Meskipun shalat malam seperti Tahajud bukanlah kewajiban bagi kita sebagai umat muslim. Namun kita semua tentu paham bahwa pahala melaksanakan ibadah shalat Malam sangatlah besar, misalnya saja Tahajud, shalat pada waktu ini adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, biasanya, orang-orang melakukan shalat Tahajud saat akan meminta suatu permohonan atau permintaan akan sesuatu, karena doa pada sepertiga malam terutama setelah shalat Tahajud, bisa lebih mudah terkabulkan.

Hal ini pun membuat banyak orang ingin melakukannya, hanya saja mayoritas dari mereka gagal, tentu penyebabnya karena ketiduran, padahal sudah niat dari sebelum tidur.

Saya pribadi sering banget mengalami hal seperti itu, akhirnya hanya bisa berangan angan saja untuk bisa melakukan shalat malam, yang akhirnya berpikir, ah besok kan masih bisa, begitu terus setiap hari.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa lebih mudah bangun untuk melakukan shalat malam? Mungkin kamu bisa simak beberapa 5 tips di bawah ini, jangan lupa praktekan, jangan cuma dibaca saja.

1. Niat dan Benar Benar Niat itu Beda, Jadi Niat dulu yang Benar.

Poin pertama, niatlah dulu yang benar. Jangan setengah setengah mau shalat malam. Seperti judul artikel ini, sudah niat, tapi masih susah bangun shalat malam? Itu berarti niat kamu hanya sebatas niat saja, tidak benar benar niat. Contoh kasus bagi kamu para pria, saya yakin kamu seringkali bangun pada waktu sepertiga malam atau dinihari, bahkan tengah malam sekalipun untuk menonton siaran pertandingan sepak bola kan?

Padahal kamu saat itu malamnya begadang, malah banyak yang rela nggak tidur demi menonton pertandingan bola tersebut. Dan saya pribadi juga mengalaminya, hehehe tapi kenapa kalau untuk shalat kok tidak bisa? Permasalahan ini tentu sudah pasti ada pada “Niat” kamu yang tidak serius untuk benar benar melaksanakan shalat malam, maka dari itu, niatlah yang benar, dijamin kamu bakal mudah bangun malam hari.

2. Shalat Wajib 5 Waktu Masih Bolong Bolong Apalagi Shalat Malam? Yuk Rajin Shalat 5 Waktu Dulu, Baru Perbanyak Shalat Malam!

rajin dulu shalat 5 waktunya.

rajin dulu shalat 5 waktunya. via http://hipwee.com

Advertisement

Ini yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Shalat 5 waktu saja masih sering bolong atau terlupakan, apalagi shalat malam yang bukanlah kewajiban dan asal kamu tahu, godaan untuk tidak shalat pada waktu sepertiga malam itu jauh lebih besar karena di waktu inilah kita merasakan nikmat berupa tidur setelah seharian lelah beraktivitas.

Maka dari itu, kamu akan susah untuk bangun pada malam hari. Lha ya shalat 5 waktu saja masih sering dilewatkan? Beda lagi kalau kita sudah terbiasa shalat wajib 5 waktu rutin! Dijamin, shalat pada waktu malam itu mudah, mudah banget malahan! Karena kita sudah terbiasa untuk melaksanakan shalat.

3. Sebisa Mungkin Tidur Sebelum Jam 10 Malam, Agar Bisa Tahajudan!

tidur sebelum jam 10 malam

tidur sebelum jam 10 malam via http://hipwee.com

Suka begadang dan tidur tengah malam? Kalau kamu masih seperti ini, sepertinya sangat susah untuk membiasakan diri shalat malam, karena secara logika, kalau kita tidur di waktu jam tengah malam, otomatis saat jam shalat malam sekitar jam 2 sampai jam 4 an, kita lagi enak enaknya tidur.

Advertisement

Beda lagi kalau kita tidurnya sedikit lebih awal misal jam 10 Malam, akan lebih mudah untuk bangun di jam 2, karena paling tidak, kita sudah tidur selama 4 jam, setengah nya waktu normal tidur untuk kita. Normalnya, orang setiap hari tidur malam itu 6-8 jam untuk orang dewasa.

4. Biasakan Bangun di Sepertiga Malam

membiasakan diri bangun sepertiga malam

membiasakan diri bangun sepertiga malam via http://hipwee.com

Banyak orang percaya, bahwa bisa karena terbiasa, dan itu memang benar adanya. Saya pribadi juga begitu termasuk dalam pola tidur, biasanya, kalau kita sudah beberapa waktu bangun jam sekian, maka kebiasaan tersebut akan terbawa setiap harinya. Di mana kita seringkali bangun pada waktu tersebut.

Maka dari itu, mulai sekarang, yuk biasakan diri bangun untuk shalat malam, tidak harus setiap hari, tapi paling tidak sesering mungkin, bisa 2 hari sekali? Dan seterusnya, yang penting, kamu terbiasa dulu bangun pada sepertiga malam, seterusnya bakal lebih mudah.

5. Saat akan Tidur, Pastikan Perut dalam Kondisi Tidak Kekenyangan

jangan kekenyangan saat malam hari

jangan kekenyangan saat malam hari via http://hipwee.com

Selain begadang, ini juga menjadi salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh banyak orang. Di mana selain begadang, kondisi perut yang kenyang adalah salah satu faktor kenapa kamu susah bangun pada malam hari. Usahakan makan paling tidak di bawah jam 8 malam.

Dengan ini, pencernaanmu akan lebih relaks saat tidur sehingga lebih mudah untuk bangun karena makanan memang membuat metabolisme tubuhmu sedikit istrirahat saat terlelap.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya