Pada dasarnya, semua orang tentu ingin menjadi lebih baik. Hanya saja untuk menjadi pribadi yang lebih baik itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak halangan yang akhirnya membuat kita menjadi gagal untuk mengubah kepribadian kita, apalagi kalau sudah kebiasaan perilaku kita sehari hari memang kurang baik. Karena yang namanya mengubah sudah pasti akan lebih sulit dibandingkan dengan membentuk (dalam hal ini kepribadian).

Hari ini mencoba lebih baik dan hasilnya pun berhasil. Tapi besok berubah lagi, besok malah tambah parah, dan seterusnya. Untuk kamu yang merasa sulit sekali mengubah kepribadian menjadi lebih baik, yuk coba simak beberapa hal ini dan coba lakukan untuk membuat kepribadian kamu menjadi lebih baik.

1. Niat dulu mau berubah!

niat dulu!

niat dulu! via https://rimma.co

Terkadang kita sudah melakukan berbagai macam hal, tapi tetap saja kita kesulitan untuk mempertahankan hal tersebut. Contoh saja kasus seorang perokok yang ingin berhenti merokok. Sudah 3 hari berhasil melakukannya, tapi kemudian merokok lagi. Mengapa demikian? Karena di dalam hatinya tidak ada niat yang bersungguh sungguh!

Niatnya hanya setengah setengah, apalagi untuk kamu yang ingin mengubah kepribadian? Perlu niat yang benar. Maka dari itu, sebelum melangkah lebih jauh, yuk tingkatkan niat kita untuk berubah. Hal ini akan sangat berguna saat kamu tergoda untuk berbuat sessuatu yang tidak baik. Karena kalau niat sudah menggebu gebu, badai menghantam pun kamu bakal menghadapinya.

2. Menjadi pribadi yang lebih baik tidak banyak alasan!

tidak banyak alasan

tidak banyak alasan via http://hipwee.com

Advertisement

Alasan merupakan sesuatu yang hampir semua orang katakan saat seorang tersebut tidak mau melakukan sesuatu. Untuk kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Cobalah untuk tidak terlalu banyak alasan dalam hal apapun! Misalnya menunda-nunda pekerjaan karena alasan ini, alasan itu dan lain sebagainya. Buang jauh-jauh kebiasaan mencari-cari alasan untuk suatu hal. Ini akan membuat kamu menjadi orang yang lebih disiplin!

3. Menjadi pendengar yang baik

jadi pendengar yang baik

jadi pendengar yang baik via http://hipwee.com

Seseorang yang memiliki kepribadian yang baik, sudah sewajarnya punya sifat mendengar yang baik pula. Baik itu mendengar saran, kritik, atau ungkapan apapun. Hal tersebut akan membuka pikiran kamu untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Dengan mendengar baik pula, kamu akan menjadi orang yang mudah digauli oleh banyak orang. Jadi pribadi kamu juga akan baik dimata orang lain.

4. Temukan panutan yang baik supaya kamu ikut terbimbing

kalau perlu, kamu cari mentor kamu!

kalau perlu, kamu cari mentor kamu! via http://hipwee.com

Untuk bisa sukses (dalam hal apapun) kita butuh seseorang panutan. Kalau dalam dunia karir, kita butuh mentor. Dalam dunia pendidikan, kita butuh seorang guru dan lain sebagainya. Ini juga menjadi salah satu tips untuk kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Cobalah untuk temukan panutan sejatimu. Tentu saja panutan tersebut adalah seseorang yang baik dan kamu yakini bisa mengubah kepribadian kamu. Dengan adanya panutan, kamu bisa meniru kebiasaannya, kemu bisa meniru cara bersikap orang tersebut dan lain sebagainya. Untuk masalah siapa panutannya, tentu kamu sendiri yang tahu.

5. Jauhi kebiasaan buruk, perbanyak aktivitas yang berguna

perbanyak aktivitas yang berguna

perbanyak aktivitas yang berguna via http://hipwee.com

Advertisement

Terakhir, cobalah untuk mengubah kepribadian menjadi lebih baik dengan cara mengurangi atau bahkan kalau bisa menghilangkan sesuatu aktivitas yang kurang berguna yang tentu bisa membuat kamu kurang produktif. Perbanyaklah aktivitas yang bisa memmbuat kamu menjadi lebih baik. Kalau kamu mahasiswa, cobalah untuk sering-sering ikut acara kampus. Dan untuk kamu yang sudah bekerja, cobalah untuk meningkatkan intensitas pekerjaan kamu sehari-hari.

Itulah beberapa tips sederhana menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak mudah memang yang namanya memperbaiki diri dan tentu saja perlu waktu, waktu, dan waktu. Namun kalau kamu benar-benar serius untuk berubah, semuanya akan terasa mudah :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya