Memiliki pasangan yang selalu bisa diandalkan memang membahagiakan namun hal tersebut mampu memberikan hal yang tidak terlalu bagus pada lawan pasangannya. Ketergantungan kepada pasangan membuat kita menjadi "manja" dalam melakukan banyak hal. Perlakuan ketergantungan yang terus menerus akan mengakibatkan ketidaknyamanan dari salah satu pihak, terutama pada pihak yang digantungi. Siapa coba yang gak capek, kalau kemana-mana harus dianterin, kemana-mana dijemput, kemana-mana harus bareng? Bahkan, kita sebagai penonton saja terkadang risih untuk melihatnya.

Untuk itu, kita harus menghindari hal tersebut terjadi dalam hubungan. Tips dibawah ini bisa membuat kamu lebih nyaman dalam menjalani hubungan dengan pasangan kamu tanpa ada rasa ketergantungan. Yuk, chek this out.

1. Pergi sendirian tak membuatmu hilang dari kata nyaman.

http://tango.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2016/04/bicycle-bike-girl-grass-nature-Favim.com-139953.jpg via http://tango.image-static.hipwee.com

Pasangan kamu bukan Ojek yang setiap saat bisa kamu gunakan untuk mengantar jemput kamu. Jika kamu memang bisa melakukannya sendiri, kenapa harus menunggu dia?. Toh, sebelum bersamanya kamu bukannya, ga bisa kemana-mana gara-gara gak ada yang antar jemput kan? Hal seperti ini sepele, namun jika menjadi kebiasaan akan susah menghilangkan.

Cobalah menikmati waktumu sendiri, jalan sendiri atau kumpul bareng teman-teman. Kita tak pernah bisa mengukur seberapa lama atau seberapa jauh hubungan kita dan pasangan akan bertahan. So, jadilah manusia yang mandiri. Melakukan hal sendiri tak membuat hari-harimu menjadi mati.

2. Gak ketemu sehari, tak menjadikan hubungan kalian mati.

http://cdn.idntimes.com/content-images/post/20160416/hubungan3-sonimacom-49290e628965da84d04a678bd531c2fa_850x350.jpg via http://cdn.idntimes.com

Advertisement

Pertemuan kamu dengan pacar ga mesti harus setiap hari. Coba saja, apakah jika kamu tak bertemu sehari dengannya, membuat hubungan kalian mati? Engga, kan? Intensitas pertemuan yang terlalu sering, dampaknya tak hanya membuat ketergantungan terhadap pasangan namun bisa juga membuat rasa bosan cepat datang dalam hubungan kalian. Untuk itu, menjaga intensitas waktu ketemu akan membuat hubungan kalian lebih sehat. Rasa percaya terhadap pasangan dengan membebaskan pasangan melakukan kegiatan selain bersama kamu, menjadikan hubunganmu lebih awet.

3. Berpikir positif akan membantumu bertindak lebih aktif dalam hal-hal baik

http://antiketombe.clear.co.id/resources/images/base/berpikir-positif-punya-bahaya_4fb6567. via http://antiketombe.clear.co.id

Melatih otak untuk berpikiran positif akan berdampak baik dalam kehidupan kamu dan hubunganmu dengan pasangan. Tingkat ketergantungan kepada pasangan akan menimbulkan pemikiran yang selalu negatif ketika pasangan tak bersama kita. Hal ini akan memicu pertengkaran dalam hubungan kalian. Jadi, belajarlah untuk selalu positif thinking dalam segala hal, pasanganmu akan selalu nyaman bersamamu.

4. Hilangkan rasa rendah diri dan bangun sikap percaya diri

http://tango.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2015/03/19160-girl-with-a-white-mask-1920×1080-photography-wallpaper-750×422.jpg via http://tango.image-static.hipwee.com

Rasa rendah diri dalam diri seseorang sangat merugikan. Begitu juga dalam sebuah hubungan. Dengan kamu percaya diri, akan timbul dengan sendirinya rasa sayang terhadap dirimu sendiri. Kamu akan menjadi lebih mandiri melakukan banyak hal meski tanpa bantuan pasangan kamu. Pasanganmu akan lebih bangga jika kamu bisa mengandalkan dirimu sendiri untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

5. Tak malu untuk mengakui bahwa kamu merasa tergantung dengan pasanganmu

http://www.konfrontasi.com/sites/default/files/styles/article_big/public/article/2016/05/Pelukan-Huge-Ilus-Konfrontasi.jpg?itok=59f0QGp0 via http://www.konfrontasi.com

Hubungan yang tidak seimbang akan memunculkan banyak konflik. Jika merasa salah satu telah merasa mengalami ketergantungan, akan baik jika dibicarakan. Dengan melakukan hal tersebut, kalian akan mendapatkan solusi untuk dapat menyeimbangkan hubungan kalian. Jika kamu berani mengakui bahwa kamu bergantung terhadap pasanganmu, kalian akan mengerti batasan-batasan apa saja yang seharusnya kalian lakukan bersama. Dia akan mengerti posisimu, dan bersikap sesuai yang dibutuhkan.

Melakukan banyak hal dengan pasangan memang menyenangkan hanya saja selalu ada batasannya. Menjadikan dirimu terlalu mandiri juga tak baik, ada kalanya pasanganmu harus dilibatkan dalam kegiatanmu.

Berusahalah untuk tidak berlebihan. Bukankah sesuatu yang seimbang itu mengasyikkan?.