Kalau biasanya yang namanya investasi itu berupa investasi emas, rumah, reksa dana dan lain sebagainya. Namun kali ini Hipwee akan memberikan beberapa contoh investasi dalam hal lain. Karena ternyata investasi itu bukan cuma sekadar itu saja, lho! Masih banyak investasi yang bisa kamu lakukan yakni Investasi tak berwujud. Hidup haruslah memikirkan masa depan, dan Investasi merupakan salah satu cara untuk kita mewujudkan suatu masa depan yang cerah.

Berbicara investasi, tentu saja tidak asing dengan yang namanya menabung. Mungkin masih ada yang belum tahu sebenarnya apa sih perbedaan menabung dan investasi? Kalau menabung, kita hanya akan mendapatkan apa yang kita simpan. Contoh, kita menyimpan uang di bank dalam jumlah sekian, maka jumlah tersebutlah yang memang milik kita.

Beda dengan investasi di mana nilanya bisa naik berkali-kali lipat lebih banyak, contohnya investasi tanah, harga tanah setiap tahunnya meningkat, jika kamu beli tanah di tahun ini dengan harga sekian dan kamu menjualnya 10 tahun kemudian, jelas jumlah yang kamu dapatkan bakal berkali lipat lebih banyak.

Namun, investasi itu ada untung dan ada kemungkinan rugi karena yang namanya pasar pasti ada naik turunnya. Nah bagi kamu yang masih takut berinvestasi dalam bentuk uang atau materi, Yuk cek daftar jenis investasi tak berwujud seperti di bawah ini:

1. Investasi Pendidikan

investasi ilmu

investasi ilmu via https://investasi.online

Berbeda dengan uang, ilmu tak akan pernah ada habisnya. Ada pepatah mengatakan "kerjalah ilmu sampai ke negeri China" dan itu memang benar adanya. Pendidikan sangatlah penting untuk semua orang terutama untuk kamu generasi millenial yang tentu akan menjadi generasi penerus Bangsa ini.

Advertisement

Tak harus dengan sekolah formal, kamu bisa berinvestasi pendidikan di manapun karena mencari ilmu tidak harus dengan pendidikan formal. Kalau kamu rajin berinvestasi pendidikan, yakin deh kamu bakal mendapatkan buah kerja keras kamu di masa mendatang!

2. Investasi Pengalaman

banyak pengalaman sama saja banyak investasi

banyak pengalaman sama saja banyak investasi via http://hipwee.com

Bukan cuma pendidikan saja, investasi pengalaman juga penting. Seperti kata banyak orang di mana pengalaman adalah guru yang terbaik. Dengan kaya akan pengalaman, kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dalam suatu hal. Pengalaman sudah pasti mengajarkan suatu yang luar biasa untuk kita menjadi lebih baik.

Bahkan saat ini banyak atau mungkin sebagian besar perusahaan yang lebih mempertimbangkan pengalaman daripada gelar pendidikan semata. So, investasi pengalaman ini sangat penting untuk kamu.

3. Investasi Lewat Seminar dan Workshop

seminar dan workshop

seminar dan workshop via http://google.com

Advertisement

Sekarang ini belajar banyak sekali metodenya, jika dulu belajar hanya lewat guru saja, kini makin banyak metode belajar akan suatu hal mulai dari belajar dari Internet atau yang saat ini sedang populer adalah belajar lewat kegiatan seminar atau workshop. Banyak sekali kegiatan kegiatan yang bertemakan seminar yang tentu saja wajib kamu ikuti karena dengan seminar, kamu sama saja berinvestasi banyak hal.

Kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain karena yang namanya seminar jelas ada pembicara yang sudah berpengalaman, kamu bisa menambah relasi dan masih banyak lagi. Yakinlah bahwa kamu akan mendapat manfaatnya dengan mengikuti workshop maupun seminar.

Bahkan, di luar sana banyak orang orang sukses yang hanya mendapatkan ilmu dari seminar seminar dan workshop saja.

4. Investasi Jalan-Jalan atau Traveling

investasi traveling

investasi traveling via https://www.hipwee.com

Jalan jalan memang terkesan menjadi aktivitas yang justru menghambur hamburkan uang, tapi yang perlu kamu tahu, jalan jalan juga bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi lho. Dengan jalan-jalan, kamu bakal mengetahui berbagai hal yang ada di luar, pikiranmu bakal lebih terbuka dan luas, bertemu banyak orang dan lainnya.

Hal ini juga akan membuat pengetahuanmu luas. Maka dari itu penting sekali untuk sekali kali berinvestasi dengan cara yang menyenangkan seperti traveling ini.

5. Investasi Bitcoin

tradimg mata uang digital

tradimg mata uang digital via https://www.analisaforex.com

Ini dia yang sedang booming dalam hal investasi. Ya, investasi Bitcoin atau mata uang digital merupakan salah satu investasi yang kini digandrungi oleh banyak orang salah satunya Bitcoin. Harga mata uang digital yang setiap waktu meningkat tentu menjadi alasan kuat mengapa banyak orang yang tak ragu untuk ber investasi Bitcoin ini. Namun perlu kamu garisbawahi, bahwa investasi ini tentu ada resikonya.

Itulah beberapa jenis investasi untuk generasi millenial, yang namanya investasi, resiko tentu selalu ada, namun mengingat betapa pentingnya investasi untuk kehidupanmu di masa mendatang, sudah saatnya kamu memikirkan hal ini bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya