Bagi pemburu beasiswa LPDP, pasti lagi sibuk untuk les dan mempersiapkan diri untuk ikutan TOEFL nih. Bagaimana hasil tesnya? udah mencapai skor yang diinginkan? Jika belum, coba periksa apa cara belajarmu udah tepat atau belum nih. Ada beberapa tips yang teman-teman bisa lakukan untuk bisa mencapai skor TOEFL yang diinginkan. Semoga berhasil yaaaa...

1. Luruskan niat dan yakin terhadap diri sendiri

Luruskan Niat dan Yakin

Luruskan Niat dan Yakin via http://google.com

Niat yang baik, akan mendapatkan hasil yang baik pula. Tapi ingat, niatnya dibarengi keyakinan pada diri sendiri. Ada yang udah niatnya sunguh-sungghuh, tapi sama diri sendiri aja masih ragu bisa atau nggak mencapai target yang diinginkan. Coba terus positifkan diri walaupun saat simulasi dirumah masih belum berhasil. Sabar dikit, untuk mencapai target itu harus punya usaha besar, bukan serba instan. Jangan menyerah, yakin pasti bisa kok.

2. Cari teman nan punya target sama

5-keuntungan-tentang-teman-belajar/

5-keuntungan-tentang-teman-belajar/ via http://google.com

Teman itu penting, apalagi untuk mempengaruhi saat kita loyo ataupun bingung saat bahas soal-soal TOEFL. Coba cari teman yang juga punya terget yang sama ataupun yang teman yang bisa bantu kita bahas TOEFL bareng. Minimal 2 kali seminggu coba ketemuan untuk saling bahu membahu.

Advertisement

Jangan segan-segan buat nanya mana yang belum paham, mana tahu dia nya ngerti, jadi bisa ngajarin kita yang masih belum paham. Seperti kata pepatah "Malu bertanya, sesat dijalan", selagi nanya gratis mah, tanya apapun yang mau ditanya. Hilangkan rasa gengsi, demi target mah, nggak masalah.

3. Bahas soal sebanyak-banyaknya

tips-trik-sbmptn/2736

tips-trik-sbmptn/2736 via http://google.com

Kalau yang ini emang membosankan, bahkan bisa buat perut kamu mules. Kalau kamu masih belum sampai ketitik mual, berarti kamu masih kurang baasan soal nih. Usahakan kamu bisa bahas 2 paket soal setiap harinya. Coba beli buku paket soal TOEFL di toko buku terdekat yang sekaligus ada pembahasannya juga.

Tulis soal mana aja yang kamu sering salah, buat tipe jenis soalnya. Misalnya kamu selalu salah di bagian structure mengenai "kata hubung". Garis bawahi, dan perdalam lagi materi mengenai penggunaan kata hubung dan perbanyak pecahkan soal yang serupa.

Advertisement

Semakin banyak soal yang kamu kerjakan, maka kamu bakal makin luas mengetahui bahasan soal di TOEFL apa aja dan makin tahu dimana aja kelemahan serta kesalahanmu disetiap section. Kalau ini harus pandai-pandai jaga semangat, kalau udah mulai bosan, coba kasih refreshing dulu otaknya.

4. Download aplikasi yang berkaitan dengan TOEFL

toefl-classes-koramangala-bangalore/

toefl-classes-koramangala-bangalore/ via http://google.com

Pastikan juga kamu punya beberapa aplikasi yang membantu kamu dalam TOEFL. Contohnya, aplikasi buat menambah kosa kata kamu dalam reading, dan aplikasi listening TOEFL agar kamu terbiasa mendengarkan percakapan di soal-soal TOEFL.

Saat sedang menunggu teman, didalam mobil, ataupun lagi ada waktu senggang, coba buka aplikasinya dan manfaatkan waktu untuk menghafal kosa-kata dan mendengarkan aplikasi yang sudah tersedia di smartphone kamu. Serius, ini cukup membantu kamu menghantarkan skor kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Simulasi seolah-olah kamu sedang tes yang sebenarnya

21839-manusia-dan-ujian.html

21839-manusia-dan-ujian.html via http://google.com

Coba simulasi dirumah dengan waktu yang sesuai dengan tes sebenarnya. Pastikan kamu mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang tersedia. Ini akan membantu kamu dalam mengatur waktu kamu agar tidak keteteran saat ujian aslinya.

Misalnya waktu 20 menit, dengan soal 40 ,maka kamu harus bisa menjawab 1 soal dalam waktu 30 detik, karena jika tidak, maka kamu akan kekurangan waktu sebelum soal selesai dikerjakan semua. Terus lakukan sampai kamu benar-benar tepat bisa membagi waktu, sebagusnya selesai sebelum waktunya habis. Gunakan timer, dan usahakan patuhi rules yang sudah ada.

6. Perbanyak doa dan minta restu orang tua

bacaan-doa-selamat/

bacaan-doa-selamat/ via http://google.com

Tidak dapat dipungkiri, doa adalah cara terakhir saat usaha kita sudah dirasa maksimal. Terus panjatkan doa dan pastikan kamu juga mengantongi doa kedua orang tuamu. Karena apapun itu urusan kita, nggak bakal sukses tanpa ridho dari mereka.

Usaha sudah, doa udah, restu orang tua pun juga, maka yakinlah bahwa skor TOEFL mu akan sesuai dengan target yang kamu inginkan. Jika belum juga, coba koreksi diri, apakah sudah benar-benar sungguh-sunggu dalam proses pembelajaran. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya