Nak, sekarang kau mulai beranjak dewasa. Banyak hal yang akan kau temui dalam hidupmu, banyak pelajaran hidup yang akan kau dapatkan. Sebagai orang tua, ibu ingin menuntunmu menjadi perempuan sempurna. Ibu ingin bidadari kecil ibu tumbuh dewasa menjadi seorang perempuan hebat, tangguh, serta memiliki harga diri yang tinggi namun tetap rendah hati.  Ibu tak ingin menjadi orang tua yang mengekangmu, tapi kau harus selalu mendengarkan nasehat ibu, karena membebaskanmu bukan berarti tanpa tuntutan.

1. Saat kau mulai beranjak dewasa, berhati-hatilah dalam memilih pergaulan

Friendship via http://s.kaskus.id

Mungkin kau telah mendengar pernyataan “bergaul jangan pilih-pilih teman”, tapi ibu tak setuju dengan pernyataan itu. Kau harus memilih teman, karena sebagian besar kepribadianmu terbentuk dari lingkaran pertemanan. Jika kau salah memilih teman, maka pergaulanmu juga akan salah. Jika gelagat teman-temanmu ingin membawamu untuk menjadi anak yang ‘berbeda’, ibu akan dengan tegas melarangmu bergaul dengan mereka.

Ibu tak ingin melihatmu secara tak sadar merusak masa depanmu sendiri. Mungkin kau tak akan suka ibu menuntutmu seperti ini, tapi kelak ibu yakin kau akan mengerti mengapa ibu melarangmu.

2. Tidak semua yang mendekat punya niat baik

Fake Friends via http://1.bp.blogspot.com

Advertisement

Harus kau tahu nak, tidak semua orang yang dekat denganmu mempunyai niat yang baik, sebagian mendekat hanya karena ingin mendapatkan keuntungan darimu. Ibu tak ingin mengajarimu untuk berpikir negatif terlebih dahulu pada orang lain, tapi ibu ingin kau paham betul akan hal ini. Teman-temanmu nanti akan selalu terlihat baik didepanmu dan yang harus kau sadari adalah setiap orang punya sisi jahat dalam dirinya dengan kadar yang berbeda.

Oleh karena itu pandai-pandailah melihat mana yang benar-benar baik dan mana yang hanya dekat untuk memanfaatkanmu. Mungkin kau akan di khianati oleh teman-temanmu, bagaimanapun juga kau tak bisa menghindari hal itu. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih teman yang akan kau jadikan sebagai sahabat untuk berbagi. Pilihlah yang terbaik untuk menjadi sahabat, tempatmu berbagi banyak hal yang mungkin canggung kau ceritakan pada ibu.

3. Kini kau mulai tertarik pada lawan jenis, tetaplah menjadi perempuan yang punya harga diri

Sebelum kau memutuskan untuk menyukai lawan jenismu, cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu siapa dia. Kau harus tahu apakah dia anak yang baik, bagaimana keluarganya, apakah dia sudah punya kekasih, atau bahkan apakah dia sudah beristri. Lelaki yang nanti mendekatimu akan selalu berkata bahwa ia masih sendiri, tapi ibu ingin kau memastikannya terlebih dahulu. Bukan berarti kau tak percaya padanya, hanya saja lebih baik lagi jika kau mencari tahu lebih banyak tentang kehidupannya.

Advertisement

Ibu tak ingin kau menyukai laki-laki yang bisa menghancurkan masa depanmu. Ibu juga tak ingin kau jatuhkan hatimu pada laki-laki yang sudah menjadi milik orang lain. Harus kau tahu nak, menyukai laki-laki yang telah menjadi milik orang lain hanya akan menyakitimu, bahkan menyakiti perempuan lain yang telah lama bersama lelaki yang kau sukai. Ibu tak ingin kau dicap sebagai perempuan perusak hubungan orang lain dan ibu juga tak ingin kau menyakiti sesama perempuan. Seperti kau yang tak ingin disakiti begitu pun perempuan lainnya.

4. Dengan kelebihan yang kau punya, jangan pernah menjadi perempuan yang tinggi hati.

Be a good girl via http://www.hercampus.com

Nak, meskipun kau cantik, pintar, dan punya segudang kelebihan ibu ingin kau menjadi perempuan yang rendah hati. Tak perlu kau banggakan dan pamerkan semua yang kau miliki. Cukup simpan untuk dirimu sendiri. Selalu ingat nak, orang hebat tak pernah mengatakan dirinya hebat.

Ibu ingin kau menjadi perempuan yang rendah hati meski kau punya banyak kelebihan yang membuatmu terlihat lebih sempurna dibanding teman sebayamu. Sikap tinggi hati hanya akan menjatuhkanmu. Kau juga harus selalu menjaga lisanmu agar tak menyakiti orang lain. Lebih sulit untuk mengendalikan lisan dibanding hal lainnya saat kau merasa kau memiliki segalanya. Jangan pernah meremehkan orang lain dan tetaplah rendah hati dengan segala kelebihanmu.

5. Jangan lupakan Tuhan dalam hidupmu

Praying Girl via http://www.legrc.org

Yang terpenting adalah kau harus selalu dekat dengan Tuhan. Tanpa campur tangan Tuhan dalam hidupmu, kau tidak akan pernah menjadi apa-apa. Tapi ibu tak ingin kau menjadi fanatik, ibu ingin kau menjadi taat, dua pengertian ini berbeda nak. Tekuni dan pahami saja keyakinanmu tanpa harus mengusik yang lain. Kedekatanmu dengan Tuhan akan membentuk mu menjadi pribadi yang tak hanya baik, namun bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Kedekatanmu dengan Tuhan juga akan membantumu mengatasi hal baik maupun buruk yang akan kau alami dalam hidupmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya