5 Buah yang Terbukti Mampu Mengingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Lezat, Mudah Didapat, Kaya Manfaat!

buah yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak cara untuk menjaga kesahatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Seperti kita ketahui, buah-buahan adalah makanan bergizi dan banyak manfaatnya. Selain mudah didapat, buah-buahan pun lezat untuk disantap. Sangat cocok untuk kamu yang ingin tetap prima dan gemar menyantap kudapan enak.

Berikut, 5 buah yang sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian dan pakar yang bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Advertisement

1. Selain menyegarkan, jeruk kaya manfaatnya

photo by: am JD

photo by: am JD via http://unsplash.com

Buah yang satu ini, dikenal dengan kandungan vitamin C. Vitamin yang berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan berperan melawan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diminimalisir dengan memakan buah jeruk adalah leukemia atau kanker darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari medicalnewstoday.com dan diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa dengan rutin mengonsumsi jeruk, jus jeruk dan pisang sejak masa kanak-kanak, ternyata dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit leukemia pada anak-anak lho!

Advertisement

2. Buah alpukat sudah terkenal dengan berbagai khasiat yang dimilikinya

Photo by: Thought Catalog

Photo by: Thought Catalog via http://unsplash.com

Alternatif lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat. Apalagi buah ini akan semakin enak jika disajikan menjadi jus. Selain bisa disajikan dengan berbagai varian, buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk melindungi jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Tidak hanya itu, dikutip pada halaman studyfinds.org, dalam sebuah penelitian di Pennsylvania State University atau Penn State menunjukkan makan satu alpukat dalam satu hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Hebat kan?

3. Kaya akan air, buah semangka terbukti menyehatkan

Advertisement
Photo by: Juja Han

Photo by: Juja Han via http://unsplash.com

Dalam sebuah artikel yang berjudul The Benefits and Nutritional Value of Watermelon pada laman medicalnewstoday.com, memperlihatkan semangka mempunyai sumber antioksidan yang baik termasuk di dalamnya vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Masih di dalam artikel yang sama, selain kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat, semangka pun dapat membantu untuk mengurangi radikal bebas yang menyebabkan kanker. Kandungan berupa likopen di dalam semangka juga dikaitkan dengan penurunan kanker prostat dalam beberapa penelitian. Selain itu, kandungan air yang terdapat di dalam semangka bisa dijadikan makanan yang pas untuk terhindar dari dehidrasi.

4. Kiwi, alternatif buah yang kaya kandungan vitamin C

photo bya: @k8_iv

photo bya: @k8_iv via http://unsplash.com

Buah jeruk memang dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C. Namun ternyata, selain buah jeruk, buah kiwi pun dinilai mempunyai kandungan vitamin C yang tidak kalah baik bagi kesehatan tubuh. Dalam sebuah peneltian yang berjudul The nutritional and health attributes of kiwifruit: a review menunjukkan bahwa buah kiwi kaya akan vitamin C. 

Penelitian itu juga memaparkan bahwa selain mengandung vitamin C, buah kiwi pun mempunyai berbagai nutrisi, seperti vitamin E, folat, kalium, serat makanan dan gula yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Siapa sangka, buah pepaya kaya akan antioksiden yang bermanfaat bagi tubuh

photo bya: Amanda Lins

photo bya: Amanda Lins via http://unsplash.com

Dilansir pada halaman healthline.com, buah pepaya mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah vitamin C, vitamin A dan vitamin B9.

Buah yang rasanya lezat ini pun mempunyai kendungan antioksidan yang sangat. Efeknya adalah mampu untuk menurunkan berbagai risiko penyakit. Nah, dengan memakan 5 buah di atas, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan. Selain kaya manfaat, buah-buah di atas lezat dan mudah didapat kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE