Janji mencuci muka sebelum tidurpun rasanya sudah terlaksana. Tapi apa pula penyebab ini semua?

Rasanya tak ada yang menampik bahwa memiliki kulit wajah yang bersih, putih, sehat dan mulus adalah dambaan dari setiap wanita di dunia. Demi memiliki kulit wajah yang sempurna tak jarang beberapa wanita rela melakukan ritual rutin sederhana untuk kulit wajahnya hingga rela merogoh kocek lebih dalam untuk berkonsultasi ke pakarnya.

Semua itu dilakukan bukan semata-mata karena tak bersyukur atas apa yang dihadiahkan Tuhan kepada kita. Tetapi lebih kepada merawat dan menghargai salah satu karya Tuhan yang diamanahkan kepada kita. Namun terkadang ketika kita sudah mati-matian menjaga kulit wajah kita, selalu ada saja jerawat yang muncul satu dua. Janji mencuci muka sebelum tidurpun rasanya sudah terlaksana. Tapi apa pula penyebab ini semua?

Hm, mungkin salah satu kebiasaan remeh ini tak sadar sering kamu lakukan! Pantas saja jerawatmu selalu datang tak kenal lelah! Simak yuk biar jerawat segera enyah!

1. Sprei, selimut dan sarung bantalmu kapan terakhir dicuci? Itu sarang bakteri, lho!

kapan terakhir dicuci?

kapan terakhir dicuci? via http://warungsprei.com

Bagi kalian yang mager mengganti sprei kasur, bantal hingga selimut mulai sekarang kurangin bahkan hilangin deh kebiasaan ini. Saat tidur tidak jarang kita mengeluarkan keringat terutama bila saat udara panas. Keringat yang mengenai sprei dapat menimbulkan kelembaban yang menjadi tempat yang disukai oleh kuman dan jamur.

Ketika kita tidur dengan posisi miring atau bahkan tengkurap, wajahmu otomatis akan bersentuhan dengan sprei. Nah kalau spreimu sudah sebulan lebih nggak dicuci ya jangan salahkan jerawatmu kalau dia datang bertubi-tubi. Sprei kita tentunya bersarang bakteri-bakteri atau kotoran yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah kita. Yuk mulai sekarang cuci atau ganti sprei paling lama dua minggu sekali!

2. Buat yang berhijab, memakai inner atau dalaman jilbab yang sama lebih dari 2 hari itu haram hukumnya. Biar nggak jerawatan!

inner hijab patut diwaspadai!

inner hijab patut diwaspadai! via http://www.malangtimes.com

Advertisement

Ini nih yang jarang disadari, buat mbak-mbak hijabers, untuk aktivitas sehari-hari pastinya kita menggunakan inner atau daleman jilbab untuk membuat jilbab lebih rapi. Namun ternyata inner jilbab merupakan penyebab timbulnya jerawat nakal di dahi atau pelipis kita.

Inner yang digunakan berkali-kali akan menjadi sarang kuman dan bakteri karena bersentuhan langsung dengan kulit yang berkeringat dan rambut yang berminyak. Untuk itu gunakan inner yang sama maksimal dua kali saja ya!

3. Ponsel kita ternyata juga penyebab jerawat, lho! Pada nggak sadar kan?

ponsel juga sarang kuman

ponsel juga sarang kuman via https://www.popsci.com

Advertisement

Nah, hal ini terkadang juga luput dari kesadaran kita! Secara nggak sadar kita sering menyentuh layar ponsel dengan tangan, lalu menempelkan ke pipi ketika bertelepon. Sedangkan tangan yang kotor merupakan penyebab nomer wahid timbulnya jerawat.

Otomatis berpindahlah kotoran tadi ke wajah kita. Untuk itu lebih baik gunakan headset saat bertelepon atau bersihkan layar ponsel kita secara rutin untuk meminimalisir menumpuknya kotoran di layar ponsel.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya