Tak bisa dipungkiri, Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Bali memiliki segudang keindahan alam dan budayanya yang membuat banyak orang ingin berlibur ke sana. Hal ini tak lepas dari keindahan Bali, terutama tempat wisata pantainya. Ada banyak sekali wisata pantai di pulau Bali yang sangat eksotis dan indah. Namun, selain wisata pantai, tahukah anda beberapa fakta tentang pulau Bali berikut ini ?

1. Gara Gara Proses Nikah Rumit, Angka Perceraian di Bali Rendah, Tak Seperti di Kota Kota Besar Lainnya

angka perceraian rendah via http://google.com

Hidup di kota, tentu saja kaya akan keberagaman, mulai dari kehidupan yang glamour dan lain sebagainya. Salah satu akibat negatif dari mewahnya kehidupan di kota kota besar adalah banyaknya angka perceraian atau poligami. Tak seperti kebanyakan kota besar di Indonesia, di Bali, angka perceraian dan poligaminya justru sangat rendah. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan rumitnya proses pernikahan di Bali, mulai dari upacara adat, dan berbagai proses pernikahan yang memang akan membuat orang malas untuk mengulanginya lagi, sehingga kebanyakan orang berpikir ulang apabila ingin cerai.

2. Jarang Muncul Tindak Kejahatan Karena Mayoritas Penduduk Bali Asli

tindak kejahatan rendah via https://seniorkampus.blogspot.com

Jakarta, sebagai ibukota Indonesia, memiliki angka kejahatan yang sangat tinggi. Hal ini tak lepas dari banyaknya dan selalu meningkatnya populasi warga Jakarta yang berasal dari berbagai daerah. Namun, tahukah anda? bahwa hal seperti itu (tindak kejahatan) sangat jarang di Bali. Hal ini dikarenakan, mayoritas penduduk Bali adalah penduduk asli Bali, sehingga jarang ada kejahatan.

Advertisement

Terlebih di Bali ada sebuah kepercayaan, apabila kita melakukan suatu hal, perbuatan itu akan kembali ke kita dengan sendirinya. Itulah yang membuat di Bali jarang ada tindak kriminal, tapi bukan berarti tidak ada ya.

3. Setianya Wanita Bali Terhadap Pasangannya

setianya wanita via http://hipwee.com

Poin ketiga ini masih berhubungan dengan poin pertama, yakni jarangnya angka perceraian dan poligami. Ya, wanita di Bali, terkenal akan kesetiannnya terhadap pasangan pria. Di Bali, menganut sistem patrilineal, di mana seorang wanita yang sudah memilih pasangan hidup, sudah pasti semua hak dari wanita itu di keluarganya akan dilepas, bahkan ikatan dengan leluhurnya. Maka dari itu, seorang wanita di Bali, pasti ingin sekali mempertahankan keutuhan keluarganya, terutama pasangan hidupnya.

4. Banyak Hari Libur di Bali

banyak hari libur via http://google.com

Untuk kalian para anak sekolah, pasti iri deh, karena Bali punya banyak hari libur. Bali memiliki banyak sekali hari raya besar keagamaan, seperti Galungan, Kuningan, Nyepi dan lain sebagainya. Namun, meski begitu, masyarakat Bali dikenal sebagai masyarakat yang sangat taat akan aturan terutama mengenai jadwal kerja.

5. Setiap Pekarangan Rumah di Bali Ada Pohon Kamboja

pohon kamboja via http://liputan6.com

Fakta unik tentang Bali berikutnya adalah hampir di setiap pekarangan rumah seseorang pasti ada tanaman hias, seperti pohon Kamboja. Pohon Kamboja memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan dikenal memiliki berbagai makna seperti identitas diri, nilai keindahan dan bahkan wanita Bali sering menggunakan bunga Kamboja sebagai bagian hiasan dari telinga.

6. Toleransi Umat Beragama di Bali Sangat Baik

toleransi via http://google.com

Ini poin penting, yang membuat Bali begitu dicintai oleh banyak orang. Di Bali, semua orang memiliki tingkat rasa toleransi yang tinggi. Hal tersebut membuat Bali menjadi negeri damai yang terhindar dari berbagai keributan. Contoh, saat hari raya Idul Fitri, masyarakat Bali sangat menghargai mereka yang sedang merayakannya. Begitu pula saat hari raya Nyepi, orang-orang Islam di Bali pun akan sangat menghormatinya, dengan tidak keluar rumah dan melakukan aktivitas.

7. Wisata Bali Yang Indah

Terakhir, tentu saja Bali sangat terkenal akan wisata alamnya, terutama wisata alam pantai. Namun, selain pantai, di Bali juga ada banyak sekali tempat wisata unik yang dijamin membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya.