Susahnya Cari Jenis Lipstik yang Cocok di Bibir. Biar Tidak Salah Pilih, Sebelum Membeli Lebih Baik Pahami Dahulu Jenis-jenis Lipstik Ini!

Riasan tanpa lipstik, rasa-rasanya, kurang afdol. Iya nggak, sih? Berasa ada yang kurang di bingkai wajah atau malah membuat tampilan wajah tampak pucat. Oleh karenanya, kebanyakan perempuan mengandalkan lipstik dari semua make up yang dimilikinya.

Seiring berkembangnya dunia kecantikan, lipstik hadir dengan jenis yang beragam. Bahkan ada juga yang merek lipstik tertentu yang mengeluarkan produk lipstik 2 in 1 alias selain dapat diaplikasikan di bibir, bisa juga dipulaskan di tulang pipi sebagai blush on. Nah, hari inipun kamu disajikan dengan banyak sekali pilihan jenis lipstik.

Tapi, apakah kamu sudah tahu jenis lipstik apa yang cocok di bibirmu? Saking banyaknya, mungkin kamu agak sedikit sulit menjatuhkan pilihan, bukan? Untuk itu, tulisan kali ini akan membantu kamu sedikit memahami tentang jenis-jenis lipstik yang ada di pasaran.

Tunggu apalagi, keep scrolling ya!

Advertisement

1. Matte lipstik untuk kamu yang menginginkan tampilan bold

Foto oleh Daria Rem dari Pexels

Foto oleh Daria Rem dari Pexels via https://www.pexels.com

Matte lipstik masih mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Hal ini disebabkan karena hasil akhir yang dimilikinya yaitu bebas kilap alias bold. Meski demikian, jenis lipstik satu ini membuat bibir terkesan bervolume.

 

Advertisement

Soal pigmentasi? Jangan diragukan. Matte lipstik mempunyai sentuhan pigmentasi yang cukup baik sehingga cocok bagi kamu yang malas melakukan touch-up berkali-kali.

2. Satin lipstik dengan hasil akhir warna yang lembut

Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels via https://www.pexels.com

Tidak ingin lipstik dengan hasil akhir bold, kamu bisa kok pilih lipstik berjenis satin. Jenis lipstik satu ini mempunyai tektur yang lembut dan lembap, tapi tidak full coverage seperti yang ditawarkan matte lipstik.

Advertisement

 

Salah satu ciri khas yang dimiliki satin lipstik adalah warna yang dimilikinya cenderung bold atau menyala, namun, ketika sudah disapukan ke permukaan bibir warna yang dihasilkan akan sangat lembut dan tipis serta memberi kesan sedikit berkilau.

 

Perempuan Korea banyak yang menyukai jenis lipstik satu ini dibandingkan matte lipstik. Hanya saja, kekurangan satin lipstik terletak pada  pigmentasi yang tidak tahan lama sehingga kamu butuh berkali-kali touch up.

3. Sheer lipstik untuk kamu yang menginginkan sedikit rona di bibir

Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels

Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels via https://www.pexels.com

Tidak ingin hasil akhir tebal dan berkilau? Kamu patut mencoba jenis sheer lipstik. Ketika kamu memulaskan sheer lipstik pada bibirmu, warna aslinya tidak menutupi warna bibirmu secara keseluruhan tetapi menambahkan kesan merona. Dengan kata lain, pigmentasi lipstik satu ini sangat kurang.

 

Eits, tapi tunggu. sheer lipstik cocok banget digunakan untuk mendukung makeup natural look, lho. Selain itu, meski pigmentasinya rendah, sheer lipstik biasanya memiliki kandungan moisturizer yang lumayan tinggi yang membantu menjaga kelembapan dan kesehatan bibir kamu.

4. Creamy lipstik dengan hasil akhir dewy

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels via https://www.pexels.com

Mau menggunakan lipstik yang mempunyai tekstur nyaman di bibir? Coba aplikasikan creamy lipstik.

Creamy lipstik bisa memberikan hasil akhir warna yang cukup intens dan efek dewy alias berkemilau.

 

Untuk menambahkan kesan yang kuat, kamu bisa aplikasi lip liner sebelum memulaskan creamy lipstik di bibir. Lipstik jenis satu ini cocok dikenakan untuk menunjang penampilan kamu kala menghadiri acara semi formal.

5. Glossy lipstik memberi efek kemilau pada bibir

Foto oleh THIS IS ZUN dari Pexels

Foto oleh THIS IS ZUN dari Pexels via https://www.pexels.com

Kamu ingin mendapatkan hasil akhir warna bibir yang tampak penuh? Kamu bisa banget mencoba aplikasikan glossy lipstik. Jenis lipstik satu ini menawarkan efek wajah terlihat menyegarkan lho.

 

Sayangnya, meski membuat tampilan menjadi menyegarkan, bukan berarti glossy lipstik mengandung moisturizer yang cukup bagi kebutuhan bibirmu. So, sebelum mengenakan lipstik jenis apapun, ada baiknya kamu merawat bibirmu dengan baik ya.

6. Lip stain untuk kamu yang menyukai warna tahan lama

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via https://www.pexels.com

Selain matte lipstik, kamu juga bisa memilih lip stain untuk mewarnai bibirmu lho. Sebab, pigmentasi warna yang ditawarkan lip stain cukup menempel dan tahan lama. Jadi, buat kamu yang malas berulang kali touch up, boleh banget memilikinya.

 

Untuk kamu ketahui nih, biasanya lip stain di pasaran banyak dijual dalam bentuk cair. Meski demikian, ada juga kok merek yang mengeluarkan produk lip stain dalam bentuk spidol atau bahkan krim. Variasi produk lipstik satu ini lebih cocok untuk menghasilkan ombre lips atau gradient lips yang sampai saat ini masih hype di kalangan pecinta makeup. Apa kamu salah satunya?

 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis lipstik yang harus kamu ketahui sebelum akhirnya memutuskan jenis lipstik apa yang kamu butuhkan dan cocok di bibirmu. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE