukan ketika istri mulai terlihat lelah dengan aktivitasnya. Boleh lho sesekali suami mengambil alih tugas ini. Pasti istri sangat berterima kasih, deh. Jangan jijikan ya, toh itu kan kotoran anakmu sendiri hehehe :p

2. Bangun malam temani istri menyusui atau sekedar membuatkan istri minuman seperti cokelat hangat selagi istri menyusui anak itu bikin istri semangat mengASIhi, lho!

www.todaysparent.com

www.todaysparent.com via https://www.todaysparent.com

Begadang sambil menyusui sudah menjadi rutinitas yang harus dijalani istri apalagi jika anak baru lahir. Supaya istri gak merasa sendirian, menemani istri yang sedang menyusui sambil membuatkan minuman kesukaannya bisa menjadi mood booster istri, lho. Yakin deh istri akan semakin cinta

Advertisement

3. Mengerjakan pekerjaan rumah yang nggak sempat istri kerjakan itu bisa meningkatkan mood istri, lho. Gimana nggak seneng ngeliat rumah yang rapi?

www.freepik.com

www.freepik.com via https://www.freepik.com

Nggak usah kerjaan yang susah-susah, kok. Merapikan piring yang baru dicuci, menjemur pakaian yang baru keluar dari mesin cuci, atau merapikan mainan anak yang berantakan itu sudah sangat cukup membantu meringankan beban istri.

4. Membiarkan istri me time beberapa jam saja sudah bikin istri senang nggak ketulungan. Nggak usah yang mahal-mahal, kasih nonton drakor aja udah bahagia, kok.

www.mirror.co.uk

www.mirror.co.uk via https://www.mirror.co.uk

Se-simple itu lho membahagiakan istrimu yang sedang capek-capeknya menangani anak yang tidak bisa diam karena sudah bisa berjalan, atau jenuh melihat rumah yang tidak pernah rapi. Biarkanlah sejenak istrimu bahagia dengan dunianya. Siapkan drakor favorit bersama cemilan kesukaannya, atau biarkan istrimu hang out sebentar dengan teman-temannya.

5. Mengajak anak bermain sebentar selagi istri menyiapkan makanan juga sangat membantu istri lho!

Advertisement
www.shutterstock.com

www.shutterstock.com via https://www.shutterstock.com

Memiliki buah hati sudah tentu menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaganya. Sekuat dan sehebat apapun istrimu dia masih membutuhkanmu untuk diajak bekerja sama dalam menjaga anak. Walaupun istri terlihat multi tasking—bisa memasak sambil mencuci, menyuapi anak sambil melipat pakaian, dan lain-lain—tentu ada saatnya dia lelah. Mengajak anak bermain menjadi opsi bagi suami untuk meringankan pekerjaan istri.

Menjadi orang tua memang tidak mudah, apalagi di masa sekarang yang semakin banyak tantangannya. Tapi itulah seni berumah tangga bagi orang tua milenial, dimana peran suami dan istri harus seimbang. Oh iya, di momen yang spesial ini penulis ingin mengucapkan Selamat Hari Ayah. Salam bahagia untuk para ayah di seluruh dunia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Masih berusaha untuk menulis ditengah kesibukan mengurus anak

CLOSE