Sulap Lorong Rumah yang Kosong dengan 5 Desain Ini!

Inspirasi Lorong Rumah yang Keren

Coba perhatikan di rumah kalian, deh, ada enggak lorong panjang yang menghubungkan satu area utama dengan area utama lain di rumah? Mungkin menghubungkan area pintu masuk atau foyer ke area living space yang posisinya agak di belakang rumah. Kalau ada, apakah lorong ini dibiarin kosong begitu aja atau ada dekorasinya?

Kalau dibiarkan kosong begitu aja sayang banget, loh. Lorong rumah atau istilahnya hallway punya potensi besar buat didekorasi dengan menarik dan maksimal. Pertama, tampilannya bakal lebih keren dan menawan kalau didekorasi dengan matang.

Enggak cuma itu aja, lorong di rumah bisa dijadikan ruang penyimpanan tambahan, spot buat duduk-duduk santai, sampai galeri buat memperindah rumah dengan nuansa artsy dan eklektik.

Bahkan, lorong panjang ini bisa dijadikan area ruang kerja juga, kan, kayak yang kelihatan di foto. Bagian kanan lorong dipasangi rak buku tinggi yang menutupi seluruh dinding. Lalu, di bagian kiri ada kursi dan meja kerja buat ngerjain tugas atau WFH.

Meskipun terasa mepet dan terpencil, tapi area kerja kayak gini ideal juga buat kalian yang butuh sudut tersendiri buat bisa fokus dan konsentrasi waktu kerja atau belajar. Pokoknya, mubazir banget kalau area ini dibiarin kosong begitu aja. Jangan terintimidasi atau bingung sama bentuknya yang memanjang, tapi enggak begitu lebar.

Nah, buat kalian yang terinspirasi buat makeover lorong rumah jadi lebih cantik atau fungsional, Dekoruma punya lima inspirasi desain interior lorong rumah yang sebelumnya kosong, lalu bertransformasi jadi area yang indah dan berguna di rumah.

Advertisement

1. Pasang Jendela pada Lorong yang Bersebelahan Sama Ruangan di Rumah. Bikin Kesan Lebih Terbuka dan Lapang

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.co.uk

Posisi lorong di rumah pasti akan selalu di sebelah ruangan tertentu, tergantung lokasi lorongnya. Contohnya, lorong di lantai dua akan bersebelahan sama beberapa kamar tidur dan kamar mandi. Dalam ilustrasi, lorong rumah bersebelahan sama ruang tamu karena posisinya di depan rumah.

Cara ini bisa dibilang efisien, tapi hasilnya maksimal untuk bikin tampilan lorong dan rumah secara keseluruhan lebih keren. Daripada tembok polos, pemilik rumah memasang kaca jendela besar di tembok yang memisahkan lorong dan ruang tamu.

Advertisement

Hasilnya, orang yang baru melangkah masuk bisa melihat area ruang tamu dan begitu juga sebaliknya. Suasana lorong jadi lebih keren, jauh dari kesan sempit, lebih terang dan lapang berkat jendela ini.

2. Jadikan Ujung Lorong Area Tempat Duduk yang Nyaman. Tempatkan Sofa di Salah Satu Sudut Strategis Lorong

Sumber: Trendir

Sumber: Trendir via https://www.trendir.com

Untuk lorong yang punya ujung yang buntu dan enggak menghubungkan ruangan apapun, sudut kosong ini bisa dimanfaatkan untuk jadi area santai atau area tempat duduk yang sedikit tertutup. Cocok buat kamu yang ingin bersantai sendirian tanpa diganggu.

Advertisement

Kamu cuma perlu memilih sudut strategis yang mau dijadikan sudut santai dan pasang sofa atau daybed di sana. Lebih asyik lagi kalau sudut ini menghadap ke jendela besar yang mana kamu bisa lihat ke taman atau halaman belakang rumah.

Di sekitar sudut ini kamu juga bisa pasang rak buku atau credenza untuk menyimpan buku-buku atau benda-benda pribadi yang suka kamu pakai ketika lagi menikmati waktu bersantai. 

3. Percantik Lorong dan Buat Lebih Terang. Desain Lampu Dinding Berpola Berdesain Industrial yang Tampak Tangguh dan Menawan

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Biasanya, lorong rumah yang enggak terlalu diperhatikan nilai estetikanya punya desain yang membosankan dan gelap. Pencahayaan juga penting untuk bikin lorong lebih menarik dan keren. Salah satunya adalah dengan pasang lampu LED di tembok dengan desain yang unik kayak gini.

Daripada cuma pasang lampu plafon atau lampu gantung biasa aja, pemilik rumah memasang strip LED dengan desain geometris. Bentuknya seperti mosaik dan cahayanya berpendar dengan lembut dari batang-batang yang membentuk desainnya.

Enggak sampai di situ aja, pemilik rumah mengusung desain Industrial yang kental dengan pemilihan material beton ekspos di tembok dan lantai kayu warna coklat tua dengan tekstur guratan alami kayu yang terdefinisi. Maskulin dan menawan banget.

4. Sulap Lorong Jadi Area Ruang Penyimpanan Tertutup dengan Menambah Lemari Kabinet. Barang Tersimpan dan Tertata Rapi

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Menambah ruang penyimpanan tertutup kayak lemari kabinet dinding kayak gini bisa jadi desain lorong rumah yang lebih fungsional. Barang-barang pribadi di rumah bisa disimpan di sini. Mulai jadi rak sepatu, lemari buat menyimpan jaket yang sering dipakai, sampai benda-benda lain kayak perkakas, produk pembersih, dan lain-lain.

Dengan lemari kabinet model seperti ini, barang-barang tersimpan dalam keadaan tertutup. Ruang penyimpanan bertambah dan barang tersimpan dengan rapi. Rumah pun otomatis jadi bebas berantakan.

Meskipun cuma jadi lorong penyimpanan, pencahayaannya juga harus maksimal, dong. Lampu sorot dipasang di sepanjang lorong supaya lebih terang dan gampang ketika cari suatu barang. 

5. Lorong Rumah yang Lebih Berkarakter dan Bernilai Seni. Hadirkan Galeri Pribadi di Rumah dengan Memanfaatkan Dinding Lorong Rumah

Sumber: Decorilla

Sumber: Decorilla via https://www.decorilla.com

Nah, buat kalian pemilik rumah yang mengapresiasi seni, suka melihat barang-barang bernilai seni, mengoleksi karya seni, atau bahkan berprofesi sebagai seniman, lorong dengan tembok yang kosong bisa dibilang kanvas kosong yang punya banyak kesempatan buat dipercantik.

Caranya adalah dengan menyulap tembok kosong ini jadi galeri pribadi di rumah. Kamu bisa memasang lukisan yang kamu koleksi, lukisan yang kamu bikin sendiri, atau membingkai foto-foto yang kamu ambil sendiri dan ditaruh ke dalam bingkai yang digantung.

Lorong rumah bakal tampil bernilai seni tinggi dan tamu yang melewatinya bakal mengagumi karya seni yang digantung. Kamu pun bisa mengatur penempatannya sesuai selera dan sekali-kali boleh juga ditata ulang agar nggak ngebosenin.

Enggak hanya di area terbuka atau publik rumah aja, area privat seperti kamar tidur juga bisa didesain dengan memanfaatkan tata ruang dengan lorong. Lorong di kamar tidur bisa dijadikan walk-in-closet, lengkap dengan lemari baju dan meja rias yang menghubungkan area tempat tidur ke kamar mandi. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE