Tak Selalu Saham atau Emas, Ini 5 Keuntungan Pilih Investasi P2P Lending!

Investasi dengan Instrumen P2P Lending Syariah Alami

Memasuki era globalisasi yang semakin modern, investasi kini digadang-gadang sebagai suatu hal yang tidak boleh terlupakan. Sebab, investasi dinilai dapat membawa keuntungan dikemudian hari dan memberikan berbagai manfaat bagi para investornya. Tak hanya bagi para investor, investasi juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sehingga investasi merupakan langkah awal yang bagus untuk membangun perekonomian.

Umumnya, mayoritas masyarakat akan berinvestasi melalui deposito, saham, maupun emas. Namun ternyata, ada salah satu jenis investasi yang mungkin masih awam ditelinga masyarakat, yakni Peer to Peer (P2P) Lending.

P2P Lending ialah jenis pembiayaan yang menjembatani individu penyedia dana untuk menemukan individu lainnya yang sedang membutuhkan dana pinjaman. Dengan P2P Lending, seorang investor dapat menginvestasikan dana yang dimilikinya mulai dari nominal ratusan ribu rupiah saja, sehingga P2P Lending sangat cocok menjadi alternatif investasi bagi masyarakat.

Terdapat beberapa keuntungan yang mendasari alasan investor untuk berinvestasi dengan P2P Lending, berikut 5 diantaranya.

Advertisement

1. Mampu Memberikan Imbalan yang Tinggi Dalam Waktu yang Singkat

Imbalan yang tinggi / Photo by Sharon Mccutcheon on Unsplash.com

Imbalan yang tinggi / Photo by Sharon Mccutcheon on Unsplash.com via https://unsplash.com

Instrumen investasi P2P Lending dikatakan mampu menghasilkan imbalan yang tinggi dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Investor dapat meraih imbalan sebesar 12-19,99 % pertahunnya karena uang yang tersimpan tersebut digunakan untuk membantu pendanaan UMKM, sehingga dapat menjadi return yang dapat diterima saat jatuh tempo pengembalian dana. Hal tersebut tentu menjadi poin tambah mengapa P2P Lending menjadi pilihan investasi yang tepat.

Advertisement

2. Proses Pendanaan yang Cepat dan Berkualitas

Pendanaan yang cepat / Photo by cottonbro on Pexels.com

Pendanaan yang cepat / Photo by cottonbro on Pexels.com via https://www.pexels.com

P2P Lending juga memiliki kelebihan dalam proses pendanaan yang dinilai cepat dan sangat mudah bila dibandingkan dengan lembaga keuangan atau bank lainnya. Hal tersebut tentu memberikan keuntungan bagi para peminjam terutama saat sedang butuh untuk sesuatu yang urgent.

Proses pinjaman pada P2P Lending tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan dana peminjam mampu cair cepat dalam kurun waktu 2×24 jam. Selain itu, P2P Lending juga masuk ke dalam kategori pinjaman tanpa jaminan.

3. Adanya Diversifikasi untuk Menurunkan Risiko

Advertisement
Diversifikasi / Photo by Fauxels on Pexels.com

Diversifikasi / Photo by Fauxels on Pexels.com via https://www.pexels.com

Diversifikasi sangat dibutuhkan dalam berinvestasi karena sangat untuk mengurangi risiko dengan tidak berfokus pada satu instrumen saja, melainkan juga fokus kepada instrumen investasi yang lainnya.

Dalam P2P Lending, diversifikasi dapat dikatakan cukup ampuh untuk menurunkan risiko di pendanaan P2P Lending, sebab jika salah satu instrumen investasi dianggap kurang baik, maka masih ada instrumen investasi lainnya yang dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

4. Persyaratan yang Mudah

Persyaratan yang mudah / Photo by Kaleidico on Unsplash.com

Persyaratan yang mudah / Photo by Kaleidico on Unsplash.com via https://unsplash.com

Kerap kali seorang peminjam dana akan merasa disulitkan dengan persyaratan untuk mengajukan pinjaman melalui bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk layanan pinjaman P2P Lending.

P2P Lending sebagai layanan pinjaman tanpa jaminan biasanya akan memberikan persyaratan peminjaman yang terbilang sangat mudah, sebab peminjam hanya diminta untuk melengkapi identitas pribadi, NPWP, data legalitas perusahaan, dan rekening atas nama pribadi saja. 

Dengan persyaratan tersebut, peminjam sudah dapat meminjam sejumlah dana yang dibutuhkannya.

5. Mudah Diakses Dimana Saja

Akses yang mudah / Photo by Magnetme onUnsplash.com

Akses yang mudah / Photo by Magnetme onUnsplash.com via https://unsplash.com

P2P Lending sebagai layanan pinjaman online tentu sangat mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat yang memiliki smartphone android maupun iOS, sebab platform investasi P2P Lending saat ini telah banyak dijumpai dalam bentuk aplikasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Sehingga, saat dibutuhkan dalam kondisi yang darurat, maka hanya perlu mengaksesnya melalui smartphone saja.

Itu tadi 5 keuntungan berinvestasi dengan instrumen P2P Lending. Salah satu platform investasi P2P Lending terbaik ialah Alami Syariah yang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sebagai solusi pendanaan investasi kamu. Alami Syariah ini juga melakukan proses pinjaman yang sesuai dengan prinsip syariah yang sesuai bagi umat Muslim.

Selain itu, dengan menggunakan Alami Syariah, investor tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mendapatkan imbalan dari pendanaan yang diajukannya, serta investor dapat terus memantau progres dan portofolio pendanaan yang dilakukannya. 

Bagaimana? Tertarik untuk berinvestasi menggunakan instrumen P2P Lending Alami Syariah? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing with Sincere

CLOSE