Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sering kita alami. Penyebabnya ada berbagai macam, salah satunya yaitu produksi minyak berlebih di kulit kepala sehingga menjadi sarang bagi bakteri dan kuman. Juga adanya jamur yang bernama Malassezia yang biasa berkembang biak dan menjamur di kulit kepala.

Mungkin banyak diantara kamu yang malu dan tidak percaya diri ketika sedang berketombe. Selain karena ketombe yang kadang jatuh di pinggiran bahu baju, juga karena rasa gatal yang kadang bikin kamu ingin menggaruk. Menggaruk di tempat umum memang kadang memalukan dan juga dapat membuat orang di sekitar risih.

Apalagi bagi kamu yang menggunakan hijab, tentu akan lebih risih lagi jika memiliki ketombe yang membandel. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menetahui beberapa cara membasmi ketombe agar tidak balik lagi.

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis menyegarkan

Jeruk nipis menyegarkan via http://syartiparts.com

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan dapur yang sering kita temui. Selain berguna untuk bahan makanan, ada fakta unik mengenai jeruk nipis. Yaitu bisa mengatasi masalah rambut seperti menghilangkan ketombe. Kandungan asam sitrat dan Vitamin C yang tinggi membuat jeruk nipis menjadi bahan alami yang pas untuk menghilangkan ketombe.

Untuk menerapkannya, kamu bisa mulai dengan menyiapkan jeruk nipis terlebih dahulu. Kemudian potong jeruk nipis sesuai keinginanmu, kemudian peras jeruk nipis dan jangan lupa siapkan wadah untuk menaruh air perasannya. Setelah dirasa cukup, tuangkan sedikit demi sedikit ke kulit kepalamu.

Advertisement

Kemudian pijat kepalamu secara lembut dan fokuskan ke area yang sering dihinggapi ketombe. Diamkan selama 15-30 menit atau hingga kamu merasa jeruk nipis di kepalamu sudah menyerap dengan sempurna. Setelah itu bilas dengan air atau kamu bisa langsung keramas menggunakan shampoo.

2. Minyak Zaitun juga boleh banget dicoba kok

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun via https://www.today.com

Saat ini minyak zaitun sudah lebih mudah kamu temui di pasaran. Tahukah kamu, selain bisa digunakan sebagai skincare, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membasmi ketombe. Minyak zaitun memiliki beberapa kandungan yang berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan juga mengatasi masalah kerontokan.

Di antaranya yaitu Niacin, Biotin, Vitamin A dan Vitamin D. Kandungan tersebut berguna untuk melembabkan kulit kepala yang kering akibat ketombe yang membandel.

Advertisement

Cara penggunaanya yaitu dengan menuangkan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala, bisa juga menuangkannya terlebih dahulu ke telapak tangan. Lalu pijat secara lembut sambil menyebarkan minyak zaitun agar merata di seluruh area kulit kepala. Kamu bisa lebih memfokuskan memijit ke area-area yang sering ada ketombenya.

Setelah itu diamkan selama 6-8 jam dan tutup kepalamu menggunakan kain atau shower cup. Karena prosesnya cukup lama, ada baiknya kamu menerapkan cara ini sebelum tidur atau ketika hanya akan beraktifitas di rumah. Setelah itu, cuci rambut kamu menggunakan shampoo dan rasakan hasilnya :)

3. Selain untuk menghitamkan rambut, lidah buaya juga ampuh dalam mengatasi ketombe lho girls..

Sejak kecil kita dberitahu bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk rambut. Salah satunya untuk menghitamkan rambut, tapi tahukah kamu jika lidah buaya juga bisa mengatasi ketombe berlebih? Yapp kandungan alami lidah buaya ternyata bisa juga untuk menghilangkan ketombe kamu.

Kamu bisa memakai lidah buaya segar atau juga bisa memakai gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran. Salah satunya kamu bisa pakai Wardah Hydrating Aloe Vera Gel. Cara mengaplikasikannya juga tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas. Dengan mengambil gel lidah buaya secukupnya dan balurkan dari kulit kepala sampai keujung rambut. Setelah itu diamkan selama 10-15 menit atau sampai kamu merasa sudah meresap dengan baik. Terakhir bilas sampai bersih :)

4. Mencampurkan Tea Tree Oil dan Peppermint Oil

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil via https://ohsimply.com

Mungkin kamu belum banyak yang mengetahui tentang kegunaan dua bahan ini atau bahkan mungkin baru mendengarnya. Tea Tree Oil sendiri sangat bermanfaat sebagai anti fungi atau anti jamur. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu penyebab ketombe ialah adanya jamur membandel yang berkembang biak di kulit kepala dan tea tree oil sangat bagus untuk membasmi ketombe. Untuk bahan yang satunya, yakni peppermint oil bisa mengurangi rasa gatal karena sifatnya yang dingin dan menyegarkan.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur kedua bahan tersebut dengan air hangat kemudian semprotkan atau basuhi ke kulit kepala. Maka kamu akan merasakan sensasi dingin-dingin segar yang bisa mengurangi ketombe dan gatal-gatal yang selama ini mengganggu kamu.

5. Gunakan Wardah Shampoo Anti Dandruff

Wardah Anti Dandruff Shampoo

Wardah Anti Dandruff Shampoo via https://journal.sociolla.com

Nah.. Untuk yang satu ini cocok banget buat kamu yang tidak mau ribet memakai berbagai bahan-bahan alami diatas. Yapss.. Apalagi kalau bukan shampoo! Tapi tunggu dulu nih girls, soalnya shampoo ini bukan sekedar shampoo. Shampoo yang ini merupakan salah satu produk terbaru Wardah, yaitu Wardah Anti Dandruff Shampoo.

Setelah sekian lama memproduksi make-up dan skincare, akhirnya Wardah memproduksi produk perawatan rambut juga. Wardah Anti Dandruff Shampoo ini memiliki kandungan Tea Tree Oil dan Peppermint yang merupakan bahan alami untuk mengurangi ketombe yang membandel, Selain itu Wardah Anti Dandruff Shampoo juga mengandung Double Zinc yang mampu melindungi kulit kepala kamu dari ketombe.

Setelah mendapat manfaat yang sangat banyak tersebut, kamu pun akan tetap dimanjakan dengan adanya teknologi Scentlock Fragrance yang dapat mengunci wangi rambutmu agar bertahan seharian.

Gimana girls? Banyak manfaatnya kan. Buat kamu yang tidak mau ribet dan hanya ingin langsung pakai shampoo, maka Wardah Anti Dandruff Shampoo ini merupakan solusi terbaik rambutmu agar terbebas dari ketombe.

Ketombe? No More Worry Girls.. :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya