Kamu yang sudah ada di kelas 3 SMA pasti sudah ada banyak persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional (UN), namun selain menyiapkan diri menghadapi ujian nasional kalian juga harus menentukan dan mempersiapkan diri pendidikan yang  ditempuh setelah lulus SMA. Ada yang kalian yang menyiapkan diri menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri seperti UI, ITB, IPB, UGM, dan lain-lain, atau mungkin ada dari kalian yang ingin masuk PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan). 

Bincang sedikit tentang PTK (Perguruan tinggi kedinasan) mungkin ada beberapa di antara kalian yang tahu seperti STPDN, STIP, STIS, STAN, STMKG, atau yang lainnya. Jika memang iya ada di antara kalian yang berminat masuk ke perguruan tinggi kedinasan apakah kalian sudah ada gambaran mengenai PTK yang kalian minati, sudah mengetahui cara pendaftarannya, ataupun tahu bagaimana cara menyiapkan diri masuk PTK?

Berikut ini bisa merupakan gambaran sekilas mengenai sekolah yang akan kamu tempuh ke depannya sehingga kamu dapat mempersiapkannya di kemudian hari, 

 

 

1. Kamu nggak perlu bingung pakaian apa yang kamu kenakan ke kampus, cukup sesuaikan dengan seragam hari ini

Seragam Taruna Ikatan Dinas

Seragam Taruna Ikatan Dinas via https://www.youthmanual.com

Perguruan tinggi kedinasan biasanya identik dengan seragam yang dikenakan, walaupun sudah kuliah tapi tetap memakai seragam. Perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia memiliki seragam dengan ciri masing-masing. Ada yang memiliki kesamaan dengan PTK lain ataupun ada yang memiliki perbedaan di antara PTK yang satu dengan yang lainnya.

Advertisement

Keuntungannya karena memakai seragam kalian tidak perlu lagi ada budget untuk beli baju untuk kuliah, nggak perlu bingung mau pakai apa nanti untuk kuliah apalagi yang cewek, hahaha. 

2. Demi menjadi abdi negara yang sehat jasmani dan rohani

Sehat jasmani dan rohani itu pasti wajib. Sebelum masuk perguruan tinggi kedinasan pun wajib sehat jasmani dan rohani karena itu adalah salah satu tahapan untuk masuk pergutuan tinggi kedinasan dengan melalui tes kesehatan. Kesehatan jasmani dan rohani juga diperlukan karena merupakan syarat untuk masuk perguruan tinggi kedinasan.

Kegiatan di PTK juga tidak jauh dari olahraga, setiap waktu sudah ada jadwal untuk olahraga ataupun ada beberapa kegiatan dalam peningkatan jasmani dan rohani, ada tempat GYM, kegiatan keagamaan, ataupun OPTK( Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan) yang dilaksanakan setiap setahun sekali dan dihadiri oleh seluruh PTK yang ada di Indonesia

3. Budaya Indonesia memang beraneka ragam, begitu juga dengan teman-teman di kelasmu yang dari Sabang sampai Merauke

Teman kampus dari Sabang sampai Merauke

Teman kampus dari Sabang sampai Merauke via https://www.facebook.com

Advertisement

Buat kamu yang ingin keliling Indonesia dan mengenal budaya Indonesia yang kaya, kamu juga dapat mulai mengenal budaya Indonesia melalui teman yang kamu temui dan kenal di PTK. Keberagaman Indonesia sangat terasa jika kalian sudah masuk ke kelas yang siswa nya tidak hanya berasal dari satu suku saja, tapi beragam suku ada di satu kelas.

Beragam budaya, bahasa, dan adat istiadat dapat kalian temukan di dalam satu kelas ataupun antar kelas karena peminat PTK tidak hanya dari pulau yang penduduknya banyak seperti di Pulau Jawa, tapi juga ada dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTB, NTT.

4. Bersedia ditempatkan di mana saja, namanya aja taruna taruni

Surat Pernyataan

Surat Pernyataan via http://www.kumpulansurat.web.id

Taruna -taruni ikatan dinas selain identik dengan langsung ditempatkan kerja dan menjadi PNS, kalian juga pasti harus bersedia ditempatkan di mana saja. Ya namanya aja taruna taruni harus siap lahir batin menjadi abdi negara dapat ditempatkan di mana saja, tidak hanya di di Pulau Jawa saja tapi juga di seluruh Pulau yang ada di Indonesia. 

Maka dari itu diperlukan kesiapan yang tinggi sebelum, selama dan setelah menempuh pendididkan di PTK, toh kita sudah difasilitasi oleh pemerintah selama pendidikan dan sudah saatnya jika kalian sangat berminat masuk pendidikan di PTK juga harus siap jasmani dan rohani menjadi abdi negara yang baik di kemudian hari. 

5. Bisa kok kamu melanjutkan S2 lagi di universitas lainnya atau di luar negeri

Kamu yang berminat untuk melanjutkan studi S2 ataupun S3 biasanya ada program beasiswa S2 ataupun S3 luar di dalam maupun luar negeri yang didukung dari instansi terkait, tapi tetap dengan beberapa syarat untuk mendapatkan beasiswa.

6. Jangan lupa terus update dan cek website resmi pendaftaran PTK

Perguran Tinggi Kedinasan

Perguran Tinggi Kedinasan via https://www.brilio.net

Sudah ada gambaran dikit belum mengenai PTK? ada yang masih berminat, sangat berminat.?

Bagi yang berminat bisa cek terus melalui website resmi PTK yang kamu inginkan, selalu update terus kapan pendaftarannya dan persiapkan semantap mungkin pendaftaran PTK yang kalian minati. Jangan lupa kenali alur pendaftarannya dan tahap – tahap pendaftarannya.

Semangat berjuang ^_^

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya