Manusia diciptakan pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Apa yang berada dalam diri kita dan apa yang telah kita terima sudah menjadi garis dalam kehidupan kita. Segala sesuatu itu pasti memiliki arti dan alasan tersendiri. Di dunia yang penuh dengan hingar bingar ini, terdapat 2 jenis kepribadian manusia yaitu ekstrovert dan introvert.

Sebagai seorang introvert terkadang memang sering disepelekan. Karena sifatnya yang pendiam dan jarang sekali berada dalam keramaian, membuat orang introvert seperti dikucilkan. Namun, di balik semua itu ternyata terdapat kelebihan-kelebhian yang tidak dimiliki orang lain yang patut untuk disyukuri.

1. Pendengar yang Baik

Pendengar yang baik

Pendengar yang baik via https://www.google.co.id

Orang seperti ini lebih memilih mendengarkan daripada berbicara. Tak hanya mendengarkan saja namun juga mempelajari dan memahami. Sehingga jika ada orang yang sedang bercerita kepadanya, mereka akan mendengarkan dengan baik dan seksama.

Advertisement

Tatalah perkataanmu sebelum berbicara dengan orang introvert karena mereka bisa saja memahami sifat kamu dari cara bicaramu. Hebat!!

2. Penganalisis

Penganalisis

Penganalisis via https://www.google.co.id

Orang yang memilih diam daripada banyak berbicara adalah orang yang pandai dalam mengamati sesuatu. Mereka sangat suka berpacu dengan pikiran, logika, dan juga pertimbangan. Dengan begitu seorang introvert bisa disebut sebagai pengamat yang handal.

3. Perfectionist

Perfectionist

Perfectionist via https://www.google.co.id

Berhubungan dengan kemahirannya menjadi pengamat yang handal membuat mereka menjadi seorang yang perfectionist. Orang seperti ini akan berpikir-pikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Bahkan mereka akan dengan senang hati membuat perencanaan-perencanaan matang yang akan mereka lakukan baik dalam keseharian maupun dalam pekerjaan.

Advertisement

Itulah, mengapa orang introvert sangat tertata dan terstruktur.

4. Penemu Solusi yang Baik

Penemu solusi yang baik

Penemu solusi yang baik via https://www.google.co.id

Tidak terburu-buru dan tidak mudah tersulut emosi menjadikan seorang introvert mampu menemukan solusi yang tepat. Jika berada dalam suatu permasalahan, seorang introvert akan berpikir dan menyelesaikan permasalahan dengan caranya sendiri. Berbekal dari pengamatannya yang tajam dan tindakan yang tenang inilah yang membuat introvert terkadang bisa disegani oleh orang lain.

5. Susah Ditebak

Susah ditebak

Susah ditebak via https://www.google.co.id

Salah satu kekuatan yang dimiliki sorang introvert adalah susah untuk ditebak. Mereka yang tertutup akan memilih membagikan masalah dengan pikiran mereka sendiri tanpa harus berkata kepada banyak orang yang tidak memahami mereka.

Sebaiknya jangan terlalu cepat mendefinisikan orang seperti ini karena hanya merekalah yang paham betul tentang karakternya sendiri.

6. Peka

Kelebihan berikutnya adalah kepekaan yang mereka miliki. Saat terjadi sesuatu atau terdapat sesuatu yang aneh dan tidak seperti biasa di sekitarnya. Merekalah manusia pertama yang akan sadar. Karena mereka seorang pengamat yang handal memudahkan kepekaan mereka terlatih tajam.

7. Setia

Jangan ragu-ragu dalam menjalani hubungan dengan orang introvert ini. Karena mereka memiliki kesetiaan yang tidak bisa ditandingi. Jika mereka merasa kamu adalah orang yang berpengaruh positif dalam kehidupannya maka mereka akan menaruh hati untukmu saja.

Namun, hati-hati mereka akan cepat sekali sadar jika terdapat perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan kalian.

Sebetulnya banyak sekali kelebihan yang mereka miliki. Dengan kelebihan-kelebihan ini seharusnya mereka tidak perlu minder lagi, dan mulai bersyukur karena apa yang ada di diri mereka belum tentu ada pada orang lain. Dan anggapan bahwa introvert adalah orang yang kaku, pendiam dan sebagainya. Sebaiknya anggapan tersebut dihilangkan.

Pasti akan sangat seru sekali jika perbedaan karakter bisa bersatu dan saling melengkapi. Waaahhhh….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya